Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memprogram Tv Parabola Yang Tidak Ada Sinyal

 Artikel ini berisi tentang panduan cara memprogram tv parabola yang tidak ada sinyal. Namun sebelum sampai pada pembahasan cara mengatasi parabola yang tidak ada sinyal, kita akan lebih dulu mengenal penyebabnya. Sehingga kita bisa paham jika terjadi masalah yang sama.

Tidak bisa dipungkiri kalau saat sekarang ini pengguna parabola di Indonesia semakin meningkat seiring dengan makin murahnya harga perangkat parabola. Tidak seperti dulu dimana harga parabola cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa menikmati siaran tv parabola.

Namun seperti peralatan elektronika lainnya, perangkat antena parabola pun tidak luput dari kerusakan. Misalnya kerusakan sinyal parabola hilang sebagian atau seluruhnya. Hal ini tentu menyebabkan  mau tidak mau sebagai pengguna parabola kita harus tahu tentang cara memprogram ulang sinyal parabola yang tiba tiba hilang. Agar kita dapat kembali melihat siaran tv parabola.

Cara memprogram tv parabola tidak ada sinyal

Ini penyebabnya tv parabola tidak ada sinyal

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tv parabola tidak ada sinyal. Mulai dari faktor perangkat parabola itu sendiri hingga faktor cuaca buruk dan lingkungan. Karena itu agar kita bisa memprogram ulang tv parabola yang mengalami kerusakan tidak ada sinyal, kita harus tahu dulu penyebabnya. Sehingga masalah bisa cepat teratasi.

Apa saja sih penyebab sinyal parabola tidak ada atau hilang ? Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diketahui :

Cuaca buruk

Untuk jenis parabola ku band yang menggunakan antena parabola mini, kondisi cuaca yang buruk bisa menjadi faktor penyebab sinyal parabola tiba tiba hilang. Karena jenis sinyal ini tidak cukup kuat untuk mengatasi gangguan cuaca. Berbeda dengan jenis spektrum sinyal c band. Selain karena menggunakan parabola besar, karakteristik sinyalnya pun cukup tahan terhadap gangguan cuaca buruk sekalipun.

Kalau sinyal tv parabola anda tiba tiba hilang dan ternyata  diluar cuaca sedang mendung atau hujan, anda tidak perlu heran atau khawatir karena kemungkinan gangguan cuaca buruklah yang menjadi penyebabnya. Anda hanya perlu untuk menunggu hingga cuaca kembali cerah dan penangkapan sinyal parabola dapat berjalan maksimal.

Kabel antena parabola anda putus

Koneksi antara parabola dan dekoder / receiver dihubungkan menggunakan kabel antena. Jika kabel antena terputus maka secara otomatis akan mengakibatkan sinyal parabola tidak diterima oleh dekoder. Selain untuk mentransmisikan sinyal parabola ke dekoder, kabel antena juga digunakan untuk menyalurkan daya tegangan ke lnb parabola.

Jika lnb parabola tidak mendapatkan tegangan dari dekoder, maka lnb tidak bisa berfungsi. Karena itu anda harus memastikan kondisi kabel antena masih dalam keadaan baik dan tidak putus ditengah. Baik itu kabel serabutnya maupun kabel kawat tunggalnya harus dalam keadaan terhubung dengan baik. 

Gunakan multimeter untuk memeriksa apakah kabel masih baik atau tidak. Multimeter ini berfungsi untuk melihat koneksi kabel sehingga diketahui jika ada yang putus di tengah. 

Perhatikan juga kondisi kabel apakah masih layak atau tidak. Karena biasanya kabel yang telah berusia lama kondisi serabutnya akan rapuh dan mudah putus. Seringkali ditemukan kondisi serabut pada kabel antena yang sudah tidak layak akibat termakan oleh lapuk.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi  konektor kabel antena baik yang ada di dekoder maupun yang ada di lnb parabola. Pastikan kondisinya masih terpasang kuat.

Untuk melihat apakah saluran kabel antena masih bekerja dengan baik atau tidak caranya adalah dengan melihat indikator intensitas sinyal pada menu informasi. Tekan menu informasi di remote dekoder / receiver kemudian lihat informasi indikator level intensitas sinyal lnb. 

Jika indikator intensitas sinyal menunjukkan level sekitar minimal 75% maka bisa dipastikan saluran transmisi kabel antena masih berfungsi dengan baik. Sebaliknya jika indikator menunjukkan level intesitas sinyal rendah atau malah 0% maka kemungkinan besar koneksi antara receiver dan lnb tidak terhubung dengan baik. Periksa kabel dan konektornya.

LNB parabola bisa jadi sudah rusak

Jika sudah bisa dipastikan saluran kabel antena dan konektornya masih berfungsi dengan baik, namun indikator intensitas sinyal hilang atau menunjukkan level 0%, maka kita perlu mencurigai lnb parabola sudah rusak.

Coba pinjam dulu lnb parabola milik teman yang masih berfungsi normal, kemudian pasang di parabola anda. Lihat kondisi indikator intensitas sinyal apakah naik atau tidak. Jika ternyata naik dan sinyal parabola kembali muncul, maka bida dipastikan lnb parabola anda mengalami masalah.

Kerusakan lnb parabola sering terjadi karena tersambar petir atau terjadi korslet di dalam rangkaiannya. Karena itu selanjutnya anda perlu untuk melindungi lnb agar tidak mudah kemasukan air hujan. 

Switch diseq mati

Bagi pengguna tv parabola yang memasang lnb lebih dari satu biasanya menggunakan switch 22k atau diseq untuk mengatur pengiriman sinyal ke dekoder. Umumnya letak switch ini berada diluar ruangan dekat lnb sehingga rentan terhadap kerusakan akibat cuaca.

Untuk menguji apakah komponen ini sudah rusak atau tidak, caranya adalah dengan menghubungkan langsung lebih dulu antara lnb dengan receiver tanpa menggunakan switch. Jika ternyata sinyal parabola bisa muncul, maka kerusakan terjadi pada switch parabola tersebut.

Switch diseq parabola

Parabola berubah arah

Antena parabola merupakan jenis antena yang memiliki tingkat penguatan sinyal yang sangat besar. Penguatan yang besar ini terjadi karena parabola mengarah dengan tepat ke posisi satelit.  Sehingga daya tangkapnya pun cukup besar.

Perubahan arah antena parabola terhadap letak satelit yang dituju sedikit saja dapat menyebabkan antena kehilangan daya tangkap terhadap sinyal satelit. Akibatnya tv parabola mengalami kendala berupa tidak ada sinyal.

Cara mengatasi masalah tidak ada sinyal akibat perubahan arah antena parabola dapat dilakukan dengan cara melakukan pointing ulang arah parabola. Coba gerakan perlahan parabola sambil melihat indikator level kualitas sinyal. Lakukan pergerakan secara perlahan hingga didapatkan sinyal secara maksimal kembali.

Sinyal parabola terhalang

Pada daerah pemasangan parabola di dekat pekarangan rumah yang masih banyak terdapat pepohonan yang rindang, sering tidak disadari menghalangi penangkapan sinyal satelit oleh antena. Sinyal dari satelit bisa terhalang oleh rimbunan daun pohon atau bangunan di sekitar antena parabola.

Coba anda cek kembali apakah ada penghalang antara posisi satelit yang dituju dengan arah antena parabola. Jika terdapat penghalang, maka anda perlu menghilangkan bila memungkinkan. Bila tidak, maka anda perlu memindahkan letak parabola ke lokasi yang lebih lapang.

Cara memprogram parabola

Jika sudah diketahui apa penyebab sinyal tv parabola hilang, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengatasi penyebabnya dulu. Biasanya setelah penyebab sinyal hilangnya sudah diatasi maka siaran tv akan kembali muncul dengan normal, dengan syarat dekoder parabola anda masih berfungsi dengan baik.

Untuk memprogram ulang tv parabola yang hilang sinyal, bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Pastikan arah parabola sudah mengarah dengan tepat ke satelit yang dituju.
  • masuk ke menu pengaturan satelit kemudian pilih satelit yang akan di scan untuk mendapatkan program siarannnya
  • tekan tombol scan pada remote, biasanya berwarna biru.
  • Pilih blind scan / scan buta lalu tekan ok untuk memulai scan frekuensi
  • Jika scan telah selesai, selanjutnya anda bisa menyimpan siaran tv yang sudah berhasil ditangkap oleh dekoder.
Itulah tadi cara memprogram ulang tv parabola yang mengalami kendala tidak ada sinyal. Namun harus diperhatikan sebelum memprogram, anda harus mengatasi dulu penyebab tv parabola hilang kehilangan sinyal tersebut.






Posting Komentar untuk "Cara Memprogram Tv Parabola Yang Tidak Ada Sinyal"