Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara Ini Penyebabnya

 Contoh kerusakan yang sering ditemui pada tv polytron ataupun televisi  dari produk lainnya adalah tidak ada gambar dan suara. Kerusakan seperti ini sering disebut sebagai kerusakan tv mati total. Kerusakan tv mati total dengan gejala tidak ada gambar dan suara bisa terjadi pada semua jenis tv baik tv led maupun tv tabung.

Gejala kerusakan ini berupa tampilan layar gelap tanpa terlihat tanda tanda cahaya / gambar apapun dari layar tv. Selain itu tidak terdengar suara desis atau suara noise dari speaker tv. Ketika tombol power remote ditekan, tv tidak mau merespon / menyala.

Tanda kerusakan mati total seperti ini biasanya disebabkan karena ada masalah pada bagian regulator tegangan. Regulator tegangan merupakan sirkuit utama pembangkit tegangan untuk blok rangkaian tv, baik itu tv tabung maupun tv led. karena itu jika bagian ini tidak bekerja maka dapat mengakibatkan tv tidak bisa hidup .

Tv polytron tidak ada gambar dan suara

Meskipun biasanya penyebab tv mati total adalah karena regulator bermasalah, namun bukan berarti setiap kerusakan tv yang tidak menampilkan gambar dan suara karena kerusakan yang sama. Bisa jadi disebabkan karena ada kerusakan pada blok rangkaian atau komponen tv tabung lainnya. Untuk memastikannya adalah kita harus membuka mesin tv dan memeriksa beberapa bagian blok rangkaian yang ada di dalamnya.

Memperbaiki tv polytron slim tidak ada gambar dan suara

Salah satu dari tipe tv polytron adalah jenis tv tabung slim. Jenis tv slim ini merupakan keluaran terbaru dari polytron dengan model tv tabung yang sudah menggunakan tabung slim sebagai layarnya. Tabung slim memiliki ukuran yang lebih ramping jika dibandingkan dengan jenis tabung biasa. 

Untuk mendeteksi kerusakan tv polytron tabung slim, kita bisa cek dari lampu indikatornya. Jika lampu indikator masih bisa menyala namun tv tidak bisa keluar gambar maupun suaranya saat dihidupkan, kemungkinan kerusakan pada sirkuit horizontal.

Sementara jika lampu indikator sama sekali tidak menyala / padam maka bisa dipastikan regulator tv polytron slim tersebut mengalami kerusakan atau tidak bekerja. Namun untuk lebih pastinya kita harus memeriksa blok rangkaiannya dulu.

Kerusakan horizontal

Kerusakan sirkuit horizontal pada tv polytron ditandai dengan gejala tv tidak ada respon sama sekali ketika tombol power pada remote ditekan / dinyalakan. Hal ini dikarenakan sirkuit horizontal yang bertugas untuk  memberikan tegangan ke tabung crt tidak bekerja. Sehingga tv tidak mau keluar gambarnya.

Langkah pemeriksaan dan perbaikan bisa dilakukan seperti berikut ini :

  • Buka jalur tegangan B+ 115 Volt yang terhubung ke trafo flyback.
  • Coba nyalakan tv dan ukur tegangan sesaat yang dikeluarkan B+ sebelum tv standby.
  • Jika tegangan terukur normal, berarti regulator tidak ada masalah.
  • Cabut transistor final horisontal kemudian cek menggunakan multimeter.
  • Biasanya kerusakan horizontal disebabkan karena transistor  / fet final sirkuit tersebut yang telah short. Jika transistor final mati ganti dengan yang baru dan sesuai. 
  • Sebelum transistor / fet pengganti dipasang, cek dulu komponen lainnya barangkali ada yang sudah sedikit short. Ukur kapasitor resonan yang ada di kolektor transistor final. Jika kapasitasnya ytelah kering, komponen ini sering kali membuat transistor final jebol.
  • Sambungkan kembali jalur B+ kemudian coba nyalakan kembali tv sambil diukur titik basis transistor final pada pcb. Jika keluar tegangan ac kecil berarti sirkuit driver horizontal sudah bisa bekerja.
  • Pasang kembali transistor / fet final yang baru. Kemudian coba nyalakan kembali tv polytron tersebut.

Kerusakan regulator tegangan

Kerusakan pada sirkuit regulator tv polytron slim ditandai dengan lampu indikator di bagian depan tv tidak menyala sama sekali. Pemeriksaan awal adalah pastikan dulu aliran listrik ac sudah mengalir ke elco besar 100uf / 450V. Karena elco inilah yang akan mensupplai tegangan ke sirkuit regulator.

