Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memparalel Transistor 2N3055 Secara Lengkap

Bengkel Tv - Transistor 2N3055 adalah transistor NPN daya. Keuntungan dari transistor 2N3055 ini sering digunakan dalam rangkaian elektronik, seperti sebagai inverter, rangkaian alat penyuplai daya, rangkaian switching kecepatan tinggi, dan lainnya.

Pengertian Transistor 2N3055 

Transistor 2N3055 atau TIP3055 adalah salah satu jenis transistor bipolar yang sering digunakan dalam penguat audio. Anda dapat dengan mudah menemukan transistor ini dipasang sebagai transistor akhir dalam rangkaian speaker aktif. 

Hal ini tidak mengherankan karena transistor ini memiliki tingkat penguatan sinyal yang besar dengan tegangan kolektor maksimum yang tinggi. Selain itu, harga transistor 2N3055 juga relatif murah. Biasanya, transistor ini dipasangkan dengan transistor 2N2955 dalam sirkuit OCL dengan berbagai variasi.

Meskipun daya keluaran atau output pasangan transistor ini sudah cukup besar, tetapi tidak jarang orang yang ingin daya yang lebih besar lagi agar dapat menghasilkan dentuman bass yang lebih keras. 

Karena itu, banyak penggemar elektronika audio yang memparalelkan transistor akhir hingga beberapa buah dengan tujuan untuk menambah daya output yang dihasilkan oleh sirkuit power audio.

Fitur dan Spesifikasi Transistor 2N3055

  1. Transistor daya sedang
  2. Daerah operasi aman yang sangat baik
  3. Komplementer NPN - transistor PNP
  4. Tegangan saturasi kolektor-emitor rendah
  5. Penguatan arus DC (hFE) hingga 70
  6. Dengan peningkatan linearitas
  7. Tegangan maksimum melintasi kolektor dan emitor: 60V DC
  8. Kolektor arus maksimum yang diizinkan: 15A DC
  9. Tegangan maksimum melintasi basis dan emitor: 7V DC
  10. Arus maksimum yang diizinkan melalui basis: 7A DC
  11. Tegangan maksimum melintasi kolektor dan basis: 100V DC
  12. Disipasi daya total: 115W

Cara Memparalel Transistor 2N3055 

Ketika akan membuat rangkaian paralel transistor 2N3055 atau 2N2955, kita tidak boleh sembarangan, karena dapat menyebabkan kerusakan pada transistor yang digunakan. 

Untuk membuat rangkaian paralel ini, kita perlu menambahkan beberapa resistor dengan daya 5W pada pin emitor transistor. Selain itu, pada beberapa jenis sistem penguat juga diperlukan resistor pembatas arus pada kaki basis transistor.

Di bawah ini merupakan contoh skema rangkaian cara membuat paralel transistor 2N3055 dan 2N2955 yang biasa digunakan pada rangkaian OCL dan BTL. Namun, cara ini juga sering digunakan pada sistem penguat audio lain. 

Gambar di atas menunjukkan cara menggabungkan beberapa transistor final secara paralel. Selain transistor tipe NPN seperti yang ditunjukkan dalam gambar, kita juga dapat menggabungkan transistor tipe PNP, seperti 2N2955 dengan cara yang sama. Namun, power supply yang digunakan adalah positif.

Fitur dan PinOut dari 2n3055


Seperti transistor lainnya, El 2N3055 memiliki 3 koneksi untuk emitor, basis, dan kolektor. Kami telah membahas hal ini di artikel lain tentang transistor. Oleh karena itu, tidak ada keraguan tentang susunan pin dari transistor NPN ini. 

Konfigurasinya adalah pin 1 untuk basis, yang digunakan sebagai sakelar untuk mengatur arus melewati semikonduktor atau tidak, pin 2 adalah emitor (biasanya terhubung ke GND atau ground), dan pin 3 adalah kolektor yang sebenarnya adalah TAB karena tidak ada pin ketiga (biasanya terhubung ke daya).

Transistor 2n3055 dapat digunakan untuk sirkuit daya menengah, aman, dengan saturasi rendah antara tegangan kolektor-emitor. 

Kemasannya tersedia bebas timbal, memiliki gain lebih dari 70 hFE untuk arus searah (linier), tegangan maksimum yang dapat ditangani atau dilewati kolektor dan emitor adalah 60v untuk DC, sama dengan arus maksimum yang dapat dilewati kolektor adalah 15A secara terus menerus.

Untuk basis, batasnya berada pada 7v (basis-emitor) dan 7A DC dalam kedua kasus. Dalam kasus tegangan antara kolektor dan basis, itu bisa mencapai 100v. Jika kita melihat suhu di mana ia dapat beroperasi, kisarannya antara -65 hingga + 200ºC. 

Oleh karena itu, ia dapat bekerja pada suhu ekstrim tanpa masalah, sesuatu yang tidak dapat ditoleransi oleh semua perangkat elektronik, terutama jika dilihat dari suhu maksimum yang didukung. Ngomong-ngomong, dalam hal disipasi daya, mencapai 115W, tidak bisa diabaikan.

Posting Komentar untuk " Cara Memparalel Transistor 2N3055 Secara Lengkap"