Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Splitter Antena TV

 Artikel kali ini kita akan membahas cara membuat splitter antena tv yang sederhana dengan menggunakan komponen yang mudah didapatkan. Splitter antena tv merupakan sebuah komponen atau rangkaian elektronika yang berfungsi untuk membagi sinyal frekuensi tinggi. Komponen ini digunakan ketika ingin menyalurkan sinyal dari satu antena tv ke beberapa perangkat tv.

Seperti kita ketahui sekarang ini hampir disetiap rumah terdapat lebih dari satu buah perangkat televisi. Bahkan tidak jarang tiap kamar telah dilengkapi dengan tv masing masing. Jika tiap tv menggunakan antena sendiri sendiri maka akan terlihat kurang bagus karena akan tampak banyak antena dalam satu rumah. karena itu dibutuhkan splitter untuk membagi sinyal tv. Sehingga dengan cukup menggunakan satu antena tv dapat melayani beberapa tv sekaligus.

Cara membuat splitter antena sendiri

Tidak jarang orang langsung memasang secara paralel satu antena untuk masing-masing televisi yang ada. Cara memasang seperti ini akan menghasilkan perubahan impedansi antena yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Gambar yang dihasilkan akan nampak lebih buruk karena penerimaan sinyal yang jelek.

Membuat Splitter Antena Tv Sendiri

Cara terbaik untuk membagi sinyal antena tv adalah dengan menggunakan splitter sinyal. Kita bisa membuat sendiri splitter sinyal sederhana hanya dengan menggunakan beberapa komponen elektronika yang murah. Prinsip kerja splitter tv ini yang akan kita buat ini adalah dengan cara membagi sinyal dari antena tanpa harus merubah impedansi antena yang sebesar 75 Ohm.

Cara membuat rangkaian splitter antena tv sendiri untuk membagi sinyal antena dengan impedansi yang sama tidak terlalu sulit. Kita cukup merangkai beberapa resistor dan kapasitor pada kabel antena tv. Gambar dibawah ini adalah contoh bentuk rangkaian splitter sederhana yang bisa dibuat sendiri.

Jenis splitter yang kita buat hanya bertindak untuk membagi sinyal frekuensi yang berasal dari antena tanpa dilakukan penguatan. Karena itu disarankan untuk tidak menggunakan kabel antena yang panjang karena akan meredam kekuatan sinyal. Berbeda dengan splitter buatan pabrik yang dijual di toko elektronika yang sudah dilengkapi dengan penguat sinyal. Sehingga bisa digunakan untuk rangkaian kabel yang panjang.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Splitter Antena TV"