Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saran Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

Bengkel Tv - Walaupun TV kabel mulai berkembang dengan menawarkan berbagai kemudahan, penggunaan antena TV masih banyak dipilih. Khususnya di daerah-daerah pedesaan dimana antena TV dipilih karena dari segi biaya lebih murah dan pemasangannya lebih mudah. Jika kamu berada di daerah pegunungan, pastikan memilih antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan. Ini akan membuat antena lebih mudah dalam menangkap gelombang saluran televisi.

Harga antena TV untuk daerah susah sinyal tidak berbeda jauh dengan antena pada umumnya. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik dengan harga yang lebih murah. Konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas yang ada di toko agar tidak salah dalam memilih antena. Semakin berkualitas, akan membuat tayangan televisi semakin jernih.

Ciri-Ciri Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, antena TV yang bagus itu memiliki tingkat penangkapan gelombang saluran TV yang tinggi sehingga dapat menghasilkan saluran TV yang juga berkualitas. Lalu seperti apa tingkat penangkapan gelombang itu dan seperti apa antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan? Berikut ciri-ciri merk antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan.

1. Jenis Antena YAGI

Antena jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan antena YAGI bersifat satu arah. Jadi sinyal yang diterima menjadi lebih kuat dan cepat. Selain itu, antena ini juga dinilai sangat cocok untuk daerah yang kesulitan menerima sinyal, mulai dari sinyal yang sangat lemah.

Antena YAGI memiliki beberapa bagian, seperti driver, director, dan reflector. Jika Anda ingin membeli antena YAGI, pastikan untuk memilih yang memiliki jumlah director paling banyak. Hal ini akan meningkatkan daya penangkapan sinyal sehingga menjadi lebih kuat.

2. Terbuat Dari Bahan Aluminium yang Berkualitas

Bahan pembuat antena TV yang paling banyak digunakan adalah logam aluminium. Logam aluminium biasanya digunakan pada bagian penerima antena. Aluminium memiliki sifat penghantar sinyal yang baik atau yang juga disebut sebagai konduktor RF.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih antena TV dengan bahan aluminium yang tebal dan berkualitas. Pastikan juga memilih aluminium yang tahan dan anti karat. Sehingga antena TV Anda akan lebih tahan lama.

3. Jenis Antena Outdoor

Kebanyakan orang memilih antena TV indoor karena dianggap lebih praktis dan mudah dipasang. Namun bagi Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi seperti pegunungan, antena TV indoor ini tidak cocok. Karena antena TV indoor sangat sulit menangkap sinyal yang ada, terutama di daerah pegunungan. Oleh karena itu, pilihlah antena outdoor untuk mendapatkan sinyal yang kuat dan maksimal.

4. Memiliki Booster Penguat Sinyal

Antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan memiliki sistem penangkap sinyal yang baik juga. Oleh karena itu, pilihlah antena TV yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal di dalamnya. Saat ini sudah ada antena TV yang memiliki sistem booster built-in (terintegrasi di dalamnya). Sehingga Anda tidak perlu lagi membeli booster penguat sinyal saat membeli antena TV.

5. Dapat Dipasang Tinggi dan Kokoh

Untuk mendapatkan sinyal di daerah pegunungan secara maksimal, pemasangan antena TV outdoor juga harus diperhatikan. Antena TV harus dipasang pada ketinggian yang cukup tinggi dan juga kuat terhadap terpaan angin. Karena semakin tinggi antena TV dipasang, semakin baik pula sinyal gelombang saluran TV yang diterima.


Saran Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

1. Antena Toyosaki tipe AIO220

Toyosaki adalah salah satu merek antena TV yang mulai banyak digunakan, terutama oleh pengguna TV digital. Namun, antena ini tidak hanya digunakan untuk TV digital saja, TV analog juga dapat memakainya.

Antena Toyosak AIO220 beroperasi di frekuensi UHF mulai dari 70MHz hingga 860MHz. Ini sangat cocok dipakai untuk menerima siaran TV UHF yang ada di Indonesia, baik digital maupun analog.

Hanya saja, sayangnya antena ini tidak memiliki banyak elemen konduktor sebagai penerima sinyal RF TV. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena di dalam antena yang berbentuk kotak ini sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal UHF. Sehingga, meskipun tidak memiliki banyak elemen konduktor penerima sinyal RF, namun daya tangkapnya cukup baik berkat adanya booster tersebut.

Harga : Rp.135.000

2. Antena Nagoya remot 850

Berikutnya adalah admin merekomendasikan antena Nagoya remot 850 yang dapat berputar 360 derajat. Anda dapat mengatur arah antena untuk mendapatkan posisi yang tepat sehingga bisa menerima sinyal dengan maksimal. Sama seperti antena Toyosaki 220, antena remot ini juga sudah dilengkapi dengan booster sebagai penguat sinyal RF yang terletak pada antena.

Harga : Rp.162.000

3. Antena Arashi 1003

Antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan berikutnya adalah Arashi 1003. Selain bisa digunakan untuk dalam ruangan, antena ini juga dapat dipasang di luar ruangan. Desainnya cukup kuat untuk digunakan di luar ruangan yang panas dan terkena air hujan. Selain itu, antena ini juga sudah dilengkapi dengan built-in booster RF amplifier yang dapat meningkatkan sinyal yang lemah.

Harga : Rp.130.000

4. Antena Intra INT 555DGT

Ini adalah termasuk jenis antena YAGI yang memiliki elemen konduktor penerima sinyal yang cukup banyak, sehingga dapat meningkatkan gain sinyal. Kelebihan lain dari antena ini adalah dapat diputar menggunakan remote. Ini sangat cocok digunakan untuk daerah pegunungan agar dapat mencari arah antena yang tepat.

Harga : Rp.140.000

5. Antena Sanex WA-950TG

Masih dari jenis antena YAGI, rekomendasi selanjutnya adalah antena merk Sanex dengan tipe WA-950TG. Kualitasnya sama seperti jenis antena sebelumnya yang meningkatkan sinyal UHF hingga 15dB. Teknologi remote untuk mengatur arah antena juga disematkan pada antena jenis Sanex ini. Selain itu, antena ini juga sudah dilengkapi dengan penguat sinyal yang terletak pada bagian atas antena yang menyatu dengan dinamo.

Harga : Rp.100.000

6. Antena PX DA 5120

Ini adalah jenis antena indoor/outdoor yang sudah dilengkapi dengan booster untuk menguatkan sinyal TV UHF. Antena jenis ini bisa digunakan untuk TV digital maupun TV analog. Dengan kemampuan penguatan sinyal yang dimiliki oleh booster di dalamnya, antena ini cocok digunakan untuk daerah yang kesulitan menerima siaran TV, seperti di pegunungan atau daerah pelosok terpencil.

Harga : Rp.132.000

7. Antena PF HD-U25

Kalau antena yang satu ini memiliki desain antena YAGI dengan susunan elemen director dan reflektor yang cukup banyak. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya penerimaan sinyal RF pemancar televisi. Meskipun tidak dilengkapi dengan booster, namun daya penguatan yang bisa dilakukan oleh antena PF ini cukup besar. Untuk hasil yang lebih baik lagi, Anda bisa membeli booster penguat sinyal secara terpisah.

Harga : Rp.165.000

8. Antena AOKI AT3000

Antena AOKI ini sering digunakan untuk menerima siaran TV digital indoor. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk outdoor agar daya tangkapnya menjadi lebih baik. Dilengkapi dengan RF amplifier yang terletak di dalam body antena berbentuk kotak hitam, AOKI AT3000 ini cocok digunakan untuk lokasi yang ada di daerah pegunungan.

Harga : Rp.108.000


Demikian ulasan mengenai Saran Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan, semoga bisa bermanfaat buat kalian serta bisa menambah wawasan ya. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Saran Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan"