Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Samsung Tidak Ada Suara

Kerusakan Tv tidak ada suara sebenarnya bukan hanya terjadi pada tv merk Samsung saja, namun kerusakan ini dapat juga dialami oleh jenis dan merk tv lainnya. Kerusakan model ini ditandai dengan tampilan gambar tv normal, sementara tidak terdengar suara sama sekali dari arah speaker televisi. Pada beberapa kasus hanya terdengar suara dengung saja atau terdengar suara namun disertai dengan kresek kresek.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang kerusakan tv Samsung tidak ada suara sama sekali baik dengung maupun suara kresek kresek. Lalu bagian mana yang perlu dilakukan pemeriksaan ?

tv samsung tidak ada suara


Pemeriksaan Tv Tidak Ada Suara

Ada beberapa bagian yang perlu diperiksa untuk mengatasi gangguan tv yang tidak mengeluarkan suara siaran. Sebelum memeriksa bagian dalam mesin tv, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan tv tidak dalam keadaan mute aktif. Mute yang aktif ditandai dengan logo gambar speaker diberi garis menyilang pada tampilan layar tv. 

Ada juga tv yang memunculkan tulisan mute saat tombol mute pada remote diaktifkan. Fungsi dari tombol mute ini untuk menghilangkan suara yang dikeluarkan televisi. Jadi bila tombol mute tertekan tv tidak akan bisa bersuara.

Bila sudah memastikan tombol mute tidak dalam keadaan aktif, coba tekan tombol volume naik dan turun pada remote ataupun pada panel tv di depan. Bila saat tombol ditekan tv memeberikan respon dengan ditandai adanya pergerakan garis bar pada layar tv, tombol volume dalam keadaan normal.

Memeriksa Speaker

Setelah memeriksa bagian luar tv dan memastikan semua bekerja dengnan normal, kita lanjutkan pemeriksaan bagian dalam tv. Hati hati dalam membongkar casing tv untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik.

Periksa kondisi speaker untuk melihat apakah speaker dalam keadaan mati atau masih  berfungsi. Lakukan pemeriksaan dengan menggunakan multimeter pada pemgukuran Ohm. Tempatkan skala Ohm pada x1 karena kita tahu impedansi speaker tv umumnya sekitar 16 Ohm.

Speaker yang masih berfungsi ditunjukkan dengan pergerakan jarum pada multimeter kearah kanan pada skala 16 Ohm. Selain itu, saat probe multimeter disentuhkan pada terminal speaker juga akan terdengar suara kresek. Ini menandakan speaker masih normal.

Periksa jalur speaker kearah rangkaian tv untuk memeastikan kabel tidak putus di tengah. Lakukan juga pengukuran kabel menggunakan multimeter untuk mengetahui kabel penghubung speaker tidak terputus. Perhatikan juga sambungan soket atau solderan kabel speaker pada papan rangkaian mesin tv.

Memeriksa Blok Penguat Suara

Blok pemguat suara pada mesin tv berfungsi untuk memperkuat sinyal suara yang dimasukkan pada inputnya. Suara ini berasal dari detektor suara yang ada di dalam IC. Bila sumber suara dari detektor suara tidak mengumpankan suara ke penguata suara maka tidak ada suara yang keluar dari tv.

Untuk memastikan blok rangkaian penguat audio masih berfungsi, kita bisa coba dengan menyentuh bagian input penguat audio menggunakan obeng. Bila saat disentuh masih terdengar suara pada speaker maka blok rangkaian penguat suara masih bekerja.

Blok rangkaian penguat suara yang tidak bekerja ditandai dengan tidak terdengarnya suara ketika pin input disentuh dengan obeng. Kita harus melakukan pemeriksaan pada bagian ini agar bisa bekerja. Lakukan pemeriksaan jalur catu daya untuk rangkaian untuk memastikan tidak terjadi drop atau kehilangan tegangan.

Jika didapati tegangan untuk rangakain penguat drop saat diukur menggunakan multimeter, maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada bagian penguat suara ini. Komponen yang rusak bisa pada elko yang sudah kering atau resistor yang sudah melar nilainya. Kadang juga disebabkan oleh IC powernya yang sudah jebol. Cobalah untuk melakukan pergantian pada komponen yang sudah tidak layak.

Memeriksa Sirkuit Mute

Sirkuit mute pada rangkain tv berfungsi untuk mematikan suara tv agar tidak terdengar. Pada beberapa kasus pada tv Samsung tidak ada suara kerusakan yang terjadi pada sistem mute ini. Biasanya karena ada transistor atau IC prosesor audio yang jebol, sehingga sistem mute tidak bekerja normal. Akibatnya suara dari detektor adio tidak tersalurkan ke penguat audio.

Kerusakan Pada Software

Bila sudah memastikan blok rangkaian tv sudah bekerja dengan normal, namun suara tetap saja tidak bisa keluar dari tv kita perlu mencurigai ada kerusakan pada bagian softwarenya. Untuk memeriksa bagian software tv kemungkinan ada datanya yang sudah tidak benar, kita harus masuk ke menu service tv tersebut.

Untuk masuk ke menu service televisi memiliki cara yang berbeda beda tergantung merk tv nya. Jika sudah masuk ke menu service, kita buka option dan pilih pengaturan data audio. Coba untuk mengubah nilai parameternya agar tv bisa kembali bunyi.

Pada beberapa jenis merk tv, kerusakan software dapat diatasi dengan mengganti ic memori dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "TV Samsung Tidak Ada Suara"