Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri

Secara umum biasanya penyebab tv mati sendiri adalah karena ada masalah pada sirkuit regulator tv tersebut. Kita tahu, regulator merupakan sirkuit utama pembangkit tegangan dc untuk mensupplai kebutuhan tegangan beberapa blok rangkaian pada mesin tv. Kegagalan fungsi regulator tentu saja akan mengakibatkan tv mati mendadak tanpa ada sebab yang jelas.

Televisi tiba tiba mati sendiri ketika sedang ditonton atau dinyalakan bukan hanya bisa terjadi pada tv merk cina saja, bahkan merk tv lain pun seperti polytron, sharp, lg atau sony bisa mengalami hal yang sama. 

penyebab tv mati sendiri

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan tv tidak bisa menyala atau mati sendiri dengan tiba tiba. Di artikel ini saya akan membahasnya sesuai dengan pengalaman saya berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai teknisi.

Tv tiba tiba mati standby

Mungkin ada diantara pengguna tv yang sedang asyik nonton program favorit di televisi kemudian secara tiba tiba tv mati sendiri dan masuk ke dalam mode standby. Jika anda belum tahu, mode standby adalah mode dimana tv dalam keadaan mati namun lampu power hidup.

Jadi jika anda menemukan gejala kerusakan tv yang mati total tidak bisa dihidupkan sama sekali, coba cek dulu lampu power tv tersebut apakah masih menyala atau tidak. Jika masih menyala, kemungkinan secara umum regulator masih bekerja. Sehingga mudah mudahan tv tidak rusak total. Lampu power tv biasanya berada di bagian depan tv atau pada jenis tv led tertentu berada di samping dekat tombol program.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan tv mati standby :

  • Tv protek
  • Sirkuit horizontal mati
  • Regulator bermasalah

Tv protek

Tv protek dapat menyebabkan gejala kerusakan tv mati standby. Hal ini terjadi karena sistem protek pada televisi aktif sehingga mematikan fungsi tv. Jika sistem protek tv aktif berarti menandakan ada masalah pada mesin tv. Karena tujuan dari sistem protek ini adalah untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada mesin.

Sistem protek televisi biasanya hanya ditemui pada tipe tv tertentu saja, seperti polytron, sharp, sony atau panasonic. Sementara pada tv model cina jarang dilengkapi dengan sistem protek ini. Sehingga jika terjadi masalah pada salah satu blok rangkaian terkadang bisa merembet ke blok rangkaian lainnya.

Untuk mengatasi kerusakan protek pada televisi, tidak selalu sama pada semua jenis tv. Kita perlu memeriksa blok rangkaian yang di duga menjadi pemicu sistem protek bekerja. Misalnya pada tv polytron, biasanya sistem protek akan aktif jika terjadi kerusakan pada sirkuit vertikalnya. karena sistem protek pada polytron digunakan mendeteksi kelainan pada rangkaian vertikal. Sementara pad tipe tv merk lain belum tentu sama.

Cara mengatasi sistem protek yang aktif pada televisi bisa dilakukan dengan memeriksa blok rangkaian yang dideteksi oleh sistem protek tersebut. Misalnya seperti pada tv polytron, diman sistem proteknya mendeteksi blok vertika maka kita perlu memeriksa blok vertikal tersebut apakah ada kelainan atau tidak.

Tv merk sharp termasuk jenis tv tabung yang memiliki sistem protek yang cukup rumit. Karena sistem protek pada tv sharp hampir mendeteksi semua blok rangkaian pada mesin tv. Sehingga kita harus memeriksa blok rangkaian yang dideteksi oleh sistem protek tersebut.

Sirkuit horizontal mati

Pada tv cina jenis tabung yang tiba tiba mati sendiri sering ditemukan penyebabnya karena ada kerusakan pada sirkuit horizontal tv. Biasanya transistor final horizontal short atau jebol sehingga mengakibatkan tegangan drop. 

Gejala kerusakan yang terjadi berupa tv mati total dan tidak merespon ketika dihidupkan. Namun biasanya lampu power masih hidup / menyala. Hal ini berarti regulator masih aman atau tidak mengalami kerusakan.

Coba cek bagian horizontal televisi terutama untuk transistor / fet finalnya. Jika ada yang short atau mati bisa diganti dengan transistor sejenis atau persamaannya. Cek juga komponen kapasitor resonan pada bagian kolektor transistor final apakah nilainya masih sesuai atau tidak. karena tidak jarang komponen ini sering membuat transistor horizontal cepat mati jika kapasitansinya sudah berkurang.

Regulator bermasalah

Meskipun lampu indikator power masih dapat hidup, namun pada beberapa kasus kerusakan mati mendadak bisa juga akibat regulator bermasalah. Dimana ada tegangan dengan level tertantu yang tidak keluar atau drop. Sehingga mengakibatkan tv tidak bisa dinyalakan.

Misalnya pada tv tabung tegangan 115 volt drop hingga hanya tersisa 80 volt, maka bisa dipastikan tv tidak akan bisa menyala karena tegangan tersebut tidak bisa membuat blok horizontal bekerja.

Coba periksa semua tegangan dc yang dikeluarkan oleh regulator. Jika ada tegangan yang drop atau tidak sesuai dengan yang seharusnya, cek elko dan dioda. 

Tv mati total

Kerusakan tv polytron mati total ditandai dengan lampu indikator power tidak menyala. Ketika dinyalakan dengan remote tv tidak mau hidup sama sekali meskipun cuma sesaat. Sementara tampilan layar gelap tidak ada tanda tanda ada penampakan cahaya atau gambar.

Tv mati total lebih sering disebabkan karena regulator tidak bekerja. Periksa semua komponen regulator, pastikan ada tegangan muncul di elco besar 100uf/450v. Jika tidak ada tegangan di elco ini, cek mulai dri kabel ac, saklar power, dioda bridge, dan kapasitor.

Bila sudah ada tegangan pada elco besar namun tidak keluar tegangan pada bagian sekunder trafo regulator, berarti ada kerusakan pada bagian primer trafo. Periksa transistor final dan driver blok rangkaian regulator.

Posting Komentar untuk "Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri"