Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Dimensi Kulkas 2 Pintu Lengkap

Bengkel Tv - Kulkas 2 pintu adalah jenis kulkas yang memiliki dua pintu atau bisa dibilang bagian freezer dan kulkasnya berbeda. Kulkas dengan dua pintu seperti ini dapat menampung makanan yang lebih banyak dibanding dengan kulkas satu pintu, karena ukurannya yang lebih besar.

Kesalahan dalam memilih dimensi kulkas 2 pintu dapat berdampak pada peningkatan beban daya listrik. Selain itu, memilih ukuran yang terlalu besar juga dapat membuat ruangan terlihat sempit.

Dimensi kulkas adalah bentuk fisik secara keseluruhan dari kulkas. Ini tentu saja akan mempengaruhi kapasitas kulkas dalam menyimpan bahan makanan atau minuman. Semakin besar dimensinya, semakin besar pula kapasitasnya, tetapi watt kulkas juga akan meningkat.

Kelebihan kulkas dua pintu 

1. Kapasitas lebih besar 

Dibandingkan dengan kulkas satu pintu, kulkas dua pintu memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, sehingga memungkinkan pemilik untuk menyimpan lebih banyak makanan dan minuman.

Dengan adanya kulkas dua pintu, Anda tidak perlu repot memotong makanan yang besar agar bisa masuk ke dalam kulkas. Ini memungkinkan setiap pemilik untuk menyimpan makanan dalam bentuk aslinya.

2. Freezer lebih besar 

Karena penempatan yang terpisah, itu membuat ruang freezer pada kulkas dua pintu jauh lebih besar. 

3. Efek pendinginan lebih besar 

Dibandingkan kulkas satu pintu, kulkas dua pintu memiliki efek pendinginan yang lebih besar dan suhu dingin bisa menjangkau semua makanan yang disimpan. Kelebihan kulkas dua pintu ini memungkinkan makanan dapat disimpan lebih awet dan tahan lama. 

4. Memiliki fitur tambahan yang lebih canggih 

Kulkas dua pintu umumnya dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, yang mana beberapa di antaranya terdapat layar touch green. 

5. Bebas bunga es 

Biasanya, produk kulkas dua pintu sudah dilengkapi dengan teknologi frost-free, sehingga pemilik tidak perlu khawatir dengan pembentukan es. Tanpa adanya pembentukan es, Anda dapat memaksimalkan ruang di dalam freezer untuk menyimpan bahan makanan.

Kekurangan kulkas dua pintu 

1. Butuh ruang yang besar untuk meletakkannya 

Karena ukuran kulkas dua pintu cenderung lebih besar dan tinggi, dibutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar ketimbang kulkas satu pintu. 

2. Daya listrik lebih besar 

Berbeda dengan kulkas satu pintu, kulkas dua pintu memiliki daya listrik yang lebih besar sehingga penggunaan listriknya bisa lebih banyak, apalagi jika kulkas tersebut jarang mendapat perawatan rutin. 

3. Harga lebih mahal 

Harga dan biaya perawatan kulkas dua pintu cenderung jauh lebih besar ketimbang kulkas satu pintu sehingga ini menjadi salah satu kekurangannya.

Cara menghitung dimensi kulkas

Dimensi kulkas 2 pintu terdiri dari lebar, kedalaman, dan tinggi. Lebar (width) diukur dari sisi ke sisi, kedalaman (depth) diukur dari depan ke belakang, dan tinggi (height) diukur dari bawah ke atas.

Perhitungan ini akan menghasilkan volume kulkas secara keseluruhan. Sementara kapasitas penyimpanan kulkas dihitung dari dimensi ruangan penyimpanan di dalam kulkas, baik ruangan pendingin maupun ruangan beku.

Produsen kulkas menentukan volume kulkas menggunakan besaran liter. Dimana semakin besar nilainya , maka semakin luas tempat penyimpanan kulkas tersebut.

Untuk mengetahui dimensi kulkas, kita dapat melihat pada data spesifikasi kulkas yang diberikan oleh agen penjual kulkas atau pada etalase toko online kulkas.

Daftar dimensi Kulkas 2 Pintu

Berikut ini merupakan daftar ukuran kulkas 2 pintu beberapa merk kulkas yang banyak beredar di Indonesia.

Tips menentukan dimensi kulkas 2 pintu

Agar anda bisa mendapatkan kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan ruangan di rumah anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan.

1. Cek jumlah barang yang akan dimasukkan ke kulkas

Sebelum memutuskan untuk membeli kulkas 2 pintu dengan dimensi besar, ada baiknya untuk memperkirakan terlebih dahulu kapasitas barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam kulkas.

Jangan sampai kapasitas ruangan penyimpanan kulkas yang anda beli sia sia karena ternyata jumlah bahan makanan dan minuman yang anda masukkan tidak seberapa. Apalagi bagi anda yang memiliki anggota keluarga tidak banyak. Tentunya jumlah makanan yang disimpan tidak akan sebanyak keluarga dengan beberapa orang anak.

2. Apakah ruangan anda cukup besar ?

Membeli kulkas 2 pintu dengan ukuran besar berarti Anda harus mempersiapkan ruangan di rumah yang lebih luas. Anda harus merancang tata letak perabotan rumah tangga lainnya agar tidak terasa sempit saat menambahkan kulkas dengan dimensi besar.

Pilih kulkas dengan dimensi yang sesuai dengan luas ruangan rumah anda. Sehingga kehadiran kulkas dapat memberikan kesan ruangan lebih nyaman dan artistik.

3. Periksa daya listrik rumah anda

Kulkas 2 pintu umumnya memiliki kebutuhan daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan kulkas 1 pintu. Karena itu, anda mesti memeriksa daya maksimum listrik di rumah anda.

Jangan sampai setelah anda membeli lemari es 2 pintu berukuran besar membuat aliran listrik di rumah anda sering mati karena kelebihan beban.


Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa memilih kulkas 2 pintu yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan merupakan hal yang sangat penting. Apabila anda ingin memiliki kulkas 2 pintu, sebaiknya perhatikan faktor-faktor seperti kapasitas penyimpanan, daya listrik, dan ukuran ruangan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, anda dapat memilih kulkas 2 pintu yang sesuai dengan kebutuhan dan memastikan ruangan di rumah anda tetap terasa luas.

Daftar dimensi kulkas 2 pintu lengkap yang tersedia di pasaran sangat membantu anda dalam memilih kulkas yang sesuai. Jadi, pastikan untuk melihat daftar dimensi kulkas 2 pintu lengkap sebelum memutuskan membeli kulkas baru. Semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk " Daftar Dimensi Kulkas 2 Pintu Lengkap"