Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Televisi Adalah? Pengertian dan Manfaat Televisi



Bengkel Tv - Penemu Televisi Adalah" adalah salah satu topik yang sangat penting dan menarik bagi para pencari tahu. Televisi adalah salah satu inovasi terbesar dalam dunia hiburan dan komunikasi. Dalam artikel ini, kami akan mengungkap siapa yang menemukan televisi dan memberikan pengertian televisi secara lengkap, termasuk sejarah dan perkembangannya hingga saat ini.

Pengertian Televisi

Televisi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, berasal dari kata "tele" (jauh) dan "visi" (gambar). Secara sederhana, televisi adalah perangkat yang menampilkan gambar dan suara yang disiarkan dari jarak jauh.

Televisi adalah perangkat audio visual yang berguna untuk menyajikan informasi dan hiburan. Hasil tampilan audio visualnya berupa gambar bergerak dengan suara dan warna, sehingga menjadi perangkat yang menarik dan sering digunakan sebagai sarana hiburan saat waktu luang.

Ilmuwan Penemu Televisi

Riwayat televisi memang cukup panjang. Kata "televisi" sendiri merupakan gabungan dari "tele" yang berarti jarak jauh dan "vision" yang berarti penglihatan. 

Penemuan televisi ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada masa itu. Berkat penemuan gelombang elektromagnetik, radio, dan tabung sinar katoda, hingga akhirnya ditemukan televisi berwarna. 

Banyak nama ilmuwan yang berjasa, namun dalam sejarah televisi seringkali dikaitkan dengan John Logie Baird dan Philo Farnsworth.


1. Penemu Televisi Mekanik

Siapa penemu televisi mekanik? Penemu televisi mekanik pertama adalah John Logie Baird, seorang pria asal Skotlandia. Saat itu, Logie Baird fokus pada penelitian tentang gambar bergerak yang memiliki suara.

Menggunakan bahan-bahan sederhana, Logie Baird berhasil menciptakan televisor pertama dan memperagakan pertunjukan boneka pada tahun 1925.

Setelah pertunjukan boneka tersebut ditampilkan ke publik, Logie memamerkan penemuannya secara luas. Melalui inovasi yang terus berlanjut, pada tahun 1927, Logie berhasil mengirimkan suara dan gambar dalam jarak yang cukup jauh.

Dengan menggunakan kabel telepon, Logie Baird berhasil mengirim siaran dari London ke Glasgow yang berjarak 643 km.

Temuan Logie Baird mulai menarik perhatian publik. Meskipun masih memiliki banyak kekurangan, televisi mekanik memiliki arti penting bagi dunia teknologi.

Pada tahun 1929, BBC mulai menggunakan teknologi televisi yang dibuat oleh Logie Baird untuk menyiarkan program-program mereka.

2. Penemu Televisi Elektronik

Setelah ditemukannya televisi mekanik, teknologi berkembang pesat dan ditemukanlah televisi elektronik.

Philo Farnsworth adalah penemu TV elektronik pertama. Pada saat itu, Farnsworth menganggap bahwa televisi mekanik masih memiliki banyak kekurangan seperti kualitas gambar yang buruk dan lambat.

Pada 7 September 1927, Farnsworth berhasil menyiarkan tayangan perdana dari televisi elektroniknya. Kemudian pada tahun yang sama, penemuan itu juga diterima patennya.

Penemuan televisi elektronik, menjadi cikal bakal perkembangan TV modern yang kita kenal sekarang ini. Mulai dari yang semula hanya TV yang menampilkan gambar hitam putih, kemudian  menjadi TV berwarna. Hingga kemudian berkembang menjadi TV digital yang bisa kita nikmati sekarang.

Itu semua merupakan inovasi-inovasi yang dikembangkan dari penemuan televisi pada masa lampau yang diprakarsai oleh para ilmuwan tersebut.

Perkembangan Televisi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perkembangan televisi dimulai dari adanya televisi mekanik milik Baird, lalu televisi elektronik hasil eksperimen Farnsworth. Selanjutnya, TV yang bermula dari warna monokrom berkembang menjadi warna warni, sesuai objek asli. Bentuk televisi yang semula serupa tabung, semakin tipis saja, nih. Sekarang, TV tidak hanya dapat menayangkan siaran melalui satelit, tapi juga kamu dapat menikmati layanan TV kabel. 

Fungsi Televisi

Fungsi televisi pada dasarnya sama dengan fungsi media massa lain, yakni memberikan informasi, pendidikan, hiburan, dan persuasi. Namun, dengan perkembangan teknologi, televisi semakin terus berkembang dan mempermudah hidup manusia.

Akan tetapi berbagai fungsi televisi tersebut akhirnya terlalu condong ke fungsi hiburan. Di mana bisa terlihat hampir seluruh program televisi yang tayang merupakan konten untuk menghibur. Padahal, penonton televisi sangat beragam dari segi umurnya. Ada baiknya mungkin selain dapat menghibur, tayangan televisi tersebut juga ada unsur edukasinya. Dengan kata lain dibutuhkan porsi yang proporsional antara edukasi dan rekreasi.

Manfaat Televisi

1. Media Hiburan

Manfaat utama televisi adalah sebagai sumber hiburan, menyediakan berbagai macam tayangan seperti film, musik, berita, komedi, talkshow, dll. Manfaat hiburan ini menjadi prioritas pengembangan televisi daripada manfaat edukasi atau informasi.

2. Media Pendidikan

Manfaat televisi lainnya adalah sebagai media belajar. Meski tidak sepopuler manfaat hiburan, masih ada unsur pendidikan yang bisa ditemukan pada acara TV seperti edukasi tentang alam liar dan lingkungan, serta cara membuat sesuatu.

3. Relaksasi dan Menghilangkan Stres

Ketika sedang penat dengan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah, menonton televisi bisa jadi cara ampuh untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Ada banyak tayangan juga acara televisi yang menghibur kamu bisa pilih sesuai yang kamu sukai.

4. Agar Tidak Ketinggalan Informasi

Televisi memancarkan berbagai informasi tentang kejadian-kejadian dunia. Dari berita kriminal, bencana alam, tempat-tempat hiburan, gosip artis, dan banyak lagi. Ini tentu bermanfaat bagi kamu yang ingin tetap terupdate mengenai informasi umum.

5. Media bermain game dan menonton film atau DVD

Televisi adalah salah satu media untuk menonton film dan permainan. Perangkat seperti konsol game dan DVD player sering terhubung dengan layar televisi untuk kepentingan hiburan.

Cara Kerja Televisi

Setelah mengetahui apa itu televisi dan juga fungsinya. Selanjutnya kita juga akan membahas mengenai cara kerja televisi.

Adapun cara kerja televisi adalah:

  1. Pertama-tama, stasiun TV akan mengirimkan sinyal atau gelombang. Lalu gelombang ini akan diterima oleh antena.
  2. Di antena, gelombang yang diterima dari pemancar akan dialirkan melalui kabel yang terdapat pada TV.
  3. TV akan menerima lebih dari satu sinyal gelombang yang dikirim oleh berbagai stasiun televisi. Oleh karena itu, sinyal akan dipisahkan terlebih dahulu oleh komponen yang disebut tuner.
  4. Setelah itu, sinyal yang diterima dari pemancar akan diproses ulang oleh kamera TV. Sehingga akan muncul tiga warna utama di tabung katoda, yaitu merah, hijau, dan biru.
  5. Warna-warna tersebut kemudian akan diproses untuk menghasilkan output berupa gambar dan suara.
  6. Lalu output gambar akan ditampilkan pada layar. Dan suara akan dipancarkan oleh speaker. Sehingga kita bisa menikmati tayangan berupa gambar dan suara pada layar TV.

Karakteristik Televisi

TV menjadi alat elektronik yang penggunaannya tidak pernah lekang oleh masa. Meskipun banyak alat-alat elektronik baru bermunculan, namun peran televisi tetap penting bagi kehidupan masyarakat.

Sebagai piranti elektronik, TV juga memiliki karakteristik yang membedakannya dengan perangkat elektronik lainnya.

Beberapa karakteristik televisi adalah:

  1. Televisi adalah perangkat elektronik yang membantu pemirsanya memahami informasi melalui tayangan audio visual.
  2. Informasi diterjemahkan menjadi gambar dan suara sebelum ditayangkan.
  3. Televisi merupakan media masa dengan aliran informasi satu arah sebagai penyampai informasi.
  4. Informasi yang ditayangkan bersifat umum dan tidak bersifat pribadi.
  5. Tayangan hanya sekali saja dan tidak ada tayangan ulang.
  6. Semua pemirsa dapat menonton tayangan pada waktu yang sama.

Penutup

Penemu Televisi Adalah John Logie Baird adalah pionir dalam pembuatan televisi. Ia menemukan televisi pada tahun 1925 dan merupakan orang pertama yang berhasil mengirimkan siaran televisi dengan suara dan gambar.

Pengertian televisi secara lengkap adalah perangkat elektronik yang memungkinkan kita untuk menonton tayangan berupa gambar dan suara. Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dari stasiun televisi yang kemudian diteruskan melalui kabel menuju televisi. Setelah itu, sinyal tersebut diolah sehingga menjadi gambar dan suara yang dapat kita nikmati.

Dengan bantuannya, televisi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita seperti hiburan, informasi, pendidikan, dan lain-lain. Oleh karena itu, televisi menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Penemu Televisi Adalah? Pengertian dan Manfaat Televisi"