Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema Kulkas 1 Pintu dan Beberapa Fungsi Komponennya


Skema Kulkas 1 Pintu - Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu masih tetap menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh model lain, seperti ukuran yang kecil dan konsumsi daya listrik yang cenderung lebih rendah. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA.

Untuk menjadi seorang teknisi kulkas, penting untuk membaca dan memahami skema kulkas satu pintu dan dua pintu. Karena dengan pemahaman yang baik tentang jalur kabel kelistrikan kulkas akan membantu dalam menganalisa kerusakan yang terjadi. Skema kelistrikan kulkas pada dasarnya tidak terlalu rumit dan perbedaan antara kulkas satu pintu dengan dua pintu hanya terletak pada penambahan komponen.

Biasanya, produsen kulkas akan menempelkan skema kulkas di belakang body kulkas untuk memudahkan teknisi dalam memperbaikinya, Namun ada juga beberapa kulkas yang tidak menyertakan skema kelistrikan, sehingga akan cukup sulit bagi teknisi baru untuk mengatur jalur kabel yang benar.


Contoh Skema Kulkas 1 Pintu

Berikut ini adalah contoh diagram jalur kabel kulkas 1 pintu serta penjelasannya fungsi tiap komponennya lengkap : 

Prinsip Kerja Rangkaian Kulkas 1 Pintu

  1. Dalam kondisi normal, kompresor kulkas akan bekerja setelah mendapat tegangan 220 VAC. 
  2. Kondisi normal ditandai dengan posisi overload relay (sebelah kanan pada gambar) dan thermostat (sebelah kiri pada gambar) dalam kondisi tertutup. Ini akan menciptakan sirkuit yang tertutup, sehingga arus listrik akan mengalir ke kompresor. 
  3. Apabila temperatur kulkas mencapai suatu nilai tertentu (low temp atau dingin), biasanya dapat disetel melalui kenop, maka saklar thermostat akan berubah dari tertutup menjadi terbuka. 
  4. Dengan kondisi saklar thermostat yang terbuka, sirkuit rangkaian pun akan terbuka, sehingga kompresor tidak menerima arus listrik dan tidak bekerja. 
  5. Dalam beberapa menit, ketika temperatur kulkas mencapai nilai tertentu (high temp atau hangat), saklar thermostat akan berubah kembali dari terbuka menjadi tertutup. 
  6. Dengan kondisi saklar thermostat yang tertutup, sirkuit rangkaian pun menjadi tertutup dan kompresor menerima arus listrik dan bekerja. 
  7. Kompresor bekerja dan proses ini akan terus berulang kecuali ada kondisi abnormal seperti beban yang berlebih pada kompresor, kerusakan karena faktor usia atau overload relay yang terbuka dan memutus sirkuit atau kerusakan pada alat-alat lainnya.

Tambahan:

Thermostat adalah saklar yang bekerja berdasarkan perubahan temperatur atau suhu. Thermostat akan memutuskan arus listrik yang masuk kompresor apabila temperatur yang diinginkan telah tercapai.


Penjelasan Kelistrikan Kulkas 1 Pintu

Berikut ini penjelasan gambar kelistrikan yang umum terdapat pada kulkas satu pintu:

1. Motor Kompresor 

Adalah komponen utama pada kulkas yang bertugas untuk mengemudi refrigeran yang digunakan untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. Kompresor menggunakan motor listrik untuk bekerja yang akan menggerakkan piston di dalamnya.

.2 Thermostat 

Adalah komponen elektronik yang bertugas untuk mengatur suhu di dalam kulkas sesuai dengan yang diinginkan. Pengontrol suhu ini biasanya terdiri dari thermostat yang terhubung ke kompresor melalui saklar kontaktor.

3. Saklar Lampu 

Adalah saklar elektronik yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu dengan mekanisme membuka dan menutup pintu kulkas. Lampu ini biasanya menggunakan lampu LED atau lampu fluorescent yang mengonsumsi arus listrik yang lebih rendah.

4. Lampu Kabin 

Adalah lampu penerangan di dalam kabin kulkas. Mekanisme kerjanya adalah sebagai berikut: lampu akan menyala saat pintu kulkas dibuka dan lampu akan mati saat pintu kulkas ditutup.

5. Overload Protector 

Adalah komponen kelistrikan kulkas yang berfungsi untuk melindungi kompresor dari panas yang berlebih. Jika suhu kompresor meningkat, overload akan memutuskan kontaknya. Jika suhu kembali normal, kontak akan terhubung kembali.

6. Relay PTC (positive temperature coefficient) 

Adalah alat yang berfungsi sebagai relay yang kerjanya berdasarkan suhu. Jika suhu pada PTC naik, maka arus listrik yang mengalir akan terputus.


Berikut Contoh Kulkas 1 Pintu dan Harganya

a. Kulkas 1 Pintu Merk Polytron

Salah satu rekomendasi kulkas satu pintu yang dapat Anda pertimbangkan adalah Polytron PRA 17HORF. Tipe ini memiliki kapasitas 170 liter dan daya listrik 80 watt. Dengan ukuran seluas 577x545x1110 mm dan desain finishing tempered glass pada muka pintu.

b. Kulkas 1 Pintu Merk Panasonic

Berikutnya, ada kulkas satu pintu dari Panasonic dengan tipe NR-AF191S. Ini memiliki kapasitas 164 liter dan garansi kompresor lima tahun. Dipasarkan dengan harga Rp 1.914.000 yang masih terjangkau. Dimensi dari tipe ini lebih minimalis dibanding Polytron PRA 17HORF, yaitu seluas 525x509x1202 mm. Produsen mengklaim bahwa kulkas satu pintu ini memiliki ruang penyimpanan sayuran yang besar.

c. Kulkas 1 Pintu Merk Sharp

Secara daya listrik, tipe Sharp SJ-N192D-VB/VR lebih besar dibandingkan dengan kedua model kulkas satu pintu di atas. Namun, dari segi desain, Sharp SJ-N192D-VB/VR lebih menarik dengan tampilan bunga aurora yang cantik. Kulkas satu pintu ini juga dilengkapi dengan Semi Automatic Defrost System, sehingga Anda tidak perlu repot membersihkan bunga es pada bagian freezer.

d. Kulkas 1 Pintu Merk Aqua

Sesuai dengan yang tercantum di situs Aqua, kulkas satu pintu tipe ini dilengkapi dengan fitur full insulation sehingga dapat mempercepat proses pendinginan di dalam lemari es dan lebih hemat energi. Desain pintunya dirancang dengan multi handle alias kombinasi gagang atas dan samping agar lebih nyaman digunakan. Harga Aqua AQR-D191 dibanderol Rp 1.670.000.

e. Kulkas 1 Pintu Merk Sanken

Kulkas satu pintu Sanken SK-V181 ACB memiliki teknologi dinding HD tebal dan padat, serta dilengkapi dengan karet pintu berkualitas yang menjadikan kulkas ini meraih skor rata-rata running ratio 36%. Artinya kulkas ini lebih cepat dinginnya, dan mampu menjaga kestabilan suhu dan kesegaran makanan.

Kulkas ini memiliki daya listrik sebesar 80 watt dan kapasitas 154 liter. Ukurannya selebar 544x550x1152 mm dengan warna pintu yang menarik yakni champagne bold.

f. Kulkas 1 Pintu Merk LG

Dijual dengan harga hampir Rp2 juta, kulkas satu pintu LG GN-201CK dilengkapi dengan fitur bio shield berupa lapisan khusus pada karet yang melingkar pada tepian pintu kulkas. Fitur ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Selain menjaga kesehatan, bio shield juga memberikan ketahanan yang lebih pada usia pakai kulkas.


Demikian ulasan mengenai Skema Kulkas 1 Pintu dan Beberapa Fungsi Komponennya, semoga mudah kalian pahami dan bermanfaat yaa.

Posting Komentar untuk " Skema Kulkas 1 Pintu dan Beberapa Fungsi Komponennya"