Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Thermostat Kulkas Rusak Dan Cara Memeriksanya dengan Baik

Bengkel Tv - Pada setiap mesin, termasuk kulkas, penting untuk memiliki bagian yang dapat memantau suhu dan memastikan bahwa suhu tetap stabil. Salah satu bagian penting pada kulkas adalah thermostat. 

Thermostat bertanggung jawab untuk mengontrol suhu dalam kulkas dan memastikan bahwa suhu tetap optimal untuk memastikan makanan dan minuman tetap terjaga. Namun, seiring waktu, thermostat dapat mengalami kerusakan dan memerlukan perawatan atau perbaikan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri thermostat kulkas yang rusak dan cara memeriksanya dengan baik.

A. Pengertian Thermostat Kulkas

Thermostat adalah bagian penting yang berfungsi untuk mengatur suhu pada kulkas. Ia bekerja secara otomatis dengan memutuskan kapan mesin harus bekerja dan kapan harus berada dalam kondisi standby.

Sebagian besar mesin pendingin, termasuk AC, juga menggunakan thermostat untuk mengontrol suhu. Dalam beberapa kasus, thermostat disebut dengan istilah thermistor.

Jadi, apabila temperature didalam kulkas sudah mencapai sesuai yang kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik yang ke mesin untuk stunby. Dan jika suhu temperature sudah mulai naik kembali, maka mesin akan nyala dan mendinginkan ruangan kulkas, begitu juga seterusnya.

B. Bagaimana Cara Kerja Thermostat Kulkas tersebut ?

Thermostat memanfaatkan sensor yang berisi gas yang memiliki sifat yang berubah saat dingin. Bila sensor terpapar pada lingkungan dengan suhu rendah, gas di dalamnya akan mengalami penurunan tekanan.

Perubahan tekanan ini menyebabkan kontak switch pada thermostat beralih dari posisi tertutup menjadi terbuka. Semakin rendah suhu yang mengenai sensor, semakin rendah nilai tekanan gas di dalamnya.

Untuk menentukan batas tekanan di mana kontak switch akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Dengan kata lain, perubahan kontak pada thermostat dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Knop biasanya memiliki angka 1, 2, 3, 4, 5. Semakin tinggi angka tersebut, semakin rendah suhu yang dibutuhkan untuk membuka kontak switch. Oleh karena itu, jika ingin mengatur kulkas pada suhu yang sangat dingin, harus menggunakan angka yang paling tinggi, bukan sebaliknya.

Jika sudah sampai di sini, mungkin ada yang bertanya apa yang terjadi jika thermostat rusak atau tidak digunakan.

Jika hal ini terjadi, mesin kompresor tidak akan menyala dan kulkas tidak akan dingin, karena tidak ada aliran listrik yang mengalir ke mesin. Sistem kelistrikan pada kulkas saling terkait satu sama lain, sehingga jika salah satu komponen rusak, hal tersebut akan mempengaruhi komponen lainnya.

...dan bila dilangsungkan yaitu tidak memakai thermostat, mesin akan nyala terus tidak bisa standby dan ini bisa mengakibatkan mesin cepat rusak / jebol.

C. Ciri Thermostat Kulkas Rusak

Ada beberapa ciri yang dapat menandakan terjadi kerusakan pada kulkas yang disebabkan oleh thermostat kulkas rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kulkas tidak dingin

Thermostat pada kulkas terkoneksi secara langsung dengan timer atau tombol pengatur suhu yang ada di dalam kulkas. Jika terjadi masalah pada thermostat, maka lemari es atau kulkas akan mengalami gejala tidak dingin. Meskipun kulkas sudah menyala selama beberapa waktu dan tombol pengatur suhu sudah diatur ke posisi maksimal, tetap saja lemari es tidak bekerja dengan baik.

2. Munculnya bunga es di freezer

Pada kondisi normal, switch yang ada di dalam thermostat akan membuka ketika suhu di dalam freezer mencapai suhu yang telah ditentukan sesuai dengan pengaturan pada tombol pengatur suhu. Jika switch di dalam thermostat tidak dapat membuka ketika suhu kulkas telah dingin, maka hal ini akan menyebabkan munculnya bunga es di dalam freezer box.

3. Kulkas menjadi kurang dingin

Selain bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin, kerusakan pada thermostat juga dapat mengakibatkan kulkas tidak mencapai dingin maksimal. Meskipun kita sudah mengatur knop pengatur suhu, namun suhu di dalam freezer box tidak dapat mencapai suhu dingin seperti biasanya.

4. Kompresor menyala terus menerus

Kompresor kulkas bekerja untuk mengambil dan mengalirkan gas freon atau refrigerant melalui pipa kapiler pendingin. Biasanya, kompresor akan menyala ketika suhu di dalam kulkas meningkat dan akan berhenti bekerja ketika suhu kulkas sudah dingin.

Namun, jika terjadi kerusakan pada mekanisme switch yang ada di dalam thermostat kulkas, hal ini dapat menyebabkan kompresor bekerja terus-menerus. Kondisi seperti ini tentu saja dapat mempercepat kerusakan pada kompresor kulkas.

5. Kompresor tidak menyala

Kerja kompresor kulkas untuk mensirkulasikan gas freon di dalam pipa pendingin dikendalikan oleh thermostat. Saat terjadi kenaikan suhu di dalam ruangan freezer, maka thermostat akan menyalakan kompresor. Sebaliknya, apabila suhu di freezer sudah dingin, maka thermostat akan memutus aliran listrik ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti menyala.

D. Bentuk Thermostat Kulkas

Biasanya, thermostat kulkas berupa kotak dengan pipa sensor yang berisi gas dan berjulur. Di salah satu sisi thermostat terdapat tombol untuk mengatur suhu yang diinginkan oleh pengguna.

Posisi thermostat berada di dalam kulkas atau lemari es. Ada yang terletak di sisi samping atau di bagian tengah kulkas. Setiap jenis dan merek kulkas tidak selalu menempatkan thermostat pengatur suhu pada posisi yang sama.

E. Cara cek Thermostat Kulkas

Pada umumnya, thermostat kulkas memiliki dua terminal kabel yang terhubung ke kompresor dan arus listrik. Di dalam thermostat terdapat switch yang akan memutuskan dan menghubungkan kedua terminal tersebut.

Untuk memeriksa kondisi thermostat kulkas, kita membutuhkan multimeter dan sebak air es dingin. Air es dingin digunakan untuk memeriksa apakah sensor suhu pada thermostat masih berfungsi atau tidak.

  1. Lepas thermostat kulkas dari dalam kulkas.
  2. Lepas soket terminal kabel yang terhubung ke thermostat.
  3. Lepas pipa sensor suhu dari evaporator.
  4. Diamkan beberapa lama thermostat agar terkena suhu luar
  5. Ukur hambatan kedua terminal thermostat menggunakan multimeter pada skala pengukuran Ohm.
  6. Pada kondisi thermostat normal, jarum multimeter akan bergerak ke kanan.
  7. Celupkan ujung pipa sensor ke air es yang dingin, setelah beberapa saat seharusnya jarum multimeter akan kembali ke kiri.

F. Harga mesin otomatis kulkas

Jika terdeteksi bahwa kondisi thermostat sudah tidak baik, sebaiknya segera diganti agar kulkas dapat kembali bekerja dengan normal. Harga thermostat untuk kulkas 1 pintu berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 100.000, tergantung tipe dan kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan thermostat di toko penyedia komponen kulkas di sekitar anda atau lewat toko online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau Lazada. Pastikan untuk membeli thermostat pengganti yang sesuai baik ukuran maupun jenisnya.


Penutup

Thermostat kulkas memainkan peran penting dalam menjaga suhu dalam kulkas agar tetap stabil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri thermostat kulkas rusak agar dapat segera diketahui dan dikerjakan perbaikan. 

Beberapa ciri thermostat kulkas rusak adalah suhu kulkas tidak stabil, kompresor beroperasi terus menerus, dan bunga es muncul di dalam kulkas.

Untuk memeriksa kondisi thermostat kulkas, kita membutuhkan alat bantu seperti multimeter dan air es dingin. Proses pemeriksaan thermostat kulkas harus dilakukan dengan baik dan hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lain dalam kulkas.

Jika didapati kondisi thermostat sudah tidak baik, sebaiknya segera diganti agar kulkas dapat kembali bekerja dengan normal. Harga thermostat untuk kulkas 1 pintu berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 100.000, tergantung tipe dan kualitasnya.

Dengan memahami ciri thermostat kulkas rusak dan cara memeriksanya dengan baik, kita dapat memastikan kulkas bekerja dengan baik dan menghindari masalah suhu tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulkas. Semoga bermanfaat

1 komentar untuk " Ciri Thermostat Kulkas Rusak Dan Cara Memeriksanya dengan Baik"