Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Suara Tv Kecil Ternyata Ini Lho

Penyebab suara tv kecil biasanya terjadi kerusakan pada sirkuit power amplifer atau sirkuit audio di mesin tv. Meskipun juga tidak jarang disebabkan karena terjadi perubahan settingan pada factory reset. Kendala pada volume seperti ini  bisa juga terjadi pada tv sharp atau tv cina liannya.

Kalau penyebab kerusakan karena ada perubahan settingan pada menu factory reset pabrik, cara memperbaikinya cukup mudah. Kita hanya perlu masuk ke menu factory / menu service kemudian kita atur kembali settingan audio sesuai dengan standar settingan pabrik. Sobat bisa cari standar settingan pabrik sesuai dengan jenis tv yang sedang diperbaiki.

Namun jika settingan factory sudah benar, namun suara tv tetap kecil, kemungkinan kerusakan ada pada bagian mesin tv atau blok rangkaiannya. Jika kasusnya seperti ini, kita harus memeriksa bagian mesin tv nya untuk mencari penyebab kerusakan suara tv kecil.

Pada kasus kerusakan tv lain, tidak jarang juga ditemui gejala kerusakan berupa suara tv kadang kecil kadang besar bahkan tidak jarang disertai suara noise. Dan ini bukan hanya bisa terjadi pada tv cina saja , namun juga bisa menimpa tv merk lain, seperti tv panasonic atau LG. Biasanya yang menjadi masalah adalah pada bagian audionya saja. 

penyebab suara tv kecil

Pemeriksaan Awal Penyebab Suara Tv Kecil

Sebelum memeriksa bagian mesin, terutama sirkuit audio, kita harus memeriksa komponen yang mudah dijangkau dulu misalnya speaker atau settingan factory. Kita pastikan settingan factory untuk bagian audio sudah diatur sesuai standar pabrik. 

Tiap merk tv berbeda nilai standar dan cara masuk ke menu service / menu factory. Jadi sobat teknisi bisa mencari referensi lain yang sesuai dengan merk tv yang mengalami kerusakan. Menurut pengalaman, biasanya kerusakan suara tv kecil akibat perubahan pada settingan factory hanya dialami oleh tv cina saja. Jarang sekali saya menemui kerusakan pada settingan factory di merk tv lain.

Jika sudah dipastikan settingan pabrik sudah benar, namun audio tv tetap kecil dan volumenya tidak bisa dibesarkan, kita cek bagian dalam televisi. Pertama periksa dulu kondisi speaker televisi. Lihat apakah masih berfungsi dengan baik. Perhatikan kondisi daun speaker. Daun speaker yang rusak dapat menyebabkan suara tv menjadi kecil karena tidak ada mekanisme gain resonansi dari daun speaker.

Coba pakai speaker yang lain yang masih berfungsi dengan normal. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah penyebabnya dari speaker atau bukan. Jika setelah diganti dengan speaker lain tetap saja tidak ada perubahan, pemeriksaan kita lanjutkan pada bagian sirkuit audio amplifier tv.

Sebelum memeriksa bagian sirkuit audio, kalau saya biasanya memastikan dulu kerusakan terjadi hanya pada bagian power audionya saja. Biasanya saya akan memutus jalur output audio dari ic kemudian saya sambungkan dengan amplifier eksternal. Jika suara tv normal, volumenya bisa dikecilkan dan dibesarkan maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada bagian sirkuit audio amplifiernya. Sehingga saya bisa fokus untuk mencari penyebabnya di sirkuit audio saja.

Ini Penyebabnya

Setelah memastikan penyebab kerusakan terjadi pada sirkuit audio amplifiernya, langsung kita bisa oprek mesin tv untuk mencari komponen yang bermasalah. Lalu apa saja komponen yang bisa menyebabkan kerusakan seperti ini ?

IC Power

Tv zaman sekarang hampir semuanya menggunakan ic sebagai komponen utama penguat audionya. Jenis ic yang digunakan pun bermacam macam dengan tingkat penguatan yang berbeda. Untuk jenis tv cina biasanya menggunakan jenis ic tipe 2003 yang memiliki level penguatan cukup kecil. 

Kerusakan pada ic power audioini sering membuat suara tv kecil dan tidak bisa dibesarkan. kadang tidak jarang juga suara tv disertai noise. Pada kerusakan yang parah, gejala kerusakan ditandai dengan suara tv ngorok sebelum akhirnya mati atau tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Periksa kondisi ic apakah panasnya normal atau ada kondisi yang tidak sesuai. Cek juga supplai tegangan untuk ic power audio tv. Pastikan tidak terjadi drop atau kenaikan tegangan. Jika perlu diganti, ganti saja ic dengan yang baru.

Elco 

Tidak jarang saya menemukan penyebab suara tv kecil dan tidak bisa dibesarkan adalah karena elco yang sudah kering atau jebol. Biasanya ic power audio pada televisi mengunakan kopel kapasitor untuk menyalurkan sinyal audio ke speaker. Kapasitor yang digunakan merupakan jenis elco dengan nilai yang cukup besar, mulai dari 220uf hingga 1000uf.

Kondisi kapasitor elco yang sudah kering bisa membuat aliran sinyal suara dari ic ke speaker menjadi kurang maksimal. Akibatnya suara yang dihasilkan oleh speaker sangat kecil. Bahkan pada beberapa kasus suaranya ngorok atau noise cukup besar. Pada kondisi kerusakan parah bisa membuat suara tv hilang.

Coba lakukan pergantian elco kopel dengan yang baru. Jika perlu ganti juga elco kopel input ic power karena bisa juga menjadi penyebab suara tv lemah.

Ic Driver

Pada beberapa merk tv seperti panasonic atau tv lg tidak jarang ditemukan rangkaian driver audio yang berfungsi untuk mengatur level dan kualitas audio tv yang dihasilkan. Rangkaian driver ini biasanya menggunakan komponen ic jenis op amp. 

Kerusakan pada rangkaian driver ini bisa saja menyebabkan terjadi keruskan pada suara televisi. Misalnya volume tv yang tidak bisa dibesarkan atau sebaliknya volume tidak bisa dikecilkan. Untuk memastikan, coba ganti ic driver menggunakan ic yang baru.

Baik sobat teknisi, itulah beberapa kemungkinan penyebab suara tv kecil. Meskipun tidak jarang penyebabnya bisa saja dari komponen pasif lainnya, seperti resistor atau kapasitor keramik.  

Posting Komentar untuk "Penyebab Suara Tv Kecil Ternyata Ini Lho"