Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Penyebab Tv Polytron U Slim Gak Bisa Start Yang Bikin Pusing

Halo kawan teknisi, kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki tv Polytron U slim yang gak bisa start. Menurut pemilik tv ini, ketika tv dinyalakan tidak ada respon pada layar alias gagal start. Dan katanya lagi, kerusakan tv ini tiba tiba saja terjadi tanpa disertai gejala lebih dulu.

Saya sih sebenarnya sudah menduga, gejala kerusakan pada tv polytron ini biasanya karena sistem protek pada tv aktif. Sehingga mencegah ic program untuk menyalakan tv. Ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada rangkaian tv.

Sistem protek pada tv Polytron termasuk tipe U slim mendapatkan masukan sinyal dari sirkuit vertikal. sehingga jika tidak ada sinyal yang dikirim oleh vertikal untuk sistem protek maka sistem protek ini akan aktif. Jadi bisa disimpulkan kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian vertikalnya.

Tapi tunggu dulu, meskipun seringkali penyebab sistem protek aktif karena ada masalah pada vertikal bukan berarti selalu bagian ini yang menjadi biang keroknya. Bisa saja terjadi masalah pada sirkuit lain, seperti yang pernah saya ceritakan pada kasus tentang tv polytron u slim hidup sebentar lalu mati lagi.

tv polytron u slim gak bisa start

Langsung Bongkar

Sebelum di eksekusi, lebih dulu saya coba tes dulu dengan menyalakan tv menggunakan remote. Karena kalau hanya mendapatkan informasi dari pemilik tv saja sepertinya kurang yakin, jadi harus mencobanya sendiri. Saat tombol power ditekan, terdengar ada suara khas flyback yang mengeluarkan tegangan tinggi untuk anoda tabung. Ini sih kemungkinan sirkuit horisontalnya masih bisa bekerja.

Kemudian saya perhatikan saat power di on, sekilas nampak ada garis terang mendatar di tengah layar tv sebelum akhirnya layar kembali gelap alias blank. Benar dugaan awal saya, ada kemungkinan sirkuit vertikal tidak bekerja. 

Agar lebih yakin saya coba paksakan untuk start dengan cara menekan tombol menu pada remote sampai tv mau start / menyala. Dan benar saja, setelah tv berhasil start, terlihat pada layar garis mendatar terang tanpa ada penampakan gambar siaran tv. Langsung saya matikan lagi tv untuk mencegah kerusakan lebih parah. 

Tidak menunggu lama tv langsung saya bongkar casingnya untuk melihat isi bagian dalamnya. Terlihat sangat kotor dan bayak bekas sarang laba laba. Langkah awal saya bersihkan mesin tv dari kotoran dan debu yang lumayan tebal agar lebih mudah untuk memeriksa tiap bagian rangkaian.

Ini Ternyata Sumber masalahnya

Setelah rangkaian agak bersih dari debu, pemeriksaan saya lanjutkan dengan melihat dengan teliti tiap solderan dan jalur pada rangkaian pcb mesin tv polytron. Ini untuk mencari apakah ada jalur atau solderan komponen yang sudah retak atau rapuh.

Agar lebih yakin langsung saya solder ulang semua bagian yang terlihat tipis dan rapuh terutama di bagian vertikal. Kemudian dilanjutkan pada regulator dan horisontal. Bagian ini sering mendapatkan panas yang lumayan tinggi sehingga membutuhkan solderan yang kuat.

Coba saya tes dulu tv dinyalakan. Barangkali hanya solderan saja yang kurang kuat sehingga tidak perlu melakukan pergantian komponen. Setelah tombol power pada remote ditekan, ternyata hasilnya tetap saja tv polytron ini gak bisa start. waduh, berarti belum ketemu nih sumber masalahnya.

Pemeriksaan dilanjutkan dengan mengecek kondisi tiap komponen yang ada pada sirkuit vertikal. Disini saya masih mencurigai bagian vertikal yang menjadi penyebab tv polytron ini gak mau nyala. Saya belum memeriksa bagian lain.

beberapa komponen saya amati, ternyata benar saja terlihat ada elko di dekat ic vertikal yang bentuknya sudah tidak normal. Sekilas kita tidak melihat perbedaan bentuknya dengan elco yang lain. Namun jika diperhatikan dengan seksama kondisi pada bagian atasnya agak menonjol. Kalau bentuknya seperti ini kemungkinan besar isi bagian dalam elco ini sudah kering. jadi perlu dilakukan pergantian.

Saya cabut elco yang mencurigakan tersebut dan melihat nilai kapasitasnya. Elco ini bernilai 100uf/50V dan terletak pada bagian pump up. Fungsi elco ini untuk membantu dioda pump up mensupplai tegangan ic vertikal.

Setelah dilakukan pergantian elco dan saya nayalakan lagi, tv langsung bisa menyala. Ternyata sumber masalahnya adalah karean elco filter untuk dioda pump up yang sudah berkurang jauh kapasitasnya. Sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan tegangan ic vertikal.

Kesimpulan

Dari kasus kerusakan tv polytron u slim yang gak bisa start ini bisa disimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada sirkuit vertikal dimana elco filter yang menjadi biang keroknya. Namun perlu diketahui, kerusakan seperti ini tidak selalu diakibatkan oleh elco. Bisa juga karean dioda pump up yang tembus atau malah ic vertikalnya yang short. Intinya semua komponen yang ada di sirkuit vertikal ini bisa dicurigai menjadi penyebab tv polytron protek.




Posting Komentar untuk "Mencari Penyebab Tv Polytron U Slim Gak Bisa Start Yang Bikin Pusing"