Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Mencari Sinyal Nex Parabola

 Nex parabola merupakan salah satu provider layanan tv parabola berbayar yang terhitung pemain baru di Indonesia. Karena itu tidak jarang banyak teknisi maupun pengguna baru tv parabola yang sedikit kebingungan cara mencari sinyal nex parabola. Selain karena masih minimnya informasi frekuensi transponder sinyal satelit nex parabola, juga karena provider ini telah mengubah layanan satelitnya dari yang sebelumnya di palapa d sekarang berpindah ke telkom 4.

cara mencari sinyal nex parabola

Akibatnya pelanggan nex parabola yang sebelumnya mengarahkan antena parabolanya ke satelit palapa d mengalami kendala berupa tidak ada sinyal. Karena disebabkan siaran nex parabola hilang dari palapa berganti ke telkom 4. 

Lalu bagaimana cara mengembalikan sinyal nex parabola yang hilang agar bisa dinikmati lagi ? Di artikel ini saya akan menjelaskannya untuk anda. Sehingga nantinya anda bisa mengatasi sendiri gangguan nex parabola yang kehilangan sinyal.

Siaran nex parabola hilang

Tidak jarang saya menemukan permasalahan pengguna tv parabola yang memakai jasa provider nex parabola siarannya hilang. Menurut mereka sinyal nex parabola tiba tiba saja hilang ketika mereka mencoba menyalakan tv parabola mereka. Ini tentu membuat bingung dan kesusahan karena tanpa sebab mereka tidak lagi bisa menikmati tayangan dari nex parabola.

Bagi anda pengguna nex parabola yang mengalami kendala hilang sinyal, pada dasarnya ada dua penyebab yang mungkin terjadi :

  1. Anda masih menggunakan palapa d
  2. Ada kerusakan pada perangkat antena parabola

Jika saat ini anda menggunakan parabola jaring c band dan masih mengarah ke satelit palapa d untuk menangkap siaran nex parabola, maka anda harus repointing arah antena parabola anda. Karena sejak awal agustus 2020 provider parabola ini telah memindahkan siarannya dari palapa d ke satelit telkom 4. Bila anda belum repointing antena maka tentu saja anda tidak akan bisa menangkap siaran nek parabola.

Apabila anda menggunakan parabola mini untuk menerima siaran nex parabola dan anda mengalami gangguan tidak ada sinyal, kemungkinan penyebabnya adalah ada kerusakan pada perangkat parabola anda. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada kabel, lnb parabola, konektor atau mungkin arah parabola mini anda bergeser.

Untuk anda yang bukan pengguna baru nex parabola dan mengalami masalah hilang sinyal, silahkan anda buka artikel ini untuk mengetahui dan cara mengatasinya. Sementara bagi anda pengguna baru nex parabola yang mencari cara mencari sinyal nex parabola, saya akan berikan panduannya berikut ini :

Tips cara mencari sinyal parabola

Perlu anda ketahui, siaran nex parabola bisa ditangkap melalui dua satelit  yang berbeda: Satelit ses 9 yang menggunakan frekuensi ku band dan satelit telkom 4 yang memakai frekuensi c band. Kedua satelit yang menyiarkan siaran nex parabola ini terletak pada posisi yang berdekatan. Yaitu di garis bujur sekitar 108° E. Posisi ini sedikit mengarah ke barat dari sudut vertikal.

Untuk satelit dengan frekuensi siaran c band seperti telkom 4, gelombang satelit dapat ditangkap mengunakan parabola jaring atau parabola besar dengan diameter sekitar 6 feet. Sementara untuk satelit yang memiliki frekuensi ku band bisa dengan mudah diterima menggunakan parabola mini.

Perbedaan penerimaan sinyal c band dan ku band akan mempengaruhi pengaturan frekuensi lnb yang yang disetting pada pengaturan antena di receiver. Karena itu anda harus perhatikan jenis antena parabola yang anda gunakan. Kalau menggunakan parabola mini berarti frekuensinya ku band, sedangkan kalau parabola besar frekuensinya c band.

Setting dulu receiver anda

Sebelum melakukan pencarian sinyal nex parabola, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur receiver dulu agar sesuai.
  1. Tambahkan satelit yang akan dituju jika belum ada di daftar satelit. Anda bisa memilih satelit telkom 4 atau ses 9 tergantung jenis frekuensi / antena yang anda gunakan. Antena parabola mini untuk satelit ses 9 dan antena parabola besar untuk satelit telkom 4.
  2. Tambahkan transponder baru pada satelit. masukkan frekuensi transponder sesuai satelit yang dituju. Untuk satelit telkom 4 masukkan frekuensi transponder 4180 V 29800 . Sementara untuk frekuensi transponder satelit ses 9 adalah : 11921 V 45000.
  3. Selanjutnya masuk ke pengaturan antena untuk mengatur frekuensi lnb parabola. Untuk pengguna parabola mini masukkan type / frekuensi lnb : Universal (9750/10600) Sementara untuk pengguna parabola besar frekuensi lnb adalah : 5150.
  4. Anda akan melihat indikator intensitas sinyal yang diatas menampilkan level tertentu.
Cara setting receiver parabola

Saatnya mencari sinyal siaran nex parabola

Sebelum memulai mencari frekuensi transponder milik nex parabola, pastikan antena parabola anda terpasang dengan benar. Posisikan agar tiang parabola terpasang kokoh dan tegak lurus untuk memudahkan anda ketika melacak sinyal satelit. Pemasangan tiang parabola yang kurang baik akan menyulitkan anda ketika mengatur arah antena parabola.

Pastikan posisi lnb parabola dengan benar jangan sampai terbalik polaritas antenanya karena bisa menyebabkan sinyal sulit ditangkap dengan baik. Untuk lnb c band, pastikan sudut 0 lnb berada pada tepat arah barat. Sementara untuk lnb ku band arahkan konektor kabel pada arah utara.

Jika sudah, kita bisa melanjutkan menggerakkan dish parabola untuk melacak keberadaan sinyal nex parabola. Pertama anda bisa menghadapkan dulu dish parabola ke atas / tengadah. Kemudian secara sangat perlahan putar dish ke arah barat sedikit demi sedikit. 

Ketika anda memutar dish parabola ke arah barat, jangan lupa sambil memperhatikan indikator kualitas / quality sinyal. Bila ada penampakan level sinyal naik, lanjutkan dengan menggerakkan sedikit sehingga bisa didapatkan level kualitas sinyal yang maksimal.

Bila sudah berhasil mendapatkan level kualitas sinyal yang maksimal, kunci pergerakan dish dengan mengencangkan baut penyetel kemiringan dish. Pastikan dish parabola tidak mudah goyang atau bergeser karena angin.

Selanjutnya masuk ke menu program dan pilih satelit yang baru anda tambahkan tadi. tekan tombol scan agar receiver parabola anda memindai frekuensi yang ada di satelit untuk mendapatkan siaran nex parabola. Setelah selesai memindai anda bisa tekan simpan untuk menyimpan siaran tv parabola yang sudah diterima.

Itulah tips mencari sinyal nex parabola yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah. Perhatikan tiap langkah mensetting dan pointing arah antena parabola agar anda berhasil memperbaiki nex parabola anda yang tidak ada sinyal.

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Mencari Sinyal Nex Parabola"