Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Tidak Ada Suara

 Di artikel ini kita akan membahas penyebab tv polytron tidak ada suara dan cara memperbaikinya. Sehingga kita bisa mengembalikan suara tv polytron yang hilang dan bisa normal kembali. Buat anda yang sedang mengalami masalah suara tv, artikel ini mungkin bisa bermanfaat.

Tv polytron termasuk tv sejuta umat karena begitu banyaknya pengguna merk tv ini di Indonesia. Selain karena harganya yang relatif  terjangkau, kualitas yang ditawarkan pun sangat baik terutama pada teknologi audionya. Kita tahu, kualitas suara yang dihasilkan oleh tv merk polytron cukup baik dengan suara bass yang empuk.

tv polytron tidak ada suara

Salah satu jenis kerusakan tv polytron adalah tidak ada suara. Kita tidak bisa mendengar ada suara sama sekali pada speakernya bahkan suara noise pun tidak ada. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kerusakan suara pada tv polytron ini.

Kerusakan pada program

Sebagai langkah awal dalam mengatasi kerusakan audio tv polytron, anda bisa mengecek dulu settingan pabrik pada bagian suara. Anda harus masuk ke menu factory tv polytron untuk bisa melihat data settingan pabrik dari tv ini.

Jika terjadi perubahan pada settingan audio di data service factory, anda harus mengubahnya sehingga sesuai dengan data pabrik. Pada jenis tv led kerusakan suara yang disebabkan karena settingan program yang tidak benar bisa diatas dengan melakukan flash / instal ulang program.

Anda harus mencari software program yang sesuai dengan tipe dan seri mesin tv yang digunakan. Untuk mendapatkannya anda bisa googling di internet atau di forum forum elektronika.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan instal ulang, mungkin lebih baik anda bisa setting ulang dulu tv polytron anda agar sesuai dengan pengaturan dari pabriknya. Jika tidak berhasil, mungkin bisa dipertimbangkan untuk instal ulang programnya.

Transistor mute mati

Transistor mute pada tv polytron berfungsi untuk mematikan input audio untuk amplifier tv ketika tidak ada siaran. Hal ini berguna agar tv tidak mengeluarkan suara noise yang mengganggu ketika tv tidak menangkap siaran. Misalnya saat sedang mencari gelombang siaran televisi.

Cabut transistor mute dan periksa apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika terukur sudah tidak normal / short, harus diganti dengan yang baru. 

Power amplifier tidak bekerja

Untuk memeriksa apakah blok power amplifier bekerja atau tidak, kita coba memberikan input dengan menyentuh bagian pin input ic amplifier. Sentuhkan ujung obeng ke pin input ic sambil memperhatikan apakah ada suara yang terdengar di speaker. Jika ada bunyi pada speaker ketika pin input disentuh, maka ic sudah bisa bekerja. Berarti kerusakan terjadi pada bagian sebelum ic power amplifier.

Jika tidak ada suara saat di sentuh pin inputnya, maka bisa dipastikan blok audio tidak bekerja. Untuk memastikan anda bisa menghubungkan jalur input sebelum pin input ic audio ke amplifier eksternal seperti misalnya speaker aktif. Bila ternyata ada suara normal berarti penyebab kerusakan tv tidak ada suara tersebut karena blok amplifier tidak bekerja.

Coba periksa kondisi elco di blok audio untuk melihat kondisinya. Jika terlihat ada yang menggembung harus segera diganti karean elco tersebut sudah kering. Periksa juga tegangan yang masuk ke ic amplifier apakah ada yang drop. Jika ada yang drop mungkin ic power sudah short di dalam. Sehingga harus dilakukan pergantian ic power amplifier polytron.

Speaker mati

Meskipun jarang terjadi, namun kerusakan tv tidak ada suara bisa disebabkan karena speaker tv tersebut mati. Coba lepaskan speaker kemudian cek menggunakan multimeter untuk melihat kondisinya. Jika sudah putus maka speaker perlu diganti.

3 komentar untuk "Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Tidak Ada Suara"

  1. TV saya Polytron 43" pld43s153 gambar ada,suara nya ga ada cuma ada suara gemeresek doang..itu masalah nya apa yah,tolong di bantu

    BalasHapus
  2. Speaker saya gak ada suaranya akibat terendam air tv.nya menyala salon poliytron nya gak nyala apa penyebab nya ...

    BalasHapus
  3. Tv saya gambarnya bagus cuma suara nya hilang datang kesel bangett itu yg rusak apanya y tolong di bantu

    BalasHapus