Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Memperbaiki Tv Led Bergaris Vertikal

 Tv led dengan gejala kerusakan bergaris vertikal warna warni sering dialami terutama tv yang sudah berusia lama. Karena seiring dengan pemakaian tiap hari komponen di dalam tv dapat mengalami penurunan fungsi bhakan kerusakan. Penyebab kerusakan yang terjadi bisa karena blok rangkaian Tcon yang tidak bekerja normal atau kadang kerusakan terjadi pada panel layarnya.

Banyak teknisi secara mudah menganggap kerusakn tv led bergaris vertikal karena panel layar yang sudah tidak rusak. Akibatnya megharuskan pergantian panel layar dengan yang baru sebagai solusinya. Sedangkan kita tahu harga panel monitor tidak murah, hampir menedekati harga baru tv led itu sendiri.

Meskipun tidak menutup kemungkinan kerusakan pada panel layar menjadi penyebab gambar tv led garis vertikal saja, namun tidak ada salahnya kita coba untuk memeriksa beberapa bagian lainnya lebih dulu. Sebelum kita menvonis kerusakan terjadi pada panelnya.

Tv led bergaris vertikal


Penyebab TV Led Bergaris Vertikal

Kerusakan tv led seperti ini bisa dilihat secara kasat mata ditandai dengan tampilan gambar tv yang hanya berupa garis garis yang terbentuk secara vertikal pada sebagian layar tv maupun full. Karena adanya garis garis tersebut, gambar tayangan tv tidak muncul sama sekali.

Apa saja penyebab yang mungkin bisa mengakibatkan kerusakan tv berupa garis garis vertikal ? Berikut ini beberapa bagian yang perlu diperiksa.

IC COF Bermasalah

IC COF terletak pada kabel fleksibel yang terhubung dengan panel layar tv. Kerusakan pada IC ini sering menimbulkan gangguan pada tampilan gambar pada layar. Penyebabnya bisa karena kondisi IC yang sudah jebol atau sambungan kaki IC pada kabel yang kurang baik akibat korosi.

Pada beberapa kasus kerusakan yang disebabkan karena kondisi sambungan kakai IC COF yang tidak kuat, dapat diatasi dengan memanasi IC menggunakan blower pemanas. Sehingga diharapkan solderan pada kaki kakinya dapat kembali menjadi erat.

Cara diatas sering berhasil memperbaiki kerusakan tv led dengan tampilan bergaris vertikal. Sehingga kita tidak perlu melakukan pergantian panel layar yang harganya mahal.

Untuk melakukan perbaikan pada IC COF kita harus membongkar tv lebih dulu untuk memeriksa bagian mesin tv yang terletak di dalam body tv. Hati hati dalam membongkar kerangka tv karena sangat rapuh. Tidak seperti tv tabung yang memiliki kerangka body yang cukup kuat dan relatif minim resiko. 

Posisikan tv led pada permukaan yang haluis dan rata untuk menghindari tekanan dan benturan pada panel layar tv. Karena bentuk panel sangat tipis dan mudah retak terkena benturan ataupun tekanan dari kerikil.

TCON Tidak Bekerja Normal

Secara umum fungsi TCon adalah untuk membantu pembentukan gambar pada panel layar tv. Kegagalan fungsi TCon dalam berakibat pada gangguan gambar yang tidak muncul atau gejala lain yang berkaitan dengan tampilan gambar.

Periksa kondisi rangkaian TCon untuk melihat apakah ada kelainan yang tampak kasat mata pada tiap komponennya. Perhatikan juga kondisi solderan dan soket soket yang terhubung untuk memastikan masih tersambung dengan kuat.

Ukur tiap tegangan yang masuk dan keluar dari blok rangkaian TCon. Usahakan semua tegangan yang ada terukur dalam level yang normal. Bila ada tegangan yang drop, periksa jalur dan komponen yang menyebabkan tegangan drop. Kemungkinan bisa terjadi karena ada komponen yang sudah jebol sehingga sedikit terjadi hubungan singkat yang menyebabkan tegangan drop.

Panel Layar Rusak

Bila sudah dilakukan pemeriksaan dan memastikan Tcon dan IC COF sudah berfungsi dengan normal namun gejala kerusakan masih belum teratasi, keungkinan yang terakhir adalah kerusakan pada panel layar tv. Biasanya kita tidak bisa memperbaiki kerusakan pada panel layar dengan mudah karena membutuhkan peralatan khusus. Sehingga mau tidak mau solusinya adalah dengan mengganti panel dengan yang baru dan sesuai.
 

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Memperbaiki Tv Led Bergaris Vertikal"