Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Parabola Mini Sendiri

Meskipun saat ini sudah banyak penyedia jasa pasang parabola mini, namun nyatanya masih banyak orang yang ingin mencoba memasang parabola sendiri di rumah. Selain karena banyaknya toko online yang menyediakan perangkat tv parabola, kemudahan dalam merakit dan memasang parabola pun menjadikan orang lebih memilih untuk memasang parabola sendiri daripada memanfaatkan jasa teknisi parabola.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memasang parabola sendiri apalagi jenis parabola mini. Banyak panduan dan tutorial di internet baik dalam bentuk tulisan maupun video yang bisa memandu anda ketika hendak memasang parabola. Bahkan buat orang yang tidak memiliki cukup pengetahuan elektronika pun  bisa melakukannya tanpa banyak kesulitan

Di artikel ini saya akan membagikan ilmu dan pengalaman saya tentang bagaimana cara memasang parabola mini. Saya akan memandu anda langkah apa saja yang harus diperhatikan saat memasang parabola agar berhasil mendapatkan siaran tv parabola yang diinginkan.

Parabola mini terbaik

Terkadang sedikit membingungkan ketika orang bertanya kepada saya, yang mana parabola mini terbaik ? Bingung karena saya tidak mengerti apa maksud parabola menurut mereka. Apakah antena parabola atau receiver parabola. Sebab terkadang tidak jarang orang yang menyebut receiver parabola dengan sebutan parabola saja.

pasang parabola mini

Padahal menurut saya, sebutan parabola merupakan nama antena yang digunakan untuk menangkap sinyal satelit. Sementara perangkat yang digunakan untuk mengolah sinyal satelit menjadi gambar dan suara disebut receiver / dekoder.

Jadi sampai disini anda harus paham dulu yang mana parabola dan yang mana receiver agar ke depannya tidak  membingungkan.

Antena parabola mini terbaik

Berbicara tentang antena parabola mini terbaik, cukup sulit juga menentukan merk / brand mana yang memiliki kualitas antena parabola yang terbaik. Karena setiap produk memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing. 

Namun ada beberapa faktor yang mungkin bisa anda perhatikan ketika memilih antena parabola mini :

  1. Kualitas bahan yang kokoh dan cukup tebal
  2. Makin besar diameter parabola makin baik daya tangkapnya.
  3. Mudah dirakit.
  4. Bahannya tidak mudah berkarat.
  5. Memiliki titik fokus yang baik.

Receiver parabola mini terbaik

Sementara untuk jenis receiver / dekoder parabola yang bagus tentu saja akan sebanding dengan harganya. Untuk pemilihan receiver yang digunakan khusus untuk menangkap siaran parabola ku band sebenarnya tidak terlalu ribet. Tidak seperti receiver parabola yang akan digunakan untuk menangkap frekuensi c band. Karena butuh fitur tertentu seperti pembuka acakan siaran agar anda bisa menangkap lebih banyak siaran parabola c band.

Ada beberapa faktor yang perlu ada pertimbangkan ketika akan membeli receiver parabola mini ku band :

  1. Fitur dan kelengkapan yang ditawarkan.
  2. Sudah mendukung teknologi gambar hd.
  3. Body yang cukup kokoh dan bisa membuang panas.
  4. Respon remote program yang baik.
  5. Dukungan update software yang berkelanjutan.
  6. Dukungan purna jual / service.

Saat ini banyak penyedia layanan tv parabola berbayar yang menawarkan paket langganan tv yang bisa diterima menggunakan receiver khusus milik mereka. Namun biasanya harga receiver khusus mereka tersebut cukup mahal jika dibandingkan dengan receiver biasa yang memiliki fungsi dan fitur sama. 

Jika anda hendak mengakses siaran parabola milik provider tertentu, misalnya k vision, nusantara hd atau nex parabola, anda bisa membeli produk receiver mereka. Tapi jika anda hanya ingin mencari siaran tv parabola gratis maka bisa membeli receiver yang umum saja.

Cara pasang parabola mini ninmedia

 Salah satu penyedia layanan tv parabola dengan jumlah channel yang lumayan banyak adalah ninmedia. Anda bisa mendapatkan tayangan tv dari provider ini meskipun menggunakan receiver biasa. Namun tentu saja ada beberapa tayangan tv premium yang hanya bisa diakses menggunakan receiver rekomendasi dari ninmedia.

memasang parabola mini

Ninmedia sepertinya menjadi provider tv parabola gratis yang populer di kalangan pengguna tv satelit. Selain karena gratis, channel yang disajikan cukup beragam, mulai dari channel tv lokal / daerah hingga beberapa channel tv internasional. Karena itu, di tutorial pasang parabola mini ini, saya akan mencontohkan menangkap siaran ninmedia menggunakan parabola mini.

Untuk antena parabola yang digunakan, anda bisa menggunakan parabola mini merk tanaka,matrix, venus atau bahkan parabola mini bekas tv berbayar pun bisa dipakai. Jika anda akan menggunakan parabola mini bekas, perhatikan dulu kondisinya apakah masih layak atau tidak. Pastikan baut pengatur kemiringan parabola masih berfungsi dengan baik.

Persiapan pemasangan

Langkah awal sebelum anda memasang parabola, rencanakan dulu letak pemasangan parabola. Pastikan lokasi peletakkan parabola agar mudah dijangkau sehingga anda tidak kesulitan ketika pointing arah  parabola. Perhatikan juga lingkungan sekitar, jangan sampai ada pohon atau bangunan apapun yang menghalangi area antara parabola anda dan satelit yang dituju.

Saat ini ninmedia menempati satelit asiasat 9 yang memiliki garis bujur 122°E di arah timur. Karena kita akan menangkap siaran ninmedia yang ada di satelit asiasat 9, jadi pastikan area antara parabola dan arah satelit asiasat 9 yang di timur tidak ada halangan.

Selanjutnya anda bisa mulai merakit antena parabola termasuk lnb nya. Saya kira cukup mudah merakitnya, apalagi dengan melihat bentuk gambar antena parabola mini yang sudah jadi / dirakit. Arahkan konektor lnb ke bawah saja.

Memasang tiang parabola

Meskipun terlihat sepele, pemasangan tiang parabola tidak bisa asal saja. Posisi pemasangan tiang harus tegak lurus 90° terhadap garis horizontal. Karena jika tidak, nanti anda akan kesulitan dalam menangkap sinyal parabola secara maksimal.

Pastikan juga tiang parabola terpasang dengan kuat dan kokoh agar tidak mudah goyang oleh angin. Pergeseran arah parabola sedikit saja bisa menyebabkan sinyal parabola hilang sehingga siaran tv yang ditonton macet / tidak lancar. 

cara pasang parabola mini
Tiang harus tegak lurus

Setting receiver

Jika parabola sudah dirakit dan tiangnya sudah terpasang dengan benar, jangan lupa untuk menghubungkan lnb parabola dengan receiver mengunakan kabel parabola. Hubungkan dulu lnb dengan receiver. Pastikan konektor kabel terpasang dengan kuat.

Berikutnya sebelum pointing arah antena, kita setting dulu receiver parabola sesuai dengan satelit yang akan dituju. Dalam contoh ini saya akan menangkap satelit asiasat 9 tempat ninmedia berada. Langkah mengatur receivernya adalah sebagai berikut :

  • Tambahkan dulu satelit asiasat 9 jika belum ada dalam daftar satelit di receiver anda.
  • Masuk ke menu program, kemudian tambah satelit dan masukkan nama satelit serta garis bujur satelit. Nama satelit : Asiasat 9 garis bujur : 122 E
  • Jika satelit asiasat 9 sudah ditambahkan, berikutnya kita menambahkan transponder baru pada satelit asiasat 9. Tekan tombol tambah transponder kemudian masukkan frekuensi transponder ninmedia terbaru : 12655 V 45000
  •  Selanjutnya masuk ke menu pengaturan antena untuk mengatur frekuensi lnb parabola
  • Pilih tipe lnb / frekuensi lnb universal dengan frekuensi 9750/10600
  • Simpan pengaturan. 
  • Kita lihat pada indikator intensitas sinyal yang atas seharusnya sudah naik levelnya. Jika belum, pastikan kabel antena sudah terpasang ke lnb dan pengaturan receiver anda sudah benar.
cara setting receiver ninmedia
Contoh pengaturan antena receiver

Saatnya pointing arah antena

Jika setting receiver parabola sudah selesai dan benar, tahap berikutnya kita bisa memulai untuk pointing antena. Kita perlu mengarahkan antena ke satelit asiasat 9 dengan tepat agar bisa menangkap siaran parabola ninmedia.

  • Pasang dish parabola pada tiang parabola. Pastikan dish bisa bergerak dengan leluasa.
  • Karena asiasat 9 letaknya di sebelah timur, maka kita akan menggerakkan dish condong  ke arah timur.
  • Pertama, hadapkan dish parabola tepat ke arah timur kemudian angkat secara perlahan lahan sambil melihat indikator kualitas sinyal pada receiver.
  • Gerakkan dish keatas sampai tengadah. Jika belum ada penampakkan sinyal, coba putar sedikit dish serong ke arah utara. Kemudian lanjutkan kembali menggerakkan dish keatas perlahan lahan.
  • Ingat, saat pointing arah dish antena harus dilakukan dengan sangat perlahan karena sinyal satelit cukup peka.
  • Jika belum juga ada penampakan pada indikator kualitas sinyal, coba geser sedikit arah dish serong ke utara kemudian ulangi kembali menggerakkan dish dar bawah ke atas.
  • Jika sudah ada sinyal selanjutnya anda tinggal berusaha memaksimalkan level kualitas sinyal agar besar / maksimum. Caranya adalah dengan menggeser sedikit arah dish baik atas - bawah atau kanan- kiri. Atur juga arah konektor antena sampai di dapat penangkapan sinyal yang maksimal.
  • Bila sinyal sudah maksimal, kencangkan semua baut / mur penyetel sudut kemiringan dish parabola.
  • Selanjutnya lakukan scan / pindai frekuensi transponder. Caranya masuk ke menu program di receiver. Pilih frekuensi transponder ninmedia tadi kemudian tekan tombol scan / pindai ( biasanya berwarna biru). tekan ok untuk memulai pemindaian.
  • Jika semua channel yang dipindai sudah didapat, simpan agar channel tersebut bisa tersimpan di daftar channel.
pointing arah parabola mini

Itulah tadi panduan pasang parabola mini. Lakukan setiap langkah dan panduan yang saya berikan agar anda berhasil menangkap siaran parabola yang diinginkan. Tutorial ini  bukan hanya berlaku untuk satelit ninmedia saja, namun juga bisa digunakan ketika anda ingin menangkap siaran parabola dari satelit lain. Misalnya siaran tv parabola dari k  vision yang ada di satelit measat 3a.

1 komentar untuk "Cara Pasang Parabola Mini Sendiri "

  1. Ini sangat membantu sekali saya sebagai pemula terima kasih atas tutorialnya.👍👍👍👍👍

    BalasHapus