Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin

 Saat ini di tiap rumah hampir semua memiliki kipas angin. Terlebih pada musim kemarau dimana cuaca panas melanda, kipas angin menjadi solusi untuk mendapatkan udara yang sejuk. Karena seringnya pengguanaan kipas angin  tidak jarang mengalami kerusakan. kalau kerusakannya ringan mungkin lebih baik kita coba untuk memperbaikinya sendiri sebalum dibawa ke tempat tempat perbaikan.

Kipas angin terdiri dari komponen elektronika utama berupa dinamo motor dan kapasitor. Sementara komponen lainnya berupa sistem mekanis biasa. Kendala kerusakan yang sering ditemui adalah pada bagian dinamo kipas dengan berbagai gejalanya.

Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaikinya

Memperbaiki kerusakan kipas angin

Kipas Angin Mati Total

Kondisi kipas angin yang mati total ditandai dengan baling baling tidak berputar sama sekali. Selain itu  tidak terdengar suara dengung dari dinamo, namun baling balin dapat berputar dengan lancar / tidak macet. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan karena :
  1. Kabel steker listri putus
  2. Fuse / sekering putus.
  3. Sirkuit perkabelan putus / lepas
Untuk memeperbaiki kerusakan kipas yang mati total, langkah pertama adalah dengan memperhatikan perkabelan pada kipas angin. Perhatikan apakah ada kabel atau sambungan yang terputus / longgar. Periksa juga colokan / steker listrik dan kabelnya untuk memastikan tidak terputus.

Kipas angin mati total juga bisa disebabkan oleh sekering panas kipas putus sehingga aliran arus listrik tidak dapat mengalir ke kumparan dinamo. Letak sekering ini berada di dalam dinamo kipas sehingga kita harus membongkar dinamo kipas untuk memperbaiki kerusakan sekering.

Kipas Tidak Berputar Namun Terdengar Dengung

Kerusakan kipas lainny adalah kipas tidak bisa berputar ketika dinyalakan, namun terdengar suara dengung yang berasal dari dinamo. Penyebab kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena :
  1. Kapasitor mati
  2. Poros dinamo karat / macet
  3. Bushing poros karat / macet
Ketika kipas angin tidak berputar dan hanya terdengar suara dengung, coba putar baling baling kipas apakah dapat bergerak dengan lancar. Jika baling baling macet maka kemungkinan kerusakan pada bushing yang sudah aus atau poros dinamo yang kotor. 

Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti bushing dinamo kipas dengan yang baru. Bushing yang sudah aus biasanya akan sering membuat baling baling macet meskipun sudah diberikan minyak pelumas. Solusinya adalah leibih baik diganti dengan yang baru.

Sementara untuk kerusakan kapasitor kipas angin kita harus mengganti dengan yang baru. Cari pengganti kapasitor yang memiliki nilai kapasitansi dan tegangan kerja yang sama.

Putaran Kipas Angin Lemah

Putaran kipas angin yang lemah sering disebabkan oleh kondisi kapasitor yang sudah berkurang nilai kapasitansinya. Sehingga tidak mampu memberikan tambahan tegangan untuk kumparan dinamo. Akibatnya putaran yang dihasilkan oleh dinamo tidak terlalu kuat.

Untuk mengatasi putaran lemah pada kipas angin bisa diatas dengan melakukan pergantian komponen kapasitor. Lakukan pergantian kapasitor dengan nilai yang sama. Bentuk kapasitor kipas angin adalah kotak berwarmna hitam dengan dua buah kabel.

Putaran lemah kipas juga bisa terjadi karena poros dinamo dan bushing yang kotor sehingga tidak bisa bergerak dengan lancar. Cobalah untuk melumasi bushing dinamo kipas agar poros dapat kembali bergerak dengnan lancar.
 

Posting Komentar untuk "Tips Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin"