Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Mau Start

 Kendala kerusakan yang sering dialami tv polytron yang sudah berusia lama adalah tidak mau start. Ketika tombol power pada remot ditekan, tv tidak mau merespon. Kebanyakan teknisi biasanya menganalisa gejala kerusakan tv seperti ini adalah protek standby. 

Cirinya adalah lampu power indikator yang terdapat pada bagian depan tv masih bisa menyala namun tv polytron standby terus tidak mau hidup. Ini bisa terjadi buka hanya pada tv polytron jenis tabung biasa, namun juga bisa menimpa pada tv polytron tabung slim juga.

tv polytron tidak mau start

Cara mengatasi gejala kerusakan seperti ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Biasanya kendala terjadi karena ada kerusakan komponen elco yang sudah kering atau transistor horizontal yang terbakar atau short. Namun untuk memastikannya kita tentu harus membuka dan memeriksa tiap bagian pada mesin tv polytron tersebut.

Tv polytron protek standby

Pemeriksaan awal tv polytron yang tidak mau start adalah dengan melihat apakah lampu indikator power pada tv masih bisa menyala atau tidak. Jika masih bisa menyala / hidup berarti kemungkinan regulator tegangan masih aman. Bisa jadi tv polytron tidak mau hidup tersebut karena sistem protek aktif. 

Sementara jika lampu power tidak menyala, maka bisa dipastikan bagian regulator tegangan tv belum bekerja. Bisa jadi ada komponen yang mati atau aliran listrik belum terhubung ke sirkuit regulator.

Di artikel ini kita akan membahas kerusakan tv polytron dalam kondisi protek standby. Jadi harus dipastikan lampu indikatornya masih bisa menyala normal / tidak berdenyut.

Cek komponen elco

Komponen elco pada bagian vertikal dan regulator yang sudah kering sering sekali menyebabkan sistem protek bekerja. Akibatnya tv tidak mau start ketika dinyalakan karena kebutuhan tegangan untuk bagian bagian tersebut tidak terpenuhi dengan baik.

Periksa semua elco pada bagian sekunder trafo regulator untuk melihat apakah ada kelainan bentuk atau tidak. Ganti elco yang terlihat sudah cembung di bagian atasnya, karena itu menandakan elco tersebut sudah jebol / rusak.

Ganti elco protek yang ada di bagian vertikal, yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal listrik ke sistem protek di ic program. Biasanya nilai elco ini sekitar 1uf atau j 2,2uf, letkanya dekat dioda pum up. Perhatikan juga kondisi elco di blok rangkaian vertikal apakah ada yan terlihat sudah cembung atau tidak.

IC vertikal rusak

Kondisi ic vertikal yang rusak dan tidak bekerja akan membuat sirkuit protek pada tv polytron aktif, sehingga akan mematikan fungsi start program. Akibatnya tv polytron tidak akan bisa dinyalakan atau tidak mau start.

Coba ganti ic vertikal yang terlihat retak atau berlubang. Perhatikan agar mengganti komponen ic vertikal dengan seri / tipe yang sama. Terutama untuk jenis tv polytron slim yang membutuhkan ic vertikal dengan daya yang lebih besar.

Transistor horizontal jebol

Transistor horizontal merupakan komponen utama di dalam sirkuit horizontal yang berfungsi untuk membangkitkan tegangan tinggi untuk tabung. Kondisi transistor horizontal yang mati / rusak mengakibatkan sirkuit horizontal tidak bekerja.

Rusaknya transistor horizontal ini kadang membebani sirkuit regulator sehingga mengakibatkan tegangan regulator drop. Pada kondisi yang parah tidak jarang fet regulator polytron juga ikutan mati karena ada beban yang berat.

Ganti transistor horizontal yang dicurigai sudah mati. Namun sebelum itu pastikan dulu sirkuit driver horizontal sudah bekerja. Caranya adalah dengan mengukur apakah  pada output trafo driver keluar sinyal ac kecil atau tidak.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman, tv polytron tidak mau start biasanya disebabkan karena ada sistem protek tv aktif. Jadi untuk memperbaikinya kita harus mencari penyebab kenapa sirkuit protek tersebut aktif. Sistem protek pada tv polytron yang paling dominan adalah mendeteksi sinyal pada bagian vertikal.

Pada kondisi normal, sistem protek polytron mendapatkan tegangan dari sirkuit vertikal. Dalam kondisi ini sirkuit protek tidak aktif. 

Ketika bagian vertikal tidak bekerja, maka sistem protek tidak mendapatkan tegangan dari sirkuit vertikal. Akibatnya protek akan aktif dan mematikan sistem starting televisi. Selanjutnya yang terjadi adalah tv tidak mau start atau kalaupun bisa menyala tidak berapa lama akan standby kembali.

Sekian pembahasan kerusakan tv polytron yang tidak mau hidup ketika tombol power ditekan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Mau Start "