Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Iklan Elektronik Iklan Radio, Iklan Televisi dan Iklan Internet

Bengkel Tv - Teknologi saat ini memudahkan kita dalam berbagai hal, termasuk dalam hal promosi produk. Beberapa contoh iklan elektronik yang saat ini banyak digunakan adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. 

Melalui media-media ini, para perusahaan bisa menyampaikan informasi tentang produk mereka kepada masyarakat luas dan mempromosikan produk mereka secara efektif. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana contoh-contoh iklan elektronik ini dapat mempengaruhi konsumen dan membantu perusahaan dalam memasarkan produk mereka.

Contoh Iklan Elektronik Iklan Radio, Iklan Televisi dan Iklan Internet

Pengertian Iklan Elektronik

Sebagai inovasi baru dalam dunia periklanan, media elektronik memiliki basis tersendiri. Ada beberapa jenis iklan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. 

Salah satunya adalah iklan elektronik, yang menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan berbagai jenis produk, baik barang maupun jasa.

Perlu diketahui bahwa televisi saat ini sudah menjadi barang wajib bagi setiap rumah tangga dan menjadi salah satu contoh terbaik iklan elektronik. 

Saat seseorang menikmati acara harian, seperti film, sinetron, berita, atau acara olahraga, iklan pasti akan muncul di berbagai stasiun televisi. Oleh karena itu, iklan elektronik adalah jenis iklan yang dipromosikan melalui berbagai media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet.

Pada era digital dan modern seperti sekarang, masyarakat sudah menggunakan berbagai media elektronik untuk memenuhi kebutuhan mereka akan hiburan dan informasi. 

Kini, kebutuhan tersebut bisa terpenuhi dengan mudah melalui media elektronik, seperti radio, televisi, hingga internet.

Hal ini pun menimbulkan perkembangan dalam dunia periklanan, seperti pemindahan dari media cetak ke media elektronik. 

Oleh karena itu, iklan elektronik adalah jenis iklan yang dipublikasikan melalui berbagai media elektronik, seperti radio, televisi, bahkan media lain yang bisa diakses melalui internet.

Contoh Iklan Elektronik

Berikut ini contoh iklan-iklan elektronik yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Iklan Marketplace di Televisi

Bagaimana dengan kamu yang suka menonton televisi? Mungkin sudah sering melihat iklan marketplace seperti si hijau atau si oranye. Iklan-iklan tersebut biasanya menggunakan warna-warna cerah, kata-kata persuasif yang singkat, dan musik yang meriah.

2. Iklan Video di YouTube

Iklan elektronik juga banyak ditemukan di YouTube, khususnya ketika kita menonton video. Iklan ini hampir serupa dengan iklan televisi, hanya saja ditayangkan di platform yang berbeda dengan format yang sedikit berbeda. Iklan di YouTube juga memiliki cakupan audiens yang lebih spesifik karena diprioritaskan berdasarkan algoritma.

3. Iklan Produk pada Marketplace Online

Pada marketplace online, iklan produk jug a banyak ditemui. Bentuknya mirip dengan produk yang dijual biasa, hanya saja dengan detail tambahan tentang promo yang membuat pengguna internet tertarik untuk mengklik iklan tersebut.

4. Iklan Produk pada Media Sosial

Media sosial seperti Instagram sering digunakan untuk beriklan oleh berbagai produk dan brand. Iklan mereka biasanya ditandai dengan label "bersponsor".

5. Iklan Jasa Melalui Radio

Meskipun karakteristiknya hanya sebatas suara atau audio, radio masih digemari banyak orang. Iklan radio juga sering didengar oleh audiens. Contohnya, iklan jasa seperti laundry atau pegadaian.

6. Iklan Produk melalui Radio

Media radio juga sering digunakan untuk memasarkan produk melalui audio. Walaupun begitu, membuat iklan produk berupa audio lebih sulit karena harus memberikan deskripsi sejelas mungkin tentang produk yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan audiens tidak dapat melihat produk tersebut dan hanya bisa membayangkan bentuknya.

7. Iklan Layanan Masyarakat pada Radio

Radio juga sering menyiarkan iklan layanan masyarakat (ILM) yang diproduksi oleh pemerintah atau lembaga tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi penting yang tidak berkaitan dengan kepentingan komersial. Contohnya seperti imbauan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

8. Iklan Banner pada Situs Media Online

Jenis iklan internet yang paling sering ditemukan adalah iklan berupa banner pada situs media online. Saat mengakses sebuah situs, tampilan iklan akan muncul dan jika diklik, akan mengarahkan kita ke halaman tertentu yang berkaitan dengan iklan tersebut.

9. Iklan melalui Email

Iklan elektronik jenis internet selanjutnya adalah iklan email atau email marketing. Yakni iklan berbentuk surat elektronik yang dikirimkan penyedia jasa atau produk ke email konsumen atau calon konsumen.

10. Iklan Luar Ruang

Meskipun tidak termasuk iklan radio, televisi, atau internet, ada iklan luar ruang yang termasuk iklan elektronik karena ditayangkan di media elektronik. Contohnya seperti billboard.

Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik

Ketentuan terkait pembuatan iklan ini sebenarnya sudah diatur dalam Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 5 Tahun 2020, yaitu:

  1. Dilarang menyebarkan informasi yang keliru, salah, dan tidak pantas terkait produk
  2. Tidak membohongi konsumen tentang kualitas, bahan, kuantitas, harga produk, fungsi, sampai ketepatan waktu produk yang diterima
  3. Dilarang membohongi garansi atau jaminan
  4. Harus memberikan informasi produk
  5. Menyediakan pilihan pada audiens untuk keluar dari tayangan iklan dengan menggunakan tanda tutup, lewati iklan atau tutup iklan.
  6. Harus ditempatkan dengan jelas agar konsumen bisa menutup iklan.
  7. Dilarang mengeksploitasi kejadian atau orang lain tanpa izin atau persetujuan dari orang lain yang bersangkutan.
  8. Untuk mereka yang melanggar aturan iklan diatas maka akan dikenakan sanksi administratif. Sanksi ini bisa berbentuk teguran tertulis, masuk dalam daftar hitam, sampai pencabutan izin usaha.

Pasal 47 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 sudah menjelaskan hal tersebut.

Di era saat hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan perangkat elektronik, maka sudah menjadi hal yang biasa jika iklan elektronik semakin populer. Ini karena iklan elektronik memungkinkan produk lebih dikenal oleh banyak orang.

Jenis Iklan Elektronik

Seperti dijelaskan sebelumnya, iklan elektronik dibagi menjadi tiga jenis. Yakni iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Berikut penjelasan selengkapny :

1. Iklan Radio

Iklan radio adalah iklan yang hanya bisa didengar melalui audio atau suara. Suara yang diterima dalam iklan termasuk kata-kata, musik, dan efek suara lain yang mendukung iklan tersebut.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang bisa dilihat dan didengar karena ditayangkan melalui televisi dalam bentuk audio visual. Kombinasi suara, gambar, dan gerak membuat iklan televisi menarik perhatian dan membuat audiens terkesan.

3. Iklan Internet

Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet dan memiliki karakteristik cepat dan interaktif. Bentuk iklan internet bisa berupa audio visual, hanya visual, atau hanya audio. Jaringan internet yang luas membuat iklan internet lebih mudah untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Ciri-ciri Iklan Media Elektronik

Menurut Nidaul Janah dalam bukunya "Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5", ciri-ciri iklan media elektronik antara lain:

  • Menyampaikan informasi dalam bentuk suara, gambar, dan/atau gerakan, yang bisa terdiri dari satu atau beberapa bentuk tersebut.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan persuasif, yang membujuk audiens untuk tertarik pada produk atau hal yang diiklankan.
  • Memiliki waktu yang singkat, sehingga isinya harus disampaikan secara singkat, padat, dan jelas.


Penutup

Dengan adanya berbagai macam media elektronik, para pengiklan dapat mempromosikan produk atau jasa mereka dengan lebih efektif. 

Dari iklan radio yang memberikan informasi hanya dengan suara, iklan televisi yang menyampaikan informasi dengan bentuk suara, gambar, maupun gerakan, hingga iklan internet yang mempermudah target audiens dan mempermudah pengiklan untuk menentukan target audiens. 

Semua contoh iklan elektronik tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat audiens tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, para pengiklan harus bisa memanfaatkan media elektronik dengan sebaik mungkin untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Contoh Iklan Elektronik Iklan Radio, Iklan Televisi dan Iklan Internet"