Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Volume Tv Sharp Bermasalah, Ketahui Penyebabnya

 Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki volume tv sharp yang bermasalah. Jadi, ketika dinyalakan volume / suara tv sharp ini langsung besar. Sehingga cukup mengagetkan. Jika anda menemui kendala seperti ini pada tv sharp, pengalaman saya ini mungkin bisa berguna untuk mengatasi masalah kerusakan tv sharp yang anda hadapi.

Tv sharp yang saya tangani kali ini adalah jenis tv led. Jadi solusi ini tidak bisa diterapkan pada jenis tv sharp lain, misalnya tv tabung. Karena berbeda sistem kerja dan cara pengaturannya. 

Kerusakan tv sharp yang bermasalah pada volume nya cukup beragam. Bukan hanya volumenya yang tiba tiba mengecil sendiri, namun juga bisa terjadi gejala kerusakan lain seperti suara noise atau ngosos dan kadang kadang terdengar suara gemuruh dari speaker. Tidak jarang pula terjadi kerusakan dengan gejala suara tv kecil.

Volume tv sharp bermasalah

Penyebab kerusakan volume tv sharp ini bisa terjadi karena kerusakan software ataupun hardware / rangkaian tv nya. Sebelum memeriksa komponen hardware / mesin tv, lebih baik kita periksa dulu bagian softwarenya. Bila sudah dipastikan tidak ada kerusakan atau perubahan pengaturan pada softwarenya, baru berlanjut dengan pemeriksaan mesin / rangkaian tv nya.

Baik, kita kembali lagi ke cerita pengalaman saya ketika memperbaiki suara tv led sharp yang bermasalah. Jadi menurut pemiliknya, suara / volume tv led ini tiba tiba saja besar sendiri tanpa ditekan tombol volume plus di remotenya.

Ini Solusi Volume Tv Sharp Bermasalah

Seperti biasa, sebelum bergerak memeriksa bagian dalam mesin tv sharp ini, saya cek dulu pengaturan pada software tv ini. Apakah masih sesuai dengan standar pabrik atau tidak. Karena teknologi tv sekarang, apalagi jenis tv led sudah menggunakan sistem digital untuk mengendalikan semua kerja rangkaiannya. 

Kinerja mesin / rangkaian tv dikendalikan menurut parameter yang ada pada settingan di menu factory tv. Jika terjadi perubahan parameter pada settingan factory, bisa menyebabkan gangguan pada tampilan tv, baik itu suaranya maupun gambarnya.

Jadi, langkah pertama yang saya lakukan adalah memeriksa dulu settingan factory tv sharp ini. Caranya adalah masuk ke menu factory reset. Begini cara masuk ke menu service tv sharp led :

  • Lepaskan kabel ac dari listrik.
  • Tekan dan tahan tombol power pada tv. Biasanya berada di belakang atau samping.
  • Masukan steker / colokan listrik ke sumber listrik sambil tombol power masih ditekan.
  • Selanjutnya akan terlihat led indikator power menyala  berkedip kedip.
  • Ketika lampu led indikator sudah menyala berkedip kedip, lepaskan tombol power. Kemudian tekan kembali tombol power  sebanyak 3 kali. Pada tekanan tombol yang ketiga tahan tombol jangan dilepas. Tunggu sampai layar tv menampilkan mode menu service.
  • Jika sudah tampil mode menu service, lepaskan tombol power.
  • Gunakan remote untuk menggulir menuju ke halaman menu init / initial.
  • Pilih ke mode pengaturan asia. Kemudian lepaskan steker listrik.
  • Nyalakan kembali tv dengan memasukkan steker / colokan listrik dan menekan tombol power seperti biasa.

Seperti itulah pengalaman saya ketika mengatasi volume tv sharp yang bermasalah. Dimana gejala yang ditunjukkan adalah volume tv tiba tiba membesar. Biasanya setelah mengubah settingan pada menu service, volume tv kembali menjadi normal.

Sebagai tambahan,buat sobat yang memiliki kendala suara tv sharp yang naik turun volumenya, bisa diatasi denga mengubah setingan suara / audio. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan tv lewat remote kemudian pilih ke pengaturan suara. Ubah dari mode stereo menjai mode mono. Hal ini bisa untuk mengatasi suara channel pada tv yang naik turun.

1 komentar untuk "Volume Tv Sharp Bermasalah, Ketahui Penyebabnya"