Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal, Begini Cara Memperbaikinya

Sama seperti tv parabola lainnya, nex parabola pun tidak luput dari gangguan berupa tidak ada sinyal. Akibatnya siaran tv dari provider ini hilang dan tidak ada gambar sama sekali. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ? Di artikel ini kita akan membahas kerusakan / gangguan yang terjadi pada siaran nex parabola yang kehilangan sinyal.

Ada beberapa pengguna nex parabola yang mengalami masalah kehilangan sinyal setelah mereka mengupdate software receiver secara OTA. Namun sebagian lagi ada yang mengalami kendala hilang sinyal secara tiba tiba saja. Karena itu untuk memperbaiki kendala yang terjadi pada nex parabola, kita harus mengidentifikasi lebih dulu penyebab kerusakannya.

nex parabola tidak ada sinyal

Sebelum anda memanggil jasa teknisi parabola untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi, mungkin ada baiknya anda coba berusaha untuk mengatasinya sendiri lebih dulu.

Penyebab dan cara mengatasi nex parabola tidak ada sinyal

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi penangkapan sinyal parabola. Jika salah satu saja dari faktor tersebut mengalami kendala maka akan berdampak pada siaran parabola hilang atau tidak ada gambar.

Di bawah ini saya akan jelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi kendala yang terjadi pada nex parabola. Perlu anda ketahui, meskipun di artikel ini kita membahas penyebab tidak ada sinyal pada nex parabola, namun solusi untuk mengatasi masalah ini bisa diterapkan pada tv parabola selain nex parabola.

Kabel dan konektor tidak terhubung dengan baik

Kabel dan konektor antena merupakan komponen yang menyalurkan sinyal dari antena ke receiver parabola. Selain berfungsi untuk menyalurkan sinyal parabola, kabel juga berguna untuk mensupplai tegangan untuk lnb parabola.

Jika koneksi kabel dan konektornya tidak terpasang dengan kuat maka dapat menyebabkan penyaluran sinyal menjadi kurang maksimal atau bahkan tidak bisa disalurkan sama sekali. Karena itu anda perlu memeriksa kondisi kabel antena apakah masih bagus atau tidak. 

Cek juga sambungan kabel pada konektor antena dan pemasangan konektor pada receiver maupun pada lnb parabola. Jika sambungannya terlihat kendor, perbaiki agar kembali tersambung dengan baik dan kuat.

Tanda kerusakan pada kabel atau konektor antena adalah tidak terlihat indikator sinyal pada informasi sinyal di receiver. Anda bisa masuk ke menu informasi sinyal melalui remote receiver dan melihat apakah kedua indikator sinyal menunjukkan level tertentu atau tidak.

Jika kedua indikator sinyal, baik itu indikator intensitas sinyal maupun kualitas sinyal tidak menunjukkan level sama sekali, maka kemungkinan terjadi masalah pada sambungan kabel dan konektornya.

Switch rusak

Bagi anda yang menggunakan dua buah lnb atau lebih pada antena parabolanya pasti akan menggunakan komponen switch sinyal. Komponen ini berfungsi untuk mengatur penyaluran sinyal dari tiap lnb ke receiver parabola agar tidak terjadi benturan sinyal.

Terdapat dua macam switch sinyal parabola yang biasa digunakan oleh pengguna parabola : switch 22k dan diseq c. Perbedaan dari kedua switch tersebut terletak pada cara pengendalian penyaliran sinyal saja. Namun secara fungsi sama saja, yaitu untuk  mengendalikan penyeluran sinyal ke receiver.

Kerusakan pada switch parabola dapat menyebabkan siaran parabola tidak ada sinyal. Hal ini terjadi karena sinyal dari parabola tidak dikirim dengan baik ke receiver. Ciri kerusakannya adalah indikator sinyal pada receiver tidak menunjukkan level sama sekali alias 0%.

Untuk memastikan kerusakan pada switch parabola dapat dilakukan dengan cara melepas lebih dulu switch parabola dan menghubungkan kabel secara langsung dengan salah satu lnb. Hubungkan kabel antena dengan salah satu lnb tanpa lebih dulu melewati switch.

Jika ternyata bisa keluar sinyal / gambar maka bisa dipastikan switch parabola sudah mengalami kerusakan dan harus diganti. Ingat posisi pemasangan tiap kabel pada konektor switch jangan sampai tertukar ketika mengganti switch dengan yang baru.

Switch parabola bisa saja mengalami kerusakan karena letaknya di luar ruangan. Sehingga terkena pengaruh suhu dan cuaca dari luar. 

LNB parabola tidak berfungsi

Bagi anda yang belum tahu, lnb parabola merupakan komponen parabola yang berfungsi untuk menerima sinyal parabola yang dipantulkan oleh dish parabola. Oleh lnb parabola, frekuensi nex parabola yang ditangkap akan diperkuat dan diolah kemudian dikirimkan ke receiver / dekoder parabola.

Kondisi lnb parabola yang rusak bisa berdampak pada penerimaan sinyal parabola. Coba ganti lnb parabola dengan yang masih berfungsi normal. Saat melepas lnb harus diperhatikan posisi lnb agar tidak salah ketika memasangnya lagi.

Arah dish parabola berubah

Kendala nex parabola tidak ada sinyal akibat perubahan arah dish parabola bisa diketahui dari indikator sinyal pada receiver. Jika indikator intensitas yang di sebelah atas menunjukkan level sinyal yang normal, namun indikator kualitas sinyal 0 maka bisa jadi arah dish parabola anda berubah.

indikator sinyal parabola

Perubahan arah dish parabola bisa disebabkan oleh cuaca seperti angin atau bisa juga karena ditabrak oleh sesuatu. Perubahan arah dish parabola sedikit saja dapat menyebabkan sinyal parabola hilang. karena itu anda harus melakukan pointing ulang arah antena untuk mengembalikan siaran tv parabola yang hilang tersebut.

Untuk melakukan pointing ulang arah parabola biasanya cukup dilakukan dengan menggeser sedikit saja posisi dish parabola. Penggeseran dish parabola harus dilakukan sambil melihat indikator kualitas sinyal parabola. Jika indikator kualitas sinyal sudah bisa di dapatkan kembali secara maksimal maka biasanya siaran nex parabola bisa kembali dilihat.

Perubahan settingan receiver

Setelah melakukan update software biasanya settingan pada receiver berubah ke default. Jadi anda harus memeriksanya kembali settingan receiver yang berkaitan dengan frekuensi satelit. Periksa juga pengaturan antena pada receiver terutama frekuensi lnb yang digunakan.

Perubahan frekuensi transponder nex parabola yang ada di receiver juga dapat mengakibatkan sinyal tidak hilang. Karena itu anda coba cek kembali frekuensi nex parabola apakah sudah yang terbaru atau bukan.

Receiver rusak

Kalau semua faktor diatas sudah dipastikan sesuai dan masih berfungsi dengan normal, namun nex parabola tetap tidak ada sinyal maka kemungkinan receiver anda mengalami kerusakan. Gejala kerusakannya bisa berupa sama sekali tidak bisa menangkap sinyal atau receiver hanya bisa tampil mode on saja.

Jika kendala yang terjadi pada receiver parabola yang rusak, maka lebih baik anda menyerahkan pada teknisi parabola yang bisa memperbaikinya. karena kerusakan ini sudah berhubungan dengan masalah komponen elektronika.

Atau bila receiver anda masih dalam masa garansi, lebih baik anda mengklaim garansi perangkat ke provider layanan nex parabola. Sehingga anda bisa mendapatkan pengganti receiver yang masih berfungsi normal.

Kesimpulan

Dari uraian penjelasan tentang kendala yang terjadi pada nex parabola yang mengalami kerusakan tidak ada sinyal, kita tahu ternyata banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Anda harus memeriksa semua perangkat parabola mulai dari receiver hingga ke antena parabola itu sendiri.

Jadi anda bisa coba mulai memeriksanya sendiri sebelum diserahkan ke ahlinya.Karena tidak jarang banyak pengguna yang berhasil mengatasi kendala pada nex parabola mereka sendiri tanpa harus memanggil teknisi parabola yang berpengalaman.


1 komentar untuk "Nex Parabola Tidak Ada Sinyal, Begini Cara Memperbaikinya"

  1. Awal nya siaran tv saya kadang ada sinyal terkadang jg hilang tiba2 dan tertulis menkripsi program. Lama kelamaan sdh tdk ada lg gambar. Lngsung hilang sinyal semua siaran. Kira2 apa nya yg harus diperbaiki. Mohon penjelasan?

    BalasHapus