Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Iklan Televisi bisa Disajikan Secara?

Bengkel Tv -  Keunggulan Iklan Televisi bisa Disajikan Secara, Iklan televisi merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan jangkauan yang luas dan sasarannya yang spesifik, iklan televisi memiliki keunggulan yang tak terbantahkan. Tapi, tahukah Anda bahwa keunggulan tersebut bisa disajikan secara lebih efektif dan menarik?

Pengertian Iklan Televisi 

Iklan televisi adalah bagian dari mix pemasaran atau promosi yang bertujuan untuk mempromosikan, mempengaruhi, dan mengumumkan produk kepada pelanggan atau konsumen agar mereka tertarik dan melakukan pembelian.

Kekuatan dari pengertian iklan televisi sangat penting untuk menunjang keberhasilan bisnis, karena memiliki atau menarik banyak pelanggan atau konsumen adalah tujuan utama dari sebuah bisnis.

Saat ini fasilitas periklanan banyak jenisnya berasal dari pemasaran digital maupun konvensional mereka punyai kelebihan tiap-tiap baik itu berasal dari aspek biaya maupun efektifitas iklan yang di buat. Begitu termasuk dengan fasilitas yang lain tentu termasuk punyai Kelebihan dan Kelemahan Iklan Televisi pun layaknya itu. Nah pembahasan ini memfokuskan pada fasilitas televisi.

Jenis-Jenis Iklan Televisi 

Pada televisi terdapat beberapa jenis iklan yang ditayangkan. Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa jenis iklan televisi. 

1. Iklan Komersial 

Tujuan iklan ini dipasang ialah untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Tentunya, iklan ini juga digunakan untuk meningkatkan penjualan. Iklan ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu iklan konsumen, iklan bisnis dan iklan profesional. 

2. Iklan Nonkomersial 

Iklan nonkomersial tidak bertujuan untuk mencari keuntungan finansial. Lebih fokus pada memperoleh keuntungan sosial, yaitu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Pembuat iklan berharap dapat mengubah perilaku dan sikap masyarakat melalui iklan yang ditampilkan.

3. Iklan Elektronik 

Tampilan iklan televisi memanfaatkan media elektronik sebagai alat penyampaian iklan yang dibuat. Contoh iklan elektronik yang ditayangkan di televisi antara lain iklan animasi, musik, sponsor program, running text, ad lib, promo ad, back drop, credit title, dan lain sebagainya.

4. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat biasanya ditempatkan di antara acara. Bentuk iklan ini biasanya disiarkan atas permintaan pemerintah atau organisasi untuk membangun solidaritas masyarakat luas atau menyampaikan informasi penting."

Unsur-Unsur Iklan Televisi 

Secara sederhana, iklan televisi terdiri dari dua unsur atau elemen. Menurut berbagai sumber, inilah penjelasan dari kedua elemen tersebut. 

1. Audio

Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini juga dapat berbentuk musik dan suara lainnya. Unsur yang termasuk kedalam audio seperti berikut ini. 

  1. Suara: Dalam iklan televisi, seringkali terdapat suara narator yang menyampaikan informasi produk.
  2. Musik: Dalam iklan televisi, dapat berupa backsound atau musik pendukung untuk suara narator.
  3. Jingle: Unsur audio yang mengandung kalimat atau lagu yang menarik, dan seringkali memuat informasi tentang produk dalam iklan.
  4. Sound Effect: Unsur ini digunakan sebagai penunjang dalam satu iklan yang ditampilkan di televisi.

2. Visual 

Unsur ini adalah unsur yang penting dalam tampilan iklan di televisi. Unsur visual ini berbentuk sebuah gambar yang bergerak. Unsur visual tersebut memiliki arti tertentu. 

  1. Warna: Unsur ini sangat penting dalam membuat iklan televisi. Warna memberikan gambaran dari produk dan memiliki arti psikologis.
  2. Alur cerita: Iklan dengan alur cerita yang bermakna atau memiliki arti akan meninggalkan kesan pada pikiran penonton.

Setiap cara atau usaha memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari iklan televisi."


Keunggulan Iklan Televisi bisa Disajikan Secara

Menurut Morissan (2010: 240-243), Iklan di televisi memiliki kelebihan dibandingkan media iklan lainnya.

Berikut beberapa kelebihan beriklan di televisi :

1. Memiliki Jangkauan yang luas

Dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk baru, pemasar dapat menjangkau wilayah yang luas, bahkan seluruh wilayah yang memiliki jangkauan siaran televisi, secara serentak.

2. Selektivitas dan fleksibilitas

Saat ini, banyak orang yang merasa media televisi kurang efektif dalam menjangkau pasar tertentu. Namun, sebenarnya segmentasi pasar dapat dilakukan melalui isi program, waktu siaran, atau jangkauan geografis siaran televisi. Promosi produk yang efektif dapat dicapai dengan menayangkan program televisi yang menarik perhatian audiens yang diinginkan.

3. Fokus perhatian

Ketika sebuah iklan ditayangkan, siaran TV akan selalu menjadi perhatian audiens. Saat iklan muncul di layar TV, perhatian audiens akan tertuju pada tayangan iklan yang sedang disiarkan.

4. Kreativitas

Kekuatan personalitas manusia dapat dimanfaatkan dalam iklan televisi untuk mempromosikan produk. Iklan televisi dapat mempengaruhi audiens melalui bahasa tubuh seseorang yang membujuk untuk membeli produk yang ditawarkan. Terkadang, beberapa tayangan iklan di televisi hanya menunjukkan aspek hiburan, tanpa menunjukkan aspek komersial secara jelas.

5. Waktu tertentu

Pada saat calon konsumen potensial sedang menonton televisi diwaktu-waktu tertenty maka produk dapat ditayangkan ditelevisi. Dengan demikian, iklan dapat ditayangkan pada waktu tertentu sesuai dengan waktu target calon pelanggan menonton TV.

Kelemahan iklan televisi

Menurut Rhenal Kasali (2007: 122), terdapat kelemahan iklan ditelevisi diantaranya adalah :

1. Membutuhkan biaya yang sangat besar.

Kelemahan utama beriklan di televisi adalah biaya produksi dan siaran yang sangat besar. Meskipun iklan di televisi dapat dengan mudah menjangkau target audiens, biaya yang dibutuhkan membuat pengiklan merasa terganggu. Biaya produksi meliputi biaya pembuatan iklan dan honor artis yang memerlukan uang yang tidak sedikit. Tak hanya itu, biaya iklan di televisi yang besar dan harus dilakukan secara berulang-ulang juga menjadi masalah.

2. Target audiens tidak tertarget dengan baik

Meskipun saat ini ada banyak media teknologi yang dapat menjangkau target pasar yang lebih selektif, TV masih merupakan media iklan yang tidak selektif. Segmentasi audiens di televisi tidak seakurat dibandingkan media seperti surat kabar dan majalah. Ini dapat menyebabkan segmentasi iklan yang disiarkan di televisi tidak tepat sasaran.

3. Kesulitan teknis

Media iklan ditelevisi memiliki aturan teknis yang rumit dan tidak luwes karena iklan yang akan ditayangkan tidak mudah untuk merubah jadwalnya terutama ketika menjelang jam tayang iklan.


Penutup

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keunggulan iklan televisi dapat disajikan secara visual dan audio, membuat iklan televisi menjadi media iklan yang kuat dan efektif. 

Keunggulan ini memungkinkan pemasar untuk menyampaikan pesan produknya dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens. 

Meskipun membutuhkan biaya produksi dan siaran yang besar, namun jika digunakan dengan tepat iklan televisi dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan membangun merek. 

Oleh karena itu, keunggulan iklan televisi patut dipertimbangkan dalam mempromosikan produk dan bisnis Anda. Semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk " Keunggulan Iklan Televisi bisa Disajikan Secara?"