Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho, Komponen Tv Tabung Yang Sering Rusak

komponen tv tabung yang sering rusak

Seperti perangkat elektronika lainnya, tv pun tidak jarang mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut dapat terjadi biak karea faktor dari luar maupun karena komponen tersebut yang sudah tidak lagi. Ada beberapa komponen tv yang sering rusak berdasarkan pengalaman admin selama menjadi jasa service tv.

Gejala yang timbul akibat kerusakan komponen tv bisa bermacam macam, mulai dari gangguan tv berupa gambar redup atau bahkan tv mati tidak bisa menyala sama sekali. Di artikel ini saya akan berikan daftar komponen tv yang sering mengalami kerusakan.

Regulator tv

Regulator merupakan bagian utama dalam menyediakan sumber tegangan listrik untuk beberapa blok rangkaian tv. Kerusakan pada regulator tv dapat menyebabkan tv tidak bisa menyala sama sekali. Pada jenis tv tertentu seperti Polytron led indikator regulator bisa menyala namun tidak normal. 

Kerusakan pada regulator tv biasanya terjadi karena transistor regulator atau fet yang telah jebol. Untuk mengidentifikasi transistor ini sangat mudah karena selain bentuknya besar, biasanya akan diberikan pendingin dan letaknya dekat dengan trafo regulator.

Untuk memastikan kerusakan, bisa dilakukan dengan melakukan pengukuran pada transistor atau fet tersebut mengunakan multimeter. Jika diketahui telah jebol / rusak langsung saja ganti dengan yang baru. Namun sebelumnya harus dipastikan dulu bagian drivernya masih bekerja dengan normal.

Pada jenis tv yang menggunakan str / ic seperti tv LG jenis tertentu, anda bisa langsung melepas komponen yang rusak ini dan menggantinay dengan yang baru. Cara mengukur str / ic regulator bisa dilakukan dengan melihat apakah terdapat korslet pada pin Vcc ic dengan ground atau tidak.

Transistor Horisontal

Blok rangkaian horisontal merupakan sirkuit pembangkit tegangan tinggi pada tv tabung. Sirkuit ini yang menyalakan tabung dengan cara menembakkan tabung menggunakan sinar elektron. Jika blok horisontal tv rusak maka dapat berakibat tv gelap atau tidak mau menyala.

Komponen utama pada sirkuit horizontal adalah transistor. Transistor pada sirkuit ini bekerja seperti sebuah saklar elektronik dengan kecepatan sangat tinggi agar trafo flyback dapat menghasilkan tegangan induksi yang dibutuhkan oleh tabung tv.

Karena kerjanya yang cukup berat, transistor horisontal tv merupakan komponen tv tabung yang sering rusak. Gejala yang timbul akibat kerusakan transistor ini adalah, tv hanya bisa standby saja tidak mau start. Bahkan tidak jarang kerusakan transistor horisontal juga berakibat pada kerusakan transistor regulator. Karena itu anda perlu memeriksa transistor regulator juga jika didapatkan transistor horisontal telah jebol.

IC Vertikal

Komponen berikutnya pada tv tabung yang sering rusak adalah ic vertikal. IC vertikal merupakan komponen utama yang ada di bagian vertikal televisi. Bagian ini bertindak untuk menghasilkan pulsa listrik untuk defleksi vertikal.

Kerusakan pada bagian vertikal dapat diketahui dengan melihat gejala tampilan gambar pada layar tv. Gambar yang ada pada layar tv hanya berupa garis mendatar saja. Jika tampilan gambarnya seperti ini, sudah dipastikan bagian vertikalnya mengalami kerusakan. Dan umumnya kerusakan tersebut terjadi pada ic vertikal.

Itulah beberapa komponen atau bagian pada tv tabung  yang sering mengalami kerusakan. Meski begitu bisa juga terjadi kerusakan pada bagian bagian lainnya.

Posting Komentar untuk "Ini Lho, Komponen Tv Tabung Yang Sering Rusak"