Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang

 Jika nex parabola and mengalami kerusakan berupa kehilangan sinyal atau siaran, sebaiknya anda coba dulu untuk berusaha mengatasinya sendiri. Saya akan memberikan panduan pada anda bagaimana cara mencari siaran nex parabola yang tiba tiba hilang. 

Sebelum menganalisa penyebab kerusakan nex parabola yang siarannya hilang, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencoba scan ulang frekuensi satelit nex parabola. Periksa juga settingan receiver nex parabola apakah ada yang berubah atau tidak. Biasanya dengan melakukan scan ulang frekuensi nex parabola dan memperbaiki settingan receiver sudah biasa mengembalikan siaran tv yang hilang.

cara mencari siaran nex parabola yang hilang

Jika sudah menscan ulang frekuensi namun tetap saja tidak bisa mengembalikan siaran tv yang hilang, berarti kemungkinan ada komponen parabola yang mengalami gangguan / kerusakan. Selanjutnya kita harus memeriksa tiap komponen parabola satu persatu.

Penyebab dan cara mencari siaran nex parabola yang hilang

Agar bisa mencari siaran tv nex parabola yang hilang, kita perlu tahu dulu penyebab hilangnya siaran tv tersebut. Kemudian kita bisa memperbaiki penyebab  masalah hilang sinyal tersebut. Selanjutnya kita bisa melakukan pencarian siaran yang hilang dengan mudah.

Berikut ini beberapa penyebab siaran nex parabola hilang dan cara memperbaikinya :

Kabel dan konektor bermasalah

Periksa kabel antena parabola yang anda gunakan. Kabel yang sudah berusia lama biasanya sudah karat dan lapuk sehingga mudah sekali putus. Jika kondisi kabel sudah tidak layak sebaiknya diganti dengan yang baru.

Cek juga sambungan konektor kabel pada receiver dan lnb parabola apakah masih terpasang dengan benar. Coba lepas dulu sambungan konektor kemudian pasang kembali untuk memastikan sambungan terpasang dengan kuat.

Jika anda punya multimeter, coba lakukan pengukuran pada kabel antena. Pastikan tidak ada hubungan singkat antara kabel serabut dan kabel kawat tinggal . Cek juga apakah kabel tidak putus ditengah dengan cara mengukur hambatan kabel dengan multimeter.

Switch rusak

Jika anda memasang parabola dengan lebih dari satu lnb, pasti akan menggunakan switch untuk mengatur transmisi sinyal parabola ke receiver. Komponen ini biasanya ditempatkan di luar dekat lnb karena itu sering mengalami kerusakan akibat cuaca.

Kerusakan pada switch parabola dapat menyebabkan receiver tidak bisa menerima sinyal. Akibatnya, siaran nex parabola akan hilang semua. 

Lepas dulu switch, kemudian hubungkan kabel antena secara langsung ke lnb yang digunakan untuk menerima sinyal nex parabola. Kemudian lihat apakah siaran nex parabola sudah kembali atau belum. Jika siaran nex parabola bisa kembali maka bisa dipastikan switch parabola anda mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

LNB parabola lemah

LNB parabola berfungsi untuk menerima sinyal satelit yang dipantulkan oleh dish parabola. Jika komponen ini rusak maka sinyal parabola yang ditangkap tidak dapat diteruskan ke receiver. Akibatnya semua siaran nex parabola pun hilang.

Untuk mengecek apakah lnb masih berfungsi atau tidak , caranya adalah  menggantinya dengan lnb yang masih normal. Perhatikan cara pasangnya harus sesuai dengan posisi lnb sebelumnya. Perhatikan, bila setelah diganti dengan lnb yang baru dan siaran bisa muncul kembali, maka dipastikan lnb lama anda sudah lemah atau rusak.

Arah dish parabola berubah

Posisi arah dish bisa saja berubah oleh angin apapun. Dan ini dapat mengakibatkan nex parabola tidak ada sinyal. Karena sinyal dari satelit tidak mampu ditangkap dengan baik oleh antena parabola. Meskipun melenceng sedikit saja arah dish parabola, maka sinyal bisa hilang sama sekali.

Perlu anda ketahui, saat ini nex parabola sudah memindahkan frekuensi siarannya ke satelit telkom 4 dari sebelumnya di satelit palapa d. Karena itu jika parabola anda masih mengarah ke satelit palapa d maka anda harus mengubah arah parabola menuju ke satelit telkom 4.

Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan pointing ulang arah dish parabola. Anda harus menggeser arah dish parabola sambil melihat indikator kualitas sinyal. Ubah ubah arah dish secara perlahan sampai didapatkan kembali level kualitas sinyal yang maksimal.

Jika berhasil mendapatkan kembali kualitas sinyal nex parabola, biasanya siaran tv yang hilang tanda sudah bisa kembali lagi.

Frekuensi siaran berubah

Karena alasan tertentu, terkadang provider layanan tv satelit berbayar mengubah frekuensi siarannya. Jika ini terjadi maka secara otomatis frekuensi siaran yang sebelumnya akan ditutup. Dampaknya adalah siaran akan hilang di receiver nex parabola anda.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya kita cukup melakukan scan ulang frekuensi satelit agar tidak repot repot mencari frekuensi terbaru nex parabola. Caranya adalah anda masuk ke pengaturan instalasi, kemudian pilih satelit telkom 4 / SES 9. Berikutnya tekan tombol biru untuk menscan secar menyeluruh frekuensi yang ada di telkom 4 termasuk frekuensi nex parabola.

Reciver error

Meskipun jarang terjadi, kerusakan tidak ada siaran juga terkadang bisa disebabkan karena receiver anda error atau rusak. Coba lakukan update software terbaru nex parabola lewat online atau offline. Anda bisa melihat buku petunjuk acar update software receiver nex parabola.

Hati hati ketika mengupdate software jangan sampai terjadi pemadaman listrik di tengah update sedang berjalan karena dapat menyebabkan kerusakan pada receiver anda.

Demikian panduan cara mencari siaran nex parabola yang tiba tiba hilang tanpa sebab yang jelas. Meskipun sebenarnya ada penyebabnya. Semoga bisa membantu.

1 komentar untuk "Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang"

  1. Siaranya pernah terhapus sudah di scan tpi siaran seperti nickledeon n kix serta siaran lainya tdk muncul kembali

    BalasHapus