Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix Yang Hilang Itu Mudah

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk cara mencari sinyal parabola matrix yang tiba tiba hilang jika kita tahu penyebabnya. Cuma sayangnya, faktor penyebab hilangnya sinyal pada parabola, baik parabola matrix atau pun parabola lainnya cukup banyak. Mulai dari perangkat receivernya itu sendiri hingga perangkat parabola beserta komponen pendukungnya. 

Karena perlu anda ketahui, setiap komponen yang ada pada satu set perangkat parabola akan saling mempengaruhi dalam penangkapan sinyal satelit. Jika ada satu komponen yang tidak bekerja dengan baik, maka akan berdampak pada kualitas sinyal yang bisa ditangkap oleh parabola.

Namun anda tidak perlu khawatir karena saya akan berbagi pengalaman tentang cara mencari sinyal parabola yang hilang sehingga bisa ditangkap kembali. Anda harus memperhatikan setiap detil penjelasan yang saya tuliskan pada artikel ini.

Cara mencari sinyal parabola matrix yang hilang

Ketahui dulu penyebab sinyal parabola matrix bisa hilang

Matrix merupakan salah satu merk penyedia perangkat penerima siaran tv parabola. Brand yang cukup terkenal dan sudah lama ini menghasilkan produk mulai dari receiver / dekoder parabola beragam tipe hingga antena parabola baik mini maupun jaring.

Cukup banyak juga pengguna tv parabola yang memilih produk dari matrix ini sebagai sarana menangkap siaran tv satelit. Selain karena kualitasnya yang lumayan bagus, harga yang ditawarkannya pun relatif terjangkau. Karena itu kita dengan mudah bisa menemukan perangkat parabola dengan merk matrix di rumah rumah pengguna tv parabola.

Sama seperti peralatan elektronika lainnya, parabola matrix pun bisa saja mengalami kendala atau gangguan. Diantaranya adalah gangguan parabola tidak ada sinyal. Dimana tiba tiba saja sinyal parabola hilang sehingga mengakibatkan siaran tv yang sedang dilihat terhenti.

Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab frekuensi parabola matrix hilang ? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan parabola matrix kehilangan sinyal :

  1. Cuaca buruk
  2. Kabel antena terputus
  3. Konektor tidak terpasang dengan kuat / longgar
  4. lnb parabola rusak
  5. Switch parabola rusak
  6. Arah antena berubah
  7. Frekuensi transponder berubah
  8. Receiver / dekoder parabola bermasalah
  9. Parabola terhalang pohon atau bangunan
Seperti yang anda lihat, cukup banyak juga faktor faktor yang dapat menyebabkan tv parabola matrix atau lainnya mengalami gangguan. Namun tenang saja, ada tips mudah untuk mengenali komponen mana yang mengalami kerusakan sehingga anda lebih mudah mengatasinya.

Tips mudah mengenali kerusakan parabola

Untuk mengidentifikasi / mengenali komponen parabola yang rusak, cara termudah adalah dengan melihat informasi indikator sinyal pada layar televisi / monitor. Anda bisa tekan menu informasi pada remote receiver untuk mengetahui kondisi sinyal yang ditangkap oleh antena.

Perhatikan informasi level sinyal yang berupa bar berwarna. Terdapat dua jenis informasi indikator sinyal yang ditampilkan oleh menu informasi ini. Yang pertama adalah informasi indikator level intensitas sinyal yang menggambarkan kalau lnb parabola sudah bekerja dengan baik.

Sementara yang kedua adalah indikator level kualitas sinyal yang menjelaskan kekuatan sinyal parabola / satelit yang bisa ditangkap. Semakin tinggi level yang ditunjukkan oleh indikator ini maka semakin besar sinyal yang ditangkap oleh antena. Ini berarti semakin stabil ketahanan sinyal terhadap gangguan cuaca.

Pastikan kedua indikator sinyal tersebut menunjukkan nilai / level tertentu yang biasanya dalam bentuk persentase. Jika salah satu indikator menujukkan level 0% maka bisa dipastikan tv parabola tidak bisa menangkap sinyal.

Indikator intensitas sinyal 0%

Bila indikator intensitas sinyal 0% maka menandakan lnb parabola tidak bekerja. Kemungkinan yang rusak adalah lnb. kabel antena atau konektor antena yang kendor. Jika parabola anda menggunakan switch maka komponen ini juga bisa menjadi penyebab indikator intensitas sinyal 0%.

Selanjutnya anda bisa memeriksa komponen yang saya sebutkan tadi. Mulai dari konektor kabel hingga ke lnb parabolanya. Jika anda mencurigai kerusakan pada lnb, mungkin bisa meminjam dulu lnb yang masih normal untuk dipasang sementara. Sehingga anda bisa memastikan apakah lnb parabola anda masih normal atau sudah rusak.

Perlu diketahui, kabel antena parabola selain berfungsi untuk mengantarkan sinyal dari lnb parabola ke receiver juga berguna untuk menyalurkan tegangan dari receiver ke lnb. Jika penyaluran tegangan ke lnb ini terganggu maka bisa dipastikan lnb tidak alan bida bekerja.

Jadi anda perlu memastikan lnb parabola harus mendapat tegangan dari receiver. Bila tidak ada tegangan kemungkinan terjadi kerusakan pada kabel, konektor atau switch diseq parabola.

Indikator sinyal parabola matrix

Indikator kualitas sinyal 0%

Jika level indikator kualitas sinyal menunjukkan 0% maka ada kemungkinan penyebabnya adalah pada antena parabolanya atau frekuensi transponder yang berubah. Cara mengenalinya cukup mudah, jika yang hilang hanya satu frekuensi transponder saja maka bisa jadi frekuensi transponder channel tersebut berubah.

Misalnya tiba tiba saja sinyal channel sctv hilang sementara channel yang lain masih ada dan indikator kualitas sinyal pada channel sctv tersebut 0%, maka mungkin saja frekuensi transponder sctv berubah. Bisa merubah parameter frekuensinya atau bisa juga berubah formatnya dari sebelumnya mpeg2 menjadi mpeg4.

Bila masalahnya terjadi perubahan pada frekuensi transponder, maka anda perlu memasukkan ulang frekuensi transponder terbaru dari channel yang hilang tersebut. Namun jika perubahan frekuensi transponder juga disertai dengan perubahan format siaran ke mpeg 4, maka receiver anda harus sudah mendukung format mpeg 4. Kalau tidak maka receiver anda tidak akan bisa menangkap siaran dengan frekuensi mpeg 4 seperti yang dimiliki oleh sctv.

Apabila semua sinyal parabola hilang dan indikator kualitas sinyal menunjukkan level 0% maka kemungkinan besar terjadi perubahan arah pada antena parabola. Solusinya adalah anda harus melakukan pointing ulang arah antena agar kembali mengarah dengan tepat ke satelit yang dituju. 

Repointing arah antena dengan cara menggerakkan secara perlahan parabola sambil melihat informasi indikator sinyal. Usahakan agar indikator kualitas sinyal menunjukkan level sinyal yang maksimal agar sinyal bisa stabil. Bila sudah berhasil menangkap sinyal, anda bisa melakukan scan ulang untuk mendapatkan siaran tv yang terbaru di satelit.

Itulah trik mudah cara mencari sinyal parabola matrix yang tiba tiba hilang. Sehingga menyababkan siaran tv yang ditonton ikutan hilang. 

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix Yang Hilang Itu Mudah"