Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi LNB Telkom 4 Yang Benar

Ketika anda hendak menangkap siaran tv parabola dari telkom 4, harus memperhatikan pemasangan posisi lnb dengan benar. Karena jika anda memasangnya tanpa mengikuti aturan akan berdampak pada kualitas sinyal parabola yang tidak maksimal.

Mungkin anda belum tahu kalau di dalam lnb parabola, baik lnb c band maupun lnb ku band terdapat sepasang antena kecil yang terbuat dari kawat tembaga. Antena inilah yang sebenarnya menangkap / menerima sinyal satelit yang dipantulkan oleh dish parabola.

Posisi lnb

Jika anda memasang lnb parabola asal saja tanpa mengikuti kaidah pemasangan lnb yang benar, maka bisa jadi posisi antena yang ada di dalam lnb tidak memungkinkan untuk bisa menangkap sinyal dengan baik. Akibatnya tentu saja banyak sinyal satelit yang terhambur keluar tanpa bisa ditangkap oleh lnb.

Di artikel ini kita akan membahas cara memasang lnb parabola telkom 4 dengan posisi dan arah yang benar agar bisa mendapatkan sinyal satelit dengan kualitas yang maksimal. Jika anda baru menekuni dunia tracking satelit parabola, pengetahuan tentang cara memasang lnb yang benar ini adalah langkah awal yang tepat untuk memulai.

Struktur bentuk lnb telkom 4

LNB c band telkom 4

Satelit telkom 4 merupakan satelit yang hanya memiliki transponder dengan tipe frekuensi c band saja. Jenis frekuensi ini biasanya hanya bisa ditangkap menggunakan antena dengan diameter yang cukup besar. Diameter dish parabola minimal yang bisa digunakan untuk mendapatkan siaran dari telkom 4 adalah 6 feet supaya semua siaran di satelit ini bisa diterima dengan baik.

Jenis lnb yang digunakan untuk menerima dan mengolah sinyal satelit telkom 4 adalah lnb c band. Bentuk lnb c band lebih besar jika dibandingkan dengan bentuk lnb ku band. Struktur bentuk lnb c band berupa silinder yang berlubang di tengahnya. Di dalam silinder tersebut terdapat sepasang antena yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit.

Sepasang antena tembaga itu terhubung dengan rangkaian pengolah sinyal yang berada di luar silinder , namun terlindung dari box / kotak logam. Sehingga lebih tahan terhadap gangguan cuaca hujan atau lainnya.

Antena kecil yang ada di dalam lnb parabola c band diletakkan dalam posisi menyilang. Posisi tersebut memungkinkan antena ini bisa menerima sinyal satelit dengan polaritas horizontal maupun vertikal. Jadi masing masing antena akan menangkap jenis sinyal satelit dengan polaritas yang berbeda.

Posisi pemasangan lnb telkom 4 yang tepat

Jika kita perhatikan, pada sisi bagian atas lnb parabola c band terdapat informasi berupa angka sudut arah antena. Ketika memasang lnb pada bracket , anda harus memperhatikan posisi arah sudut pada lnb ini. Posisi sudut lnb yang benar yaitu mengarahkan sudut 0 pada lnb tepat ke arah barat.

Anda bisa menggunakan kompas untuk menentukan arah barat yang tepat. Karena jika sudut 0 lnb tidak tepat mengarah ke barat, maka penangkapan sinyal menjadi tidak maksimal. Lnb tidak bisa menangkap polaritas frekuensi satelit dengan benar. Akibatnya kualitas sinyal yang diterima pun kecil atau bahkan tidak mampu menerima sinyal satelit sama sekali.

posisi lnb telkom 4

Saat memasang lnb parabola dengan jumlah lebih dari satu pun kita harus tetap memperhatikan arah sudut lnb dengan benar. Untuk pemasangan lnb lebih dari satu, bila tempatnya tidak memungkinkan bisa mengarahkan sudut 0 salah satu lnb ke arah timur. Intinya kita harus memasang lnb dalam posisi sudut 0 kearah barat atau timur.

Kesimpulan

Meskipun terlihat sepele dan mudah untuk dilakukan, namun pengaturan posisi lnb agar bisa menangkap sinyal satelit telkom 4 ternyata cukup berpengaruh. Karena itu selalu perhatikan sudut 0 lnb ketika memasang parabola.

Posting Komentar untuk "Posisi LNB Telkom 4 Yang Benar"