Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Regulator Tv Polytron Drop, Ini Penyebabnya

Regulator tv Polytron drop merupakan salah satu jenis kerusakan umum pada tv Polytron dan tv tabung lainnya. Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan tegangan drop sehingga tv tidak mau menyala alias gagal start. Apa sih penyebab pastinya ? Di artikel ini kita akan membahasnya.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi kerusakan tv polytron yang tegangannya drop semua. Mungkin saja bisa menjadi inspirasi bagi sobat teknisi yang menemui kendala kerusakan tv  yang sama. Tv yang saya tangani ini adalah jenis polytron minimax tabung biasa 21". 

Secara umum regulator tv polytron memiliki kesamaan di semua tipe. Jadi mungkin solusi ini bisa diterapkan pada tipe tv polytron yang lain. Misalnya pada jenis regulator tv polytron slim 21".

Penyebab utama dari gejala kerusakan tegangan tv drop bisa dikelompokkan menjadi dua macam berdasarkan letak blok rangkaiannya. Yang pertama adalah terjadi kerusakan pada bagian sekunder regulator dan yang kedua adalah bagian primer regulator. Dan ini tentu akan melibatkan banyak komponen.

Regulator tv polytron drop

Pemeriksaan Awal Regulator Polytron

Rangkaian regulator tv polytron ini cukup unik dan tidak jarang membuat bingung para teknisi ketika menemui kerusakan pada blok rangkaian ini. Dimana untuk efisiensi daya listrik, polytron menggunakan sistem penurunan tegangan saat standby. Jadi pemakaian daya listrik bisa dihemat meskipun colokan masih terpasang.

Baik langsung saja saya ceritakan pengalaman saya memperbaiki tegangan regulator tv drop. Langkah awal tentu saja saya bongkar dulu casing tv polytron ini. Dan seperti biasa, saya bersihkan semua debu dan kotoran yang ada pada pcb mesin tv. Sehingga bisa mengamati setiap blok rangkaian dan komponen di dalamnya. Mungkin saja ada kelainan pada bentuk komponennya. Namun setelah diamati cukup lama ternyata tidak ditemukan komponen yang berubah bentuk, seperti gosong atau jebol.

Berikutnya saya coba pasang steker / colokan listrik untuk mengukur tegangan yang dihasilkan oleh regulator tv ini. Setelah mesin dialiri sumber listrik , saya ukur semua tegangan output yang ada pada sekunder trafo switching. Sepertinya terdengar bunyi trafo switching berderit sedikit pada tv polytron ini. Ini sih pasti ada kelainan pada regulator tv tabung ini.

Ternyata semua tegangan tv polytron ini drop, dimana tegangan 5 Volt yang mensupplai ic program saja turun hingga 3 volt. Tegangan yang lainnya pada regulator polytron ini pun terukur drop sangat jauh. Tegangan yang seharusnya 14 volt hanya terukur 2 volt saja. 

Pada kasus lain, saya pernah menemui kerusakan tv polytron dengan gejala regulator drop namun disertai dengan tegangan berdenyut. Namun pada kasus ini tidak ada gejala tegangan berdenyut denyut / naik turun.

Rupanya Ini Penyebab Regulator Tv Polytron Drop

Saya coba lepas dulu jalur B+ yang menuju ke trafo flyback. Mungkin saja regulator drop ini karena bagian horizontal yang rusak. Setelah jalur dilepas dan tegangan diukur kembali, ternyata masih juga drop. Kalau seperti ini sih kemungkinan sirkuit regulator yang belum bekerja dengan  benar.

Berikutnya saya matikan dulu aliran listriknya, kemudian mengukur dioda penyearah pada sekunder trafo regulator mengunakan multimeter. Ternyata masih terukur normal semua.

Setelah dianalisa lebih lanjut, saya curiga pada elco yang ada di tegangan output regulator, terutama elco yang berada di tegangan 14v, karena di tegangan ini yang penurunannya sangat mencolok. Tegangan ini selain untuk mensupplai beberapa blok rangkaian di mesin tv, juga digunakan sebagai tegangan referensi optocoupler. 

Kita tahu optocoupler ini berfungsi untuk mengatur agar tegangan yang dihasilkan oleh regulator tv bisa stabil dan sesuai dengan kebutuhan. Jika komponen ini tidak mendapat tegangan referensi yang sesuai, maka bisa berpengaruh pada hasil tegangan output regulator. Bisa saja tegangan kurang atau bahkan naik.

Langsung saja dilakukan pergantian elco pada tegangan output tv polytron 14v ini. Mudah mudahan pergantian elco ini bisa mengatasi kerusakan tv polytron minimax 123 ini dengan cepat.

Sekarang coba saya beri aliran listrik lagi mesin tv polytron ini untuk mengetahui tegangan yang dikeluarkan regulatornya. Saya ukur satu persatu tiap tegangan output, dan ternyata tegangannya mau naik. Tegangan  5v untuk ic program sudah bisa naik normal. Begitu juga tegangan regulator yang lainnya sudah normal kembali. Tegangan 14 Volt saat standby kini bisa naik menjadi sekitar 10 volt.

Langsung saya pasang kembali jalur B+ untuk horizontal yang tadi diputus. Dan coba tes ulang dengan menyalakan tv menggunakan remote. Tv polytron tabung 21" minimax yang mengalami kerusakan regulator drop ini kini berhasil normal kembali.

Rupanya elco filter untuk tegangan regulator 14 volt yang menjadi penyebab kerusakan tv ini. Langkah selanjutnya tinggal memasang kembali casing tv dan menyerahkan ke pemiliknya.

Demikian pengalaman saya tentang mengatasi regulator tv polytron drop yang disebabkan oleh sistem pengendali tegangan regulator yang tidak berfungsi dengan normal. Kerusakan ini terjadi karena elco filter tegangan yang sudah kering sehingga tidak mempu memasok kebutuhan tegangan referensi untuk ic optocoupler. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Regulator Tv Polytron Drop, Ini Penyebabnya"

  1. Kalau tegangan output sekunder semuanya ok, tp +12V nya aja yg drop mjadi 7volt kira" knpa lur?

    BalasHapus