Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Channel Tv Yang Hilang Di Parabola

 Sangat menjengkelkan memang jika tiba tiba saja channel tv favorit kita hilang ketika hendak ditonton. Kesenangan bersama keluarga untuk menonton siaran tv pun jadi terganggu. Lalu bagaimana sih cara mengembalikan channel tv parabola yang tiba tiba hilang ? Tenang saja karena di artikel ini saya akan memandu anda untuk mengatasi masalah siaran tv yang hilang tersebut.

Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kenapa channel tv parabola tiba tiba hilang ketika hendak ditonton atau saat sedang dinikmati siarannya. Mulai dari perangkat receiver / dekoder parabola yang mungkin terjadi error pada software, atau peralatan parabola mulai dari konektor kabel hingga dish parabola yang bermasalah.

Bahkan penyebab dari luar / lingkungan pun bisa membuat tv parabola anda kehilangan channel. Jadi anda harus tahu dulu apa penyebabnya kemudian anda bisa memperbaiki channel tv parabola yang hilang tersebut.

Ini penyebab dan cara mengembalikan channel tv parabola yang hilang

Agar lebih mudah mengidentifikasi penyebab masalah hilang channel, saya akan membagi cara memperbaikinya menjadi dua macam sesuai dengan gejala kerusakan yang tampak. Yang pertama adalah channel yang hilang hanya sebagian dan kedua adalah semua channel hilang dari tv parabola.

Kedua gejala kerusakan tersebut memiliki penyebab yang berbeda. Sehingga kita bisa lebih tepat mengatasinya . 

cara mengembalikan channel tv hilang di parabola

Channel tv hilang sebagian

Ciri kerusakan  channel tv hilang sebagian adalah beberapa channel tv hilang dan tidak bisa diakses, biasanya channel tv yang masih dalam satu frekuensi transponder. Misalnya anda kehilangan indosiar dan sctv yang masih dalam satu transponder yang sama.

Perlu anda tahu, sebagian siaran tv yang ada di parabola menggunakan satu frekuensi transponder yang sama secara bersama sama. Anda bisa melihatnya di daftar frekuensi transponder satelit yang anda tangkap. Sangat jarang channel tv yang menggunakan frekuensi transponder hanya untuk dipakai sendiri. Karena mungkin harga sewanya yang mahal.

Jika tv parabola anda mengalami masalah kehilangan siaran tv sebagian saja, ini penyebab dan cara mengatasinya :

Frekuensi channel berubah

Beberapa bulan yang lalu, banyak pengguna tv parabola yang mengeluhkan kehilangan channel di tv mereka. Bukan satu atau dua channel bahkan sebagian besar channel parabola tidak lagi bisa diakses.

Setelah saya lihat ternyata channel yang hilang tersebut adalah channel channel yang dulunya berada di satelit palapa d. Tentu saja mereka kehilangan banyak channel tv, karena memang hampir sebagian besar siaran tv yang dulunya ada di palapa berpindah ke satelit telkom 4.

Karena itu frekuensi channel yang ada di palapa d sudah tidak bisa diakses lagi, malah sudah hilang. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus mengubah arah antena parabola ke satelit telkom 4 agar kembali bisa membuka akses siaran tv parabola yang hilang sebelumnya.

Selain karena channel tv berpindah satelit, frekuensi siaran tv juga bisa berganti namun masih dalam satu satelit yang sama. Misal sebelumnya menggunakan frekuensi transponder 4015 H 3000 berganti ke frekuensi transponder 4180 V 10000. 

Jika masalahnya seperti ini, anda hanya perlu mengganti frekuensi transponder yang hilang tersebut dengan yang baru kemudian lakukan scan ulang. Anda bisa mendapatkan informasi frekuensi terbaru channel tv yang hilang di internet.

Format frekuensi siaran berubah

Jika anda pengguna tv parabola yang menggunakan receiver mpeg 2 anda pasti akan kehilangan siaran tv indosiar dan sctv. Karena perlu anda ketahui, sejak dua bulan terakhir siaran sctv dan indosiar telah berubah formatnya. Dari yang sebelumnya menggunakan frekuensi siaran mpeg 2, kini berganti hanya menggunakan frekuensi siaran mpeg 4.

Receiver mpeg 4
Receiver mpeg 4

Jadi buat anda pemakai receiver mpeg 2 saat ini sudah tidak bisa lagi mengakses siaran sctv dan indosiar. Karena receiver anda tidak di dukung oleh sistem pengolahan sinyal mpeg 4. Agar anda tetap bisa menikmati kedua siaran tv tersebut, mau tidak mau anda harus mengganti receiver parabola yang anda gunakan dengan receiver mpeg 4.

Berubah menjadi channel premium

Hilangnya beberapa channel tv parabola juga bisa disebabkan oleh sistem di dalam stasiun tv tersebut. Mungkin stasiun tv tersebut mengubah akses siarannya menjadi premium dengan menerapkan kode enkripsi pada siarannya. Sehingga tidak semua pengguna tv parabola bisa mengakses siaran tv premium tersebut. Misalnya siaran tv dari mnc group seperti rcti, mnc tv dan global tv.

Dulu kita bisa dengan bebas dapat melihat siaran tv dari mnc group ini dengan receiver biasa baik mpeg  2 maupun mpeg 4. Tapi kini semua siaran yang berada di dalam bendera mnc group sudah tidak lagi bisa diakses dengan mudah.

Untuk bisa melihat channel dari mnc group kita harus berlangganan dengan provider tv satelit tertentu. Receiver yang kita gunakan juga merupakan receiver khusus rekomendasi yang bisa membuka kode acakan tv premium tersebut.

Channel tv tidak mendapat hak siar parabola

Pada program siaran tertentu , misalnya pertandingan bola atau balap motor tidak jarang pihak stasiun tv menerapkan enkripsi pada siarannya. Ini mungkin terkait dengan hak perizinan siaran antara pihak stasiun tv dengan penyelenggara siaran. Dimana stasiun tv tidak mendapatkan izin untuk menyiarkan program secara langsung lewat siaran satelit.

Kalau gangguannya seperti ini, anda hanya tinggal menunggu saja sampai acaranya  nantinya anda akan kembali bisa mengakses siaran tv yang diacak tersebut.

Channel tv hilang semua

Jenis kerusakan lainnya yang berkaitan dengan siaran tv adalah semua channel yang ada di tv parabola hilang semua. Anda tidak menemukan ada channel tv yang bisa ditonton pada receiver parabola anda. 

Langkah awa untuk mengetahui penyebab channel tv hilang semua adalah dengan melihat informasi indikator sinyal. Coba anda tekan menu informasi sinyal yang ada pada remote untuk menampilkan indikator sinyal.

Disitu terdapat dua buah informasi indikator sinyal yang berbeda :

  1. Indikator kekuatan sinyal yang menunjukkan kinerja lnb parabola
  2. Indikator kualitas sinyal yang menunjukkan daya tangkap sinyal parabola
kualitas sinyal parabola tidak ada

Pada keadaan normal, kedua indikator tersebut menampilkan informasi berupa level sinyal. Jika pada tidak ada tampilan level sinyal maka berarti ada kerusakan pada perangkat parabola anda. 

Anda harus mencari penyebab kenapa indikator sinyal tidak menunjukkan level tertentu. Di artikel tentang kualitas sinyal parabola saya telah menjelaskan apa saja penyebab indikator sinyal hilang dan cara memperbaikinya.

Sementara untuk mengatasi channel t parabola yang hilang dan cara untuk mengembalikan siaran tv yang hilang tersebut bisa anda lihat pada artikel ini.

Kesimpulan

Sekian penjelasan saya tentang bagaimana cara mengembalikan channel tv yang hilang di parabola. Sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan pengalaman elektronika yang berarti. Anda hanya perlu memahami dan memperhatikan panduan yang saya berikan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Channel Tv Yang Hilang Di Parabola"