Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Mengenal Apa Itu Guru Profesional?

Apa Itu Guru Profesional?-Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Mari Mengenal Apa Itu Guru Profesional?. Guru Profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan.

Guru profesional senantiasa mengusai bahan atau mata pelajaran yang akan di ajarkan dalam interaksi belajar mengajar dan senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan , baik dalam segi ilmu yang dimilikinya atau dari segi pengalamannya. Seddangkan profesionalisme guru adalah kemampuan guru untuk bisa melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar meliputi kemampuan merencanakan,melakukan,dan juga melaksanakan evaluasi pembelajaran. 

Guru yang profesional akan menjadi harapan kita semua dikarenakan adanya peningkatan kemampuan guru sehingga menjadi guru yang profesional diharapkan kualitas pendidikan di indonesia bisa mengalami peningkatan secara signifikan. Siswa perlu di didik dan dibina oleh guru yang profesional sehingga kualitas yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Guru profesional hendaknya memiliki empat kompetensi guru yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Oleh karena itu, selain terampil mengajar, seorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik. Kitapun tentunya ingin menjadi guru profesional, akan tetapi banyak kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi guru yang profesional. Adapun kriteria-kriteria guru profesional tersebut diantaranya:

  1. Mempunyai akhlak dan budi pekerti yang luhur sehingga mampu memberikan contoh yang baik pada siswa.
  2. Mempunyai kemampuan untuk mendidik dan mengajar siswa dengan baik.
  3. Mengusai bahan ajar atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam interaksi belajar mengajar.
  4. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang tugsa.
  5. Mengusai berbagai adminitrasi kependidikan ( RPP, Silabus, Kurikulum, KKM, dan sebagainya ).
  6. Memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa mengabdikan ilmu yang dimiliki pada siswa.
  7. Tidak pernah berhenti untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya.
  8. Mengikuti diklat dan latihan agar bisa menambah wawasan dan pengalaman.
  9. Aktif, kreatif, dan inovatif untuk mengembangkan pembelajaran dan selalu up to date terhadap informasi atau masalah yang terjadi di sekitar.
  10. Menguasai IPTEK (komputer, internet, blog, facebook, website, dsb).
  11. Gemar membaca sebagai upaya untuk menggali dan menambah wawasan 
  12. Tidak pernah berhenti untuk terus berkarya.
  13. Mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan wali murif,teman sejawat dan lingkungan sekitar sekolah.
  14. Aktif dalam kegiatan organisasi kependidikan.
  15. Mempunyai sikap cinta kasih,tulus dan ikhlas dalam mengajar.


Ada beberapa upaya untuk bisa meningkatkan profesionalisme guru telah ditempuh oleh pemerintah, instansi pendidikan dan para guru tentunya. Adapun upaya untuk meningkatkannya adalah sebagai berikut:


1. Menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kualifikasi akademik.

Hal ini sudah berdasarkan kepada UUD guru dan dosesn bahwa untuk guru bisa mendapatkan kompetensi profesional harus melalui pendidikan profesi dan guru juga dituntut untuk bisa memiliki akademik minimal S-1/D-4. Apalagi saat ini perkembangan dunia pendidikan dan sistem pendidikan semakin mengalami peningkatan, dengan melanjutkan tingkatan pendidikan kalian maka di harapkan guru bisa menambah pengetahuannya dan memperoleh informasi baru dalam pendidikan sehingga guru tersebut mengetahui perkembangan ilmu pendidikan.

2. Melalui program sertifikat guru

Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah dengan melaui sertifikasi  dimana dalam sertifikasi tercermin adanya sebuah uji kelayakan dan kepatutan yang harus dijalani seseorang, terhadap kriteria yang secara ideal sudah ditetapkan. Maka dengan adanya sertifikasi akan bisa memacu semangat guru untuk bisa memperbaiki firi dan meningkatkan kualitas ilmu serta profesionalismenya.

3. Memberikan Diklat dan pelatihan bagi guru.

Diklat dan pelatihan merupakan salah satu teknik pembinaan untuk menambah wawasan / pengetahuan guru. Kegiatan diklat dan pelatihan perlu dilaksanakan oleh guru dengan diikuti usaha tindak lanjut untuk menerapkan hasil – hasil diklat dan pelatihan.

4. Gerakan Guru Membaca ( G2M ).

Guru hendaknya mempunyai kesadaran akan pentingnya membaca untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuannya. Tidak lucu bukan kalau guru menyuruh murid-muridnya rajin membaca sedangkan gurunya enggan untuk membaca. Kita sebagai guru harus lebih serba tahu dibandingkan peserta didik. Untuk itu perlu digalakkan Gerakan Guru Membaca. Dalam hal ini guru bisa memanfatkan buku-buku atau media masa yang tersedia diperpustakaan, sekolah ataupun toko buku, atau bisa juga dengan mengakses internet tentang hal-hal yang berhubungan dengan spesialisasinya ataupun pengetahuan umum yang dapat menambah wawasannya.

5. Melalui organisasi kelompok kerja guru (KKG)

Salah satu wadah atau tempat yang digunakan untuk membina dan meningkatkan profesionalisme guru diantaranya adalah melalui KKG ini. KKG merupakan wadah kerjasama guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan profesionalisme yaitu dalam hal merencanakan,melaksanakan dan menilai kemajuan siswa.

6. Selalu Produktif Dalam Menghasilkan Karya-Karya Di Bidang Pendidikan.

Guru sebaiknya memiliki kesadaran untuk lebih banyak menulis,terutama mengenai masalah pendidikan dan pengajaran. Hal ini juga termasuk salah satu cara untuk bisa meningkatkan kemampuan guru dalam menuangkan konsep dan gagasan didalam bentuk lisan, setiap guru juga harus sadar dan ingin melatih diri jika dia benar.


Guru profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan, guru profesional senantiasa menguasai bahan dan materi pelajaran yang akan di bawa ke dalam proses belajar mengajar dan senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan baik dari segi ilmu yang sudah dimilikinya atau pengalamannya pembelajarannya.


Demikian ulasan secara lengkap mengenai Mari Mengenal Apa Itu Guru Profesional?, semnoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk kalian.


Posting Komentar untuk " Mari Mengenal Apa Itu Guru Profesional?"