Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola

Indikator kualitas sinyal parabola menunjukkan daya tangkap / kekuatan sinyal yang diterima oleh antena parabola. Level indikator kualitas sinyal yang besar akan membuat sinyal channel lebih stabil sehingga akan lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Di artikel ini saya akan tunjukkan cara mencari kualitas sinyal parabola agar lebih maksimal.

Level kualitas sinyal parabola ditunjukkan dalam persentase. Dimana semakin besar nilai persentase sinyal berarti semakin kuat sinyal yang berhasil ditangkap. Level indikator kualitas sinyal yang menunjukkan nilai 0 % berarti ada masalah dalam penangkapan sinyal. 

Ada berapa faktor dari komponen parabola yang bisa mempengaruhi kualitas sinyal parabola. diantaranya adalah arah parabola dan pemasangan lnb parabola. Pengaturan yang tepat kedau faktor ini akan menghasilkan daya tangkap antena parabola yang jauh lebih maksimal.

cara mencari kualitas sinyal parabola

Kenali lebih jauh indikator kualitas sinyal

Pada menu informasi yang ada pada dekoder parabola, umumnya memuat dua buah indikator yang menunjukkan informasi sinyal yang berbeda. Indikator intensitas sinyal dan indikator kualitas sinyal. Kedua petunjuk indikator ini akan membantu dalam mengetahui seberapa besar daya tangkap sinyal oleh antena parabola.

Dengan adanya informasi indikator sinyal, pengguna tv parabola dapat mengatur antena parabolanya agar bisa mendapatkan penangkapan sinyal satelit dengan maksimal. Informasi yang ditunjukkan oleh indikator sinyal ini juga bisa menjadi petunjuk ketika terjadi kerusakan pada sistem penangkapan sinyal satelit.

Indikator intensitas sinyal pada dekoder merupakan petunjuk kinerja lnb parabola terhadap pemrosesan sinyal satelit. Jika indikator ini menunjukkan nilai 0 % berarti menunjukkan lnb parabola tidak bekerja. Hal ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada lnb atau ada kerusakan pada aluran transmisi sinyal parabola menuju dekoder / receiver.

Jika level intensitas menunjukkan nilai 0 maka secara otomatis nilai kualitas sinyal juga 0. Karena lnb tidak bekerja sehingga tidak ada sinyal parabola yang bisa ditangkap oleh receiver.

Sementara indikator kualitas sinyal menunjukkan daya tangkap parabola terhadap sinyal satelit yang dituju. Level indikator kualitas sinyal ini yang difokuskan oleh para teknisi parabola agar bernilai maksimal. Ini untuk meminimalisir gangguan cuaca yang bisa menyebabkan sinyal tidak stabil.

Petunjuk indikator kualitas sinyal parabola pada dasarnya lebih merujuk kepada besaran penguatan sinyal yang ditangkap oleh antena. Sedangkan indikator intensitas sinyal mengacu pada kinerja lnb. Jadi bisa saja lnb sudah bekerja dimana terlihat dari indikator intensitas sinyal yang sudah muncul namun sinyal parabola tidak bisa ditangkap atau 0%. Sehingga menyebabkan siaran parabola hilang.

Jika terjadi kasus dimana level intensitas sinyal muncul namun indikator kualitas sinyal 0 %, maka bisa dipastikan kerusakan bukan pada lnb parabolanya. Akan tetapi terjadi masalah pada pointing arah antenanya.

Begini trik mencari kualitas sinyal parabola

Lalu bagaimana sih cara mencari kualitas sinyal parabola agar maksimal ? Dibawah ini saya tunjukkan beberapa tipsnya untuk anda :

Pointing ulang arah dish parabola

Faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas sinyal parabola adalah arah dish parabola terhadap satelit yang dituju. Atur ulang arah antena agar tepat mengarah ke satelit yang dituju. Atur sudut elevasi antena yang tepat atau bisa juga mengatur sudut azimuth antena sehingga lebih presisi.

Gerakan dish antena dengan sangat perlahan sedikit demi sedikit keatas atau kebawah, ke kanan atau kekiri sampai terlihat indikator kualitas sinyal menujukkan level yang maksimal. Perhatikan agar gerakan dish harus sangat perlahan. Karena perubahan sedikit saja pada arah dish bisa berpengaruh besar pada kualitas sinyal.

Hilangkan penghalang dari dish

Perhatikan lokasi sekitar pemasangan parabola. Usahakan agar tidak ada penghalang berupa pohon atau bangunan antara parabola dengan posisi satelit yang dituju. Bangunan atau benda padat lainnya dapat menyebabkan sinyal satelit terhalang sehingga tidak bisa ditangkap dengan maksimal oleh antena parabola.

Atur kedalaman lnb parabola

Pada jenis parabola jaring c band, kedalaman lnb parabola terhadap bracket / scalar ring bisa berpengaruh terhadap penerimaan sinyal satelit. Scalar ring pada parabola jaring berfungsi untuk meredam sinyal sinyal pengganggu yang tidak diperlukan. Pengaturan posisi kedalaman lnb parabola mampu menyaring sinyal yang tidak diperlukan agar tidak ikut diterima oleh lnb.

Untuk jenis parabola mini yang menggunakan frekuensi ku band, pengaturan arah konektor lnb parabola juga terkadang bisa mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Coba ubah perlahan arah konektro antena sampai didapatkan level kualitas sinyal yang besar.

Ganti lnb dengan yang berkualitas

Tiap lnb parabola memiliki kualitas yang berbeda terhadap daya tangkap dan penguatan sinyal satelit. Agar bisa mendapatkan kualitas sinyal yang besar, pakailah jenis lnb parabola yang berkualitas dengan tingkat gain / penguatan sinyal yang besar. 

Anda bisa mencari referensi dari teman atau internet tentang jenis lnb parabola yang mempunyai daya penguatan yang besar. 

Secara umum itulah beberapa tips cara mencari kualitas sinyal parabola agar bisa mendapatkan penangkapan sinyal yang maksimal. 

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola"