Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinyal K Vision Hilang Saat Hujan : Begini Mengatasinya

 Satu kendala yang sering dihadapi oleh pengguna parabola k vision adalah sinyal hilang saat hujan atau cuaca mendung tebal. Sebenarnya kendala ini bukan cuma menimpa provider k vision saja, namun juga terjadi pada provider lain yang menggunakan parabola mini sebagai penerima gelombang satelitnya seperti ninmedia atau transvision.

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh karakteristik dari gelombang satelit ku band itu sendiri. Perlu anda tahu, umumnya parabola mini seperti k vision menggunakan tipe frekuensi ku band sebagai media siarannya. Frekuensi ini mempunyai daya pancar yang cukup besar sehingga mudah sekali diterima oleh antena parabola mini sekalipun.

Sinyal k vision hilang saat hujan

Namun sayangnya, salah satu kekurangan dari frekuensi ku band adalah tidak tahan terhadap gangguan cuaca buruk seperti hujan atau awan mendung yang tebal. Karena saat cuaca buruk terjadi, sebagian besar sinyal ku band tersebut akan diserap oleh tetesan air hujan di udara atau awan mendung yang hitam.

Akibatnya adalah sinyal satelit ku band tidak bisa diterima oleh antena parabola mini anda. Sehingga membuat penangkapan sinyal terganggu dan hilang. Ciri yang terlihat adalah gambar siaran akan hilang dan kualitas sinyal k vision pada indikator sinyal menjadi 0 % atau hilang.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar sinyal k vision tidak hilang saat cuaca buruk? Sehingga kita tetap bisa menyaksikan siaran k vision di tengah cuaca hujan atau mendung ? Berikut ini solusinya mungkin bisa membantu mengatasi masalah anda.

Maksimalkan kualitas sinyal

Indikator kualitas sinyal pada receiver parabola menunjukkan gambaran kekuatan sinyal satelit yang berhasil ditangkap oleh antena parabola. Besarnya kekuatan penangkapan sinyal ini dinyatakan dalam ukuran persentase. Dimana semakin besar nilainya, maka akan semakin baik kualitas sinyalnya.

Untuk mengatasi gangguan penerimaan sinyal k vision oleh hujan dan mendung, bisa dilakukan dengan memaksimalkan penangkapan sinyal satelit oleh antena parabola. Usahakan agar antena parabola sebanyak mungkin bisa menangkap dan menyalurkan frekuensi satelit k vision ke receiver parabola.

Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan pointing ulang sehingga bisa didapatkan kualitas sinyal yang lebih besar lagi.
  2. Perkuat tiang parabola bola agar tidak mudah goyang oleh angin.
  3. Periksa kondisi kabel antena dan konektor. Pastikan kondisinya masih bagus dan tidak karat.
  4. Jauhkan penghalang yang menutupi dish parabola baik berupa pohon atau bangunan.
  5. Gunakan dish parabola mini yang berukuran besar.
  6. Gunakan lnb yang bagus agar bisa menerima sinyal lebih baik.

Pakai frekuensi c band

Jika anda sudah melakukan hal hal diatas dengan benar namun sinyal k vision tetap hilang saat hujan atau cuaca mendung, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menggunakan frekuensi c band k vision. Anda harus mengganti perangkat parabola anda dengan parabola c band. Parabola c band dikenal tahan terhadap gangguan cuaca buruk baik hujan maupun mendung yang tebal.

Untuk receiver parabola k vision anda tidak perlu diganti. Karena receiver k vision saat ini sudah mendukung teknologi frekuensi hybrid. Sehingga bisa menangkap frekuensi ku band dan c band.

Ukuran parabola c band yang bisa dipakai minimal diameter 4 feet dan jenis dish solid. Dengan parabola ini anda akan bebas menikmati siaran k vision tanpa terpengaruh gangguan cuaca hujan. Karena karakteristik dari frekuensi c band ini memiliki ketahanan dalam menghadapi cuaca buruk.

Parabola c band 4 feet

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, pemasangan tiang parabola harus diusahakan agar terpasang dengan kokoh dan tahan terhadap tiupan angin. Karena meskipun jenis frekuensi c band tahan terhadap cuaca hujan , namun jika arah dish bergeser karena angin maka tetap saja anda akan kehilangan sinyal k vision.

Untuk mendapatkan parabola c band dan lnb nya anda bisa membelinya di toko parabola atau toko online penyedia perangkat parabola. Harga yang ditawarkan cukup murah jika anda membeli ukuran parabola yang diameter 4 feet.

Sekian artikel cara mengatasi sinyal k vision hilang saat hujan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan anda.

Posting Komentar untuk "Sinyal K Vision Hilang Saat Hujan : Begini Mengatasinya"