Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak (DOWNLOAD)


Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak - Yuk simak, pada pertemuan kali ini kami akan membahas Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak  dan Link download yang bisa kalian manfaatkan. Buku panduan OSIS siswa penggerak bisa di jadikan referensi bagi pembina OSIS dan seluruh pengurus OSIS di dalam menjalankan tugasnya. Sesuai dengan peratura menteri pendidikan dan kebudyaan nomer 9 tahun 2020 tentang perubahan atau peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 45 Tahun 2019 mengenai organisasi dan tata kerja kementrian pendidikan dan kebudayaan bahwa salah satu tugas dan fungsi direktorat sekolah menengah pertama adalah menyusun norma,standar,prosedur dan kriteria di bidang siwa, sarana dan prasarana,tata kelola dan penilaian sekolah  menengah pertama dan pendidikan layanan khusus pada sekolah menengah pertama.


Buku tentang norma, standar, prosedur, dan kriteria yang diterbitkan oleh bidang peserta didik Direktorat Sekolah Menengah Pertama dibuat berdasarkan hasil survei dan kuesioner yang disebar secara daring ke beberapa dinas pendidikan kabupaten/kota. Hasil survei tersebut mengerucut pada sebuah tema, yaitu kegiatan ekstrakurikuler dan kecakapan hidup untuk peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik merupakan sebuah bