Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memprogram Sinyal Parabola Yang Hilang

Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara memprogram  sinyal parabola yang hilang. Buat anda yang tengah kesulitan mendapatkan cara untuk mengatasi sinyal parabola hilang, artikel ini bisa membantu anda untuk mengidentifikasi penyebab hilang sinyal dan cara memperbaikinya. 

Parabola merupakan perangkat yang terdiri dari beberapa komponen dan saling mempengaruhi terhadap daya tangkap sinyal satelit. Karena itu kerusakan pada salah satu komponen parabola dapat menyebabkan terganggunya fungsi parabola untuk mendapatkan sinyal dari satelit.

Cara memprogram sinyal parabola yang hilang

Jika terjadi masalah hilang sinyal, langkah yang perlu diambil adalah memeriksa satu persatu komponen parabola mulai dari dekoder sampai ke antena parabola itu sendiri. Cara memeriksa kerusakan komponen parabola tidak terlalu sulit. Sehingga siapapun seharusnya bisa melakukannya. Apalagi jika anda punya sedikit pengetahuan dalam bidang elektronika.

Apa sih penyebab sinyal parabola hilang

Parabola saat ini rupanya sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus ada pada setiap rumah. Apalagi untuk daerah yang jauh dari pemancar tv uhf. Perangkat parabola menjadi satu satunya sarana agar bisa menonton siaran tv dengan leluasa dan ekonomis. 

Dengan menggunakan antena parabola kita bisa dengan bebas menonton siaran tv dengan beragam konten dan jenis tayangan. Mulai dari tayangan religius hingga informasi dan konten hiburan keluarga. Apalagi jika menggunakan paket siaran parabola berbayar seperti nex parabola, k vision atau nusantara hd. Tentunya konten siaran akan lebih menarik lagi.

Namun keasyikan keluarga dalam menonton siaran parabola akan terganggu ketika tiba tiba sinyal parabola hilang yang berakibat pada terhentinya siaran tv yang sedang ditonton. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal parabola yang hilang ? Tenang saja, saya akan menjelaskan tips cara mengatasinya.

Kenali dulu penyebabnya

Sebelum beranjak ke topik cara memprogram ulang sinyal parabola yang tiba tiba hilang, kita harus identifikasi dulu kerusakannya seperti apa. Jika siaran tv yang sedang asyik asyiknya ditonton hilang, cek siaran tv yang lain apakah ikut hilang atau tidak. Karena terkadang ada kasus kerusakan dimana tidak semua siaran hilang pada parabola. 

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat sinyal parabola tiba tiba hilang begitu saja :

  1. Arah parabola bergeser
  2. lnb parabola rusak / lemah
  3. cuaca buruk
  4. Switch diseq rusak

Trik cara memprogram sinyal parabola

Langkah awal cek dulu kondisi indikator sinyal parabola. Lihat level intensitas dan kualitas sinyal. Pastikan agar level indikator intensitas sinyal berada di sekitar 80%. Hal ini untuk menunjukkan bahwa lnb parabola masih berfungsi dengan baik.

Jika indikator intensitas sinyal menunjukkan level normal berarti kemungkinan penyebab kerusakannya adalah pada antena parabola. Bisa jadi arahnya berubah karena angin atau tersenggol oleh sesuatu. Langkah perbaikannya kita harus melakukan repointing ulang arah parabola.

Cara memprogram sinyal parabola yang hilang

Berikut ini trik untuk repointing ulang arah antena parabola :

  • Atur channel pada siaran tv dengan frekuensi transponder terkuat. Misal kalau di satelit telkom 4 adalah Kompas tv. Atur channel ke kompas tv. Kemudian tekan tombol info untuk melihat informasi level kualitas sinyal.
  • Sambil melihat level indikator kualitas sinyal, lakukan pointing arah antena dengan cara menggerakkan antena secara perlahan hingga didapatkan  siaran / kenaikan level indikator kualitas sinyal.
  • Geser perlahan antena parabola sampai didapatkan level kualitas sinyal yang maksimal. Ingat bahwa kualitas sinyal yang maksimal dapat meminimalisir gagguan cuaca buruk.
  • Jika sinyal sudah maksimal, lakukan scan ulang menggunakan sistem blind scan / scan buta agar bisa mendapatkan semua frekuensi sinyal yang ada di satelit tersebut.
Baik, itulah tadi penjelasan tentang cara memprogram sinyal parabola yang hilang. Sepertinya terlihat sulit, namun jika sudah terbiasa anda akan mudah melakukannya.

Posting Komentar untuk "Cara Memprogram Sinyal Parabola Yang Hilang"