Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pendidikan Program Guru Penggerak




Program guru penggerak bertujuan agar menyiapkan calon pemimpin pendidikan di indonesia masa mendatang, yang mampu untuk mendorong tumnuh kembang murid secara aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya buat mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Buat mencapai tujuan tersebut program pendidikan guru penggerak (PPGP) di jalannkan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional.


Kompetensi itu di tuangkan ke dalam tiga paket modul yaitu : paradigma,visi guru penggerak praktik pembelajaran yang berpihak pada siswa dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Program pendidikan guru penggerak ini di jalankan selama sembilan bulan yang terdiri dari : kelas daring,lokakarya,dan pendampingan. Proses pendidikan guru penggerak mengedepankan coaching dan onthejob training, yang artinya selama belajar guru akan tetap menjalankan perannya di sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran kelas.


Di dalam proses pelaksanaan PPGP, calon guru penggerak akan sering di ajak buat merefleksikan praktik pembelajaran yang sudah di jalankan dan berdiskusi serta berkolaborasi dengan sesama calon guru penggerak atau komunitas lainnya. Keseluruhan pengalam belajar tersebut akan di ramu dalam siklus MERRDEKA, yang di awali dengan diri sendiri terus di lanjutkan  dengan eksplorasi konsep, dan di harapkan model pembelajaran berbasis pengalaman seperti ini dapat mewjudkaan guru dan siswa yang merdeka selama hidupnya.


Modul program pendidikan guru penggerak:


Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak


-Modul 1 . 1 Refleksi filosofis pendidikan nasional - KLIK

-Modul 1 . 2 Nila dan peran guru penggerak - KLIK

-Modul 1 . 3 Visi Guru Penggerak - KLIK

-Modul 1 . 4 Budaya Positif - KLIK 


Modul 2 Praktik Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid


-Modul 2 . 1 Pembelajaran Berdieferensiasi - KLIK

-Modul 2 . 2 Pembelajaran Sosial dan Emosional - KLIK

-Modul 2. 3 Coaching - KLIK



Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Modul Pendidikan Program Guru Penggerak"