Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Parabola Agar Tidak Menyesal

 Kita harus memilih parabola yang tepat sebelum memutuskan akan beralih ke siaran tv satelit agar tidak menyesal. Karena jika anda belum tahu, terdapat jenis dan ukuran parabola yang beredar di pasaran dengan beragam kelebihan dan kekurangannya. Sehingga anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli jenis parabola yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Siaran tv satelit memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan siaran tv analog yang mengguanakn frekuensi UHF. Selain memiliki kualitas gambar dan suaran yang bening, tv satelit memiliki banyak pilihan tayangan yang sesuai dengan selera kita.

Kita bisa dengan leluasa memilih tayangan tv parabola yang terdiri dari puluhan hingga ratusan channel hanya dari satu satelit saja. Hanya saja tayangan tersebut ada yang gratis namun ada juga yang berbayar. Tenang saja karena tayangan tv satelit gratis pun tidak kalah menyajikan siaran yang bagus untuk ditonton bersama keluarga.

Bagaiman ? tertarik untuk beralih ke siaran tv satelit ? Jika tertarik dan hendak memutuskan akan menggunakan parabola maka baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ketika memilih parabola.

Tips Memilih Parabola Yang Tepat

1. Pakai Parabola Besar Atau Mini

Jenis parabola yang digunakan biasanya tergantung dari jalur frekuensi satelit mana yang akan ditangkap. Parabola besar sering digunakan untuk menangkap siaran tv satelit pada jalur frekuensi C band. Frekuensi parabola C band memiliki keuntungan ketahanan sinyal terhadap gangguan cuaca buruk seperti mendung dan hujan. Sehingga meskipun kondisi di luar hujan deras, kita masih tetap  bisa menyaksikan acara tv kesayangan dengan lancar.

Hanya saja ukuran parabola besar yang cukup memakan tempat mengharuskan kita memiliki lokasi pemasagan parabola yang lapang. Dibutuhkan setidaknya dua orang pada proses pemasangannya mengingat beban parabola yang tidak ringan.

Tips memilih parabola


Sementara parabola mini memiliki bobot dan ukuran yang jauh lebih kecil. Sehingga kita bisa melakukan pemasangan parabola sendiri. Parabola mini sering dipakai untuk menangkap frekuensi parabola jalur Ku band. Saat ini, pada jalur frekuensi ini telah banyak diisi oleh siaran tv gratis terutama siaran tv loka dan nasional. Jadi jika channel favorit anda adalah tv nasional atau lokal cukup menggunakan parabola mini saja. 

Hanya saja jenis parabola mini ini memiliki kekurangan dalam hal ketahanan terhadap gangguan cuaca. Umumnya pada kondisi cuaca mendung dan hujan, sinyal satelit yang ditangkap oleh parabbola mini akan menurun drastis. Sehingga mengakibatkan gangguan penerimaan gambar dan suara dari siaran tv. tayangan yang kita tonton akan tersendat sendat atau bahakan hilang sama sekali.

2. Memilih Jenis Parabola Jaring Atau Solid

Disk / piringan parabola mini semuanya terbuat dari bahan jenis plat logam. Sementara parabola besar terdiri dari jenis solid dan anyaman jarung kawat logam. Pada jenis parabola solid memiliki keuntungan dalam menangkap gelombang frekuensi satelit yang lebih baik . Hanya saja karena bentuk disk yang terbuat dari palt logam utuh maka rentan terhadap gebangan air hujan dan hembusan angin.

Sementara parabola C band yang berbentuk jaring kawat logam mempunyai kelebihan terhadap resiko genangan air ketika hujan dan tiupan angin kencang. Karena bentuk parabola jaring yang berlubang lubang. Cuma kekurangannya dari jenis parabola ini adalah daya tangkapnya yang kurang peka bila dibandingkan dengan jenis parabola solid.

Memilih parabola jaring


3. Pilih Receiver Parabola Yang sesuai

Ada banyak beragam receiver parabola dengan merk dan tawaran fitur yang bermacam macam. Receiver parabola meruapakan perangkat penerima dan pengolah sinyal dari satelit. Perangkat inilah yang menghasilkan gambar dan suara yang terlihat pada layar televisi.

Terdapat dua type receiver yang dapat digunakan untuk melihat tayangan tv satelit L receiver biasa dan receiver rekomendasi. Pada jenis receiver biasa kita bisa melihat tayangan tv satelit yang gratis saja, namun tidak bisa membuka tayangan tv premium. Karena itu biasanya harga receiver ini lebih murah dengan fitur yang standar.

Jenis receiver rekomendasi mempunyai kelebihan dapat membuka tayangan tv premium tertentu sesuai dengan media televisi yang mengeluarkannya. Misanya receiver rekomnedasi Transvision Nusantara, maka dengan menggunakan receiver ini kita bisa melihat tayangan premium dari Transvision.

Hanya saja meskipun kita sudah memilih receiver parabola rekomendasi tidak berarti dapat bebas menikmati siaran tv premium selamanya. Biasanya setelah beberapa bulan pemakaian kita diharuskan untuk berlangganan bulanan jika ingin tetap bisa menikmati siaran tv premium tersebut.

itulah beberapa tips dalam memilih parabola yang sesuai dengan kebutuhan. Hati hati dalam menentukan pilihan parabola agar tidak menyesal. Tanyakan lebih dulu fitur dan kelebihan apa yang dimilikinya agar sesuai dengan yang kita perlukan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Parabola Agar Tidak Menyesal "