Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Sistem Protek Tv Polytron

Sistem protek pada tv Polytron berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada blok rangkaian vertikal televisi dan untuk melindungi tv dari kerusakan yang lebih parah. Dengan adanya sirkuit protek pada rangkaian tv Polytron, ketika ada kerusakan pada bagian vertikal atau flyback, maka secara otomatis tv akan mematikan fungsi blok rangkaian lainnya. Sehingga tv tidak bisa dihidupkan.

Hampir semua jenis tv keluaran produk Polytron baik yang berupa tv tabung maupun slim telah dilengkapi dengan sirkuit protek untuk melindungi kerusakan yang lebih parah pada televisi. Sirkuit protek pada tv Polytron biasanya berada di dekat blok rangkaian vertikal. karena sirkuit tersebut mendapatkan umpan tegangan yang berasal dari vertikal. Sehingga ketika vertikal tidak bekerja maka sirkuit protek tidak mendapatkan tegangan masukan. Akibatnya sistem protek tv akan bekerja.

Cara Kerja Sistem Protek Polytron

Rangkaian sistem protek yang ada pada sebagian besar tv Polytron mengambil tegangan masukan yang berasal dari pulsa tegangan sirkuit pump-up pada vertikal. Tegangan yang berbentuk pulsa tersebut dialirkan ke sirkuit protek pada IC program melalui sebuah elko kopel dan dioda penyearah tegangan. Sehingga dihasilkan tegangan dengan level sebesar 5 Volt.

Rangkaian sistem protek tv polytron


Tegangan 5 Volt yang didapat dari blok vertikal tersebut selanjutnya diumpankan ke sirkuit protek pada IC program melalui pin protek. Idealnya dalam keadaan normal, tegangan 5 Volt pada pin protek ini harus ada sehingga tv dapat dinyalakan dengan normal. Jika pin protek kehilangan tegangan 5 Volt maka rangkaian protek akan aktif dengan mematikan blok rangkaian tv agar tidak bekerja. Caranya adalah dengan menon-aktifkan blok rangkaian horisontal tv.

Letak pin protek pada bebrapa jenis rangkaian tv Polytron :
  • Pada rangkaian dengan IC tunggal pin protek pada kaki no 42
  • Pada rangkaian yang menggunakan IC Chroma letak protek pada pin no 60
  • Pada ramngkaian dengan jenis IC tempel / smd pinprotek biasanya pada kaki no 80

Penyebab Tv Polytron Protek

Gejala tv Polytron yang protek biasanya ditandai dengan tv tidak mau menyala saat tombol power ditekan, namun lampu indikator power bisa menyala. Pada kasus tertentu tv masih bisa start namun tidak berapa lama kemudian mati standby kembali.

Untuk mengetes apakah kerusakan terjadi pada bagian protek dapat dilakukan dengan menekan tombol menu pada remote sampai tv bisa start. Ketika tv sudah start maka rangkaian mesin tv sudah bisa bekerja namun tidak berfungsi dengan normal. Biasanya ditandai dengan gambar berupa garis horisontal saja tanpa ada gambar sama sekali.

Beberapa penyebab tv Polytron yang mengalami gangguan protek adalah :
  • Blok rangkaian horisontal khususnya sirkuit flyback tidak bekerja sehingga tidak memberikan tegangan untuk blok rangkaian vertikal.
  • Sirkuit vertikal tidak bekerja sehingga tidak menghasilkan pulsa untuk memberikan tegangan 5 Volt pada pin protek. Rangkaian vertikal yang tidak bekerja biasanya disebabkan tidak mendapatkan tegangan dari flyback. 
  • IC vertikal mati sehingga blok rangkaian vertikal lumpuh
  • Elko kopel pulsa pump-up untuk pin protek sudah kering sehingga tidak bisa menyalurkan tegangan untuk pin protek pada IC.
  • Dioda penyearah pulsa mati
  • Kerusakan pada blok rangkaian protek di dalam IC itu sendiri

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Sistem Protek Tv Polytron"