Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sinyal SCTV Di Parabola Matrix

Sejak beberapa bulan terakhir ini banyak sekali pengguna tv parabola yang mencari tutorial cara mencari sinyal sctv di receiver parabola matrix. Tidak heran, karena memang tv yang satu group dengan channel indosiar ini sudah tidak bisa diakses lagi menggunakan receiver mpeg 2. Agar tetap bisa menyaksikan siaran dari emtex group termasuk sctv, pengguna tv parabola harus memakai receiver yang sudah mendukung siaran mpeg 4.

Lalu bagaimana dengan pengguna tv parabola yang masih memakai receiver mpeg 2 ? sayangnya teknologi pengolahan sinyal digital mpeg 2 tidak akan mampu menampilkan sinyal tv yang sudah menggunakan sistem mpeg 4. Jadi anda harus mengganti receiver / dekoder parabola anda dengan perangkat parabola yang sudah mendukung teknologi mpeg4.

Bagaimana sih membedakan receiver yang sudah bisa menangkap siaran mpeg 4 ? Caranya cukup mudah, anda tinggal melihat di bagian depan atau belakang receiver saja biasanya akan tertulis jenis / tipe receiver apakah dia termasuk mpeg 2 atau mpeg 4. Cara lainnya adalah dengan melihat port / colokan pada sisi belakang receiver. Jika sudah ada port hdmi biasanya receiver tersebut sudah mendukung siaran tv mpeg 4. Dan pada receiver mpeg 4 panel di depannya juga sudah dilengkapi dengan port usb.

cara mencari sinyal sctv di receiver parabola matrix

Sampai disini mudah mudahan anda sudah bisa memahami kenapa tiba tiba siaran sctv di receiver parabola matrix anda hilang dan tidak ada sinyal. Jadi kemungkinannya adalah jenis receiver yang anda miliki tersebut hanya bisa mendukung siaran mpeg 2.

Bila receiver parabola anda sudah mendukung siaran format mpeg 4, namun masih belum mendapatkan sinyal sctv, anda bisa mengetahui cara mencarinya lewat artikel ini. 

Trix mencari sinyal sctv receiver parabola matrix

SCTV saat ini rupanya masih disukai oleh penikmat hiburan multimedia televisi. Khususnya ibu ibu dan remaja putri tentunya sangat senang dengan stasiun tv yang sudah berusia lama ini. Tak heran, karena di channel ini banyak menghadirkan program acara sinetron dan reality show yang menampilkan artis artis terkenal ibu kota.

Makanya ketika sinyal sctv hilang dari parabola, tidak sedikit yang browsing di internet untuk menemukan solusi mencari sinyal parabola yang hilang. Karena itu di artikel ini saya akan memandu anda agar bisa mendapatkan kembali sinyal sctv yang hilang dari receiver parabola matrix anda. Namun syaratnya receiver parabola anda harus sudah mendukung teknologi siaran mpeg 4.

Ada banyak tipe dekoder / receiver parabola matrix yang sudah mendukung format sinyal mpeg 4, misalnya receiver matrix burger S2 HD. Dari jenisnya saja sudah jelas receiver ini mendukung resolusi HD yang hanya bisa diwujudkan dengan teknologi pengolahan gambar mpeg4.

Jadi buat anda yang memakai receiver matrix lama dengan kualitas mpeg 2, mungkin sudah saatnya anda harus mengganti receiver matrix anda dengan tipe terbaru yang bisa menampilkan siaran parabola mpeg 4.

SCTV kini sudah pindah di Telkom 4 

Buat anda yang menggunakan receiver mpeg 4 namun masih tidak bisa mendapatkan sinyal sctv, ada kemungkinan parabola anda masih mengarah ke satelit Palapa D. Perlu anda ketahui, hampir semua siaran tv parabola yang sebelumnya bisa didapatkan lewat satelit palapa, kini sudah tidak bisa lagi. Karena hampir semuanya telah bermigrasi ke satelit Telkom 4., termasuk sctv dan indosiar.

Jadi jika anda mencari sinyal sctv, maka arahkan dulu parabola matrix anda ke satelit Telkom 4. Anda harus melakukan repointing ulang arah parabola menuju satelit Telkom 4. Baru kemudian anda bisa memprogram ulang receiver untuk bisa menangkap frekuensi siaran sctv.

Satelit Telkom 4 berada di 108.0° E yang berarti ada di sebelah barat satelit palapa d. Kita ketahui kalau satelit palapa d berada di 113.0° E. Sehingga untuk repointing parabola ke satelit Telkom 4, anda harus menggerakkan parabola perlahan ke arah barat sedikit saja.

Ikuti panduan cara mencari sinyal sctv ini

Berikut ini panduan lengkap repointing arah antena dari palapa ke telkom 4 untuk mencari sinyal sctv yang hilang menggunakan receiver parabola matrix :

  • Tambahkan dulu satelit telkom 4 jika belum ada di daftar satelit receiver anda.
  • Tambahkan transponder baru di dalam satelit telkom 4.
  • Isi parameter frekuensi transponder dengan data sebagai berikut : 4121 H 12250.
  • Jika sudah, gerakan perlahan parabola ke arah barat sedikit demi sedikit sambil melihat informasi indikator level kualitas sinyal.
  • Jika sudah nampak ada kenaikan sinyal pada level indikator, gerakkan sedikit agar level kualitas sinyal menjadi lebih maksimal.
  • Selanjutnya jika level kualitas sinyal sudah maksimal, kita bisa melakukan scan buta pada satelit telkom 4.
  • Tekan tombol biru untuk melakukan scan, tunggu hingga proses scan frekuensi selesai. Simpan bila semua frekuensi sudah didapatkan.
mencari sinyal sctv parabola matrix

Itu tadi adalah proses mencari sinyal sctv bila parabola anda masih mengarah ke satelit palapa. Namun jika parabola anda sudah mengarah ke satelit telkom 4, maka langkah yang dilakukan untuk mendapatkan sinyal sctv adalah dengan cara menambahkan frekuensi transponder milik sctv yang baru saja ke satelit telkom 4.

Selanjutnya anda tinggal scan frekuensi tersebut, maka receiver parabola akan mencari frekuensi terbaru milik sctv yang tadi dimasukkan.

Baik sobat, itulah tadi artikel tentang cara mencari sinyal sctv menggunakan receiver parabola matrix. Anda harus ingat bahwa saat in sctv telah menghentikan siarannya yang menggunakan format mpeg 2. Jadi akan sia sia jika anda mencari frekuensi sctv menggunakan receiver parabola yang hanya mendukung format mpeg 2.

1 komentar untuk "Cara Mencari Sinyal SCTV Di Parabola Matrix"

  1. Cari sinyal indosiar dan sctv pada matrix burger digital satelit receiver

    BalasHapus