Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tv Polytron Gambar Setengah Ke Bawah Ternyata Ini Penyebabnya

 Halo sobat teknisi, kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki kerusakan tv polytron gambar hanya setengah ke bawah. Sekilas saya berpikir, jangan jangan ini kerusakan yang cukup rumit karena pasti disebabkan komponen yang setengah short. 

Biasanya kerusakan akibat komponen yang sudah mau mati atau setengah short, ditandai dengan gejala gambar tv tidak normal. Berbeda kalau penyebabnya karena komponen yang memang sudah jebol, gambarnya pasti sudah hilang alias gelap. Kalau pun ada mungkin hanya berupa garis mendatar saja.

Menurut pemilik tv, kerusakan tv ini yang hanya menampilkan gambar setengah ke bawah terjadi dengan tiba tiba saja tanpa diawali dengan tanda tanda tidak normal. Langsung saja saya coba hidupkan tv Polytron ini, dan memang tampilan gambar hanya setengah saja.

tv polytron gambar setengah kebawah

Dugaan awal, ini yang pasti terjadi kerusakan pada sirkuit vertikalnya. Sirkuit vertikal tidak bekerja dengan benar. Karena masih nampak ada tampilan gambar walaupun cuma setengah, saya perkirakan bukan ic vertikal yang menjadi biang keroknya. Bisa jadi ada komponen pendukung ic vertikal yang sudah mati atau setidaknya setengah mati.

Pembongkaran Dimulai

Tidak menunggu lama, tv langsung saya eksekusi dengan tentunya terlebih dulu membongkar casingnya untuk melihat bagian dalam dari mesin tv. Seperti biasanya, pemandangan yang saya temui ketika membuka tutup  / casing tv adalah mesin tv yang berselimut debu dan kotoran serta bekas sarang laba laba.

Agar memudahkan dalam proses pemeriksaan, debu dan semua kotoran yang menempel pada mesin, terutama pada jalur pcb saya bersihkan dulu. Perlu sobat ketahui, tv Polytron yang saya perbaiki ini adalah tipe slim dengan ic vertikal LA 78141. Lumayan banyak juga yang memiliki tv Polytron jenis.ini.

Berikutnya saya coba perhatikan kondisi komponen mesin tv Polytron untuk mencari apakah ada komponen yang bentuknya aneh tidak sesuai standar. Terutama komponen elco yang sering sekali mengalami kerusakan. Elco yang sudah rusak biasanya diperlihatkan degan bentuknya yang cembung pada bagian sisi atasnya. Kalau menemukan elco seperti ini pada vertikal lebih baik diganti saja.

Setelah lama diperhatikan , sepertinya kondisi elco dan semua komponen lainnya terlihat bai baik saja. Selanjutnya saya coba balik mesin tv untuk melihat kondisi jalur pcb dan solderan kaki komponen. Terlihat ada tanda gosong disekitar ic vertikal. Ini biasa ditemukan, apalagi pada tv dengan ukuran layar 21" dan jenis tabung slim. 

Karena daya untuk menghasilkan sinyal defleksi vertikal pada tabung slim cukup tinggi. Sehingga ic vertikal bekerja dengan cukup keras dan mengakibatkan panas yang sedikit membakar pcb. Apalagi pada jenis tv cina, sudah pasti bentuk pcb di bagian vertikalnya biasanya sudah tidak karuan karean panas ini.

Oke, lanjut memeriksa kondisi solderan dan jalur pcb di sekitar sirkuit vertikal. Setelah diperhatikan agak lama, saya ragu degan kondisi solderan pada kaki ic vertikal yang terlihat agak rapuh. Tidak menunggu lama, saya lakukan solder ulang pada kaki ic vertikal dan juga pada kaki komponen lainnya di sekitar blok vertikal.

Pengetesan Pertama

Setelah dilakukan penyolderan ulang pada blok vertikal, saya coba tes dulu apakah kerusakan sudah bisa diatas atau belum. Langsung saya nyalakan tv, dan ternyata tv berhasil menyala dengan tampilan gambar penuh. Namun saya perhatikan pada bagian sisi atas gambar terdapat garis garis tips mendatar.

Kalau ini sih biasanya elco 100uf/50V yang sudah agak kering cairan elektrolit di dalamnya. Pergantian elco pun dilakukan dengan yang masih baru. Elco ini merupakan elko bypass yang bertugas untuk membantu dioda pump.

Coba nyalakan lagi tv Polytron u slim ini dan hasilnya gambar tv cling full tanpa ada tampilan yang tidak normal seperti garis garis . Berikutnya casing saya tutup kembali setelah memastikan tidak ada lagi komponen yang mencurigakan.

Itulah pengalaman saya ketika memperbaiki gejala kerusakan tv Polytron gambar setengah ke bawah. Ternyata penyebabnya cukup sepele, yaitu hanya solderan kaki ic vertikal yang kurang kuat menempel. Mungkin akibat dari pemanasan yang berlebih sehingga solderan menjadi rapuh.

Posting Komentar untuk "Tv Polytron Gambar Setengah Ke Bawah Ternyata Ini Penyebabnya"