Jika tidak ada tegangan pada elco besar, coba periksa beberapa komponen dan jalur aliran listrik sebelum sampai ke elco besar. Cek komponen seperti kabel ac, saklar power utama, dioda bridge, dan beberapa komponen pasif lainnya seperti kapasitor dan resistor.

Jika sudah ada tegangan terukur pada elco besar sekitar 300 Volt maka pemeriksaan bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya.

  • Putuskan jalur B+ 115 V ke arah horizontal untuk mencegah kerusakan horizontal jika terjadi lonjakan tegangan.
  • Periksa semua elco filter yang ada pada bagian tegangan output di sekunder trafo regulator. Ganti elco yang kelihatannya sudah cembung atau berkurang kapasitansinya.
  • Cabut transistor fet final regulator. Biasanya fet ini yang menjadi penyebab kerusakan sirkuit regulator yang berdampak pada tv tidak keluar gambar dan suara atau mati total.
  • Nyalakan mesin tv sambil diukur pada titik gate di pcb. Pastikan ada sinyal ac kecil yang terukur menggunakan multimeter. Jika muncul sinyal ac kecil berarti driver regulator berfungsi dengan baik. Jika tidak ada sinyal ac kecil kemungkinan ada masalah pada bagian driver regulator polytron tersebut. Cek satu persatu komponennya yang ada pada bagian driver dan pengendali tegangan seperti transistor dan dioda optocoupler.
  • Pasang fet regulator yang baru bila fet sebelumnya diketahui sudah short atau jebol.
  • Coba nyalakan kembali mesin tv. Seharusnya tegangan sudah bisa keluar dari sekunder trafo regulator. Periksa apakah tegangan 5 Volt untuk ic program normal atau tidak.

Kerusakan ic program

Meskipun jarang terjadi, ic program tv tabung polytron slim pun bisa mengalami kerusakan. Karena ic program merupakan komponen kepala / pengendali sistem yang ada di blok rangkaian tv, maka jika ada kerusakan pada ic ini bisa mengakibatkan tv mati total. 

ic program tv polytron slim
IC program polytron

Untuk memeriksa kondisi ic program pada tv tabung, bisa dilakukan dengan cara mengukur tegangan 5 Volt yang mensupplai ic program. Cek apakah tegangan vcc untuk ic program ini drop atau tidak. Jika terjadi tegangan drop, maka kemungkinan ic mengalami short di dalam.

Jika tegangan vcc 5 Volt tidak drop namun tv tetap tidak mau respon saat dinyalakan lewat tombol power remote maka kita perlu memeriksa pin power pada ic program. 

  • Cari pin power pada kaki ic program kemudian putuskan dulu jalur power yang menuju ke sirkuit standby regulator.
  • Ukur pin power menggunakan multimeter dc sambil mesin tv dinyalakan.
  • Tekan tombol power pada remote. Pada kondisi ic yang masih normal akan terukur 0 volt atau 5 volt  ketika tombol power remote ditekan tekan.
  • Jika tidak terjadi perubahan tegangan pada pin power, kemungkinan sirkuit start pada ic program tidak berfungsi. Anda harus mengganti ic program.

Tv led polytron tidak ada gambar dan suara

Untuk jenis tv led polytron yang tidak ada gambar dan suara ketika tombol power on pada remote ditekan, kemungkinan kerusakan terjadi pada regulator atau software tv polytron tersebut. Langkah pertama memeriksanya bisa dengan cara melihat apakah lampu indikator pada tv menyala atau tidak. 

Jika lampu indikator menyala, kemungkinan ada kerusakan software atau ada beberapa tegangan pada regulator yang tidak keluar. Bila indikator tidak menyala sama sekali, bisa dipastikan regulatornya tidak bekerja.

  • Periksa semua komponen yang ada di sirkuit regulator terutama fet dan elco filter. Perhatikan bentuk fisiknya apakah ada yang gosong terbakar atau cembung / retak.
  • Ganti komponen pada regulator yang mati / short. Kemudian coba nyalakan kembali.
  • Ukur semua tegangan keluaran regulator. Pastikan tidak ada yang drop. 
  • Jika ada tegangan regulator yang drop, cari komponen di sepanjang jalur tegangan tersebut yang short / mati.
  • Jika semua tegangan terukur normal , namun tv led polytron tetap tidak ada respon saat dinyalakan, coba flash ulang software programnya.
Regulator tv led polytron

Itulah tips cara memperbaiki tv polytron yang mengalami kerusakan tidak ada gambar dan suara berdasarkan pengalaman saya. Penyebab kerusakan bisa saja tidak sama pada setiap tv meskipun gejala kerusakannya sama. Nantinya pengalaman akan mengajarkan anda sehingga anda akan lebih ahli dalam memperbaiki kerusakan tv polytron atau lainnya.

Posting Komentar untuk "Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara Ini Penyebabnya"