Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Warna Resistor 10k dan Harganya

Pengertian Warna Resistor 10k - Resistor adalah komponen elektronik pasif yang memberikan resistansi terhadap arus listrik yang melewati komponen tersebut. Kode warna resistor adalah cara mengidentifikasi resistansi suatu resistor dengan menggunakan warna-warna tertentu pada gelang-gelang pada resistor tersebut. Kode warna ini terdiri dari 3, 4, atau 5 gelang warna yang masing-masing memiliki nilai angka yang berbeda. Kode warna resistor ini diatur oleh standar IEC60062 yang digunakan secara internasional. Kita dapat mempelajari kode warna resistor dengan mudah dengan mencari tabel kode warna resistor.

Resistor dengan nilai hambatan 10 Ohm sering digunakan sebagai pembatas arus listrik yang masuk ke bagian tertentu dari suatu rangkaian elektronik. Meskipun demikian, resistor ini juga dapat digunakan untuk aplikasi lain dalam rangkaian elektronik. Karena sering digunakan sebagai pembatas arus utama, tersedia beberapa varian resistor 10 Ohm dengan peringkat daya yang lebih besar, hingga mencapai 5 watt. 


Harga Warna Resistor 10k 

Resistor dengan daya watt yang lebih besar biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dengan bahan konduktif berupa kawat wirewound. Namun, resistor 10 Ohm yang tersedia di pasaran umumnya memiliki peringkat daya sekitar 1/4 watt sampai 1/2 watt saja, dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp. 300 sampai Rp. 1000 di toko elektronik online seperti Shopee dan Tokopedia. 

Resistor dengan hambatan 10 Ohm terutama dibuat dari bahan karbon atau grafit halus yang dicampur dengan bubuk keramik, tetapi ada juga yang dibuat dari bahan metal film. Resistor dari bahan metal film memiliki nilai toleransi sekitar 1%, yang cocok untuk digunakan dalam sirkuit elektronik yang memerlukan nilai resistansi yang presisi.


Kode Warna Resistor 10K Ohm

Kode warna resistor 10K ohm atau kode warna resistor 10 kilo ohm adalah cara mengidentifikasi resistor dengan resistansi sebesar 10,000 ohm. Dalam hal ini, kita akan menggunakan kode warna resistor dengan 4 gelang. Menurut tabel kode warna resistor dengan 4 gelang, dua gelang pertama menunjukkan angka, gelang ketiga menunjukkan perkalian, dan gelang keempat menunjukkan toleransi.


Warna Resistor 10K Ohm

Dari tabel kode warna resistor, kita dapat dengan mudah memahami warna apa yang harus kita cari untuk mendapatkan resistor 10K ohm. Kita dapat melihat ilustrasi di bawah ini dan membandingkannya dengan tabel kode warna resistor.

Ilustrasi di bawah ini menunjukkan resistor 10K ohm. Ukuran dan warna dapat berbeda-beda. Warna pada badan resistor tidak memiliki arti, tetapi ukurannya dapat menentukan rating daya. Semakin besar ukurannya, semakin besar rating dayanya.

Resistansi di atas adalah 10K ohm dan arti dari setiap gelang dapat dibaca di bawah ini:

  1. Gelang pertama berwarna coklat, yang artinya digit pertama adalah 1.
  2. Gelang kedua berwarna hitam, yang artinya digit kedua adalah 0.
  3. Gelang ketiga berwarna jingga, yang artinya perkalian adalah 1000 atau 1K.
  4. Gelang keempat berwarna emas, yang artinya toleransi bernilai ±5%.


Spesifikasi Resistor 10 Ohm

Berikut ini adalah spesifikasi atau datasheet resistor 10 Ohm yang perlu Anda ketahui:

  1. Nilai hambatan: 10 Ohm
  2. Peringkat daya: 0.25 watt - 5 watt
  3. Toleransi: 1% metal film, 5% karbon
  4. Jenis: metal film, karbon, wirewound
  5. Suhu kerja: -55 - 150° C
  6. Koefisien suhu: 100ppm/° C
  7. Polaritas: non polar


Penggunaan resistor 10 Ohm:

  1. Sebagai pembatas arus
  2. Biasing transistor
  3. Blok sirkuit TV
  4. Sirkuit power amplifier
  5. Penguat frekuensi radio
  6. Sirkuit regulator tegangan
  7. Menurunkan tegangan


Demikian ulasan mengenai Pengertian Warna Resistor 10k dan Harganya, semoga mudah kalian pahami dan bisa bermanfaat untuk bahan penambah wawasan buat kalian. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Pengertian Warna Resistor 10k dan Harganya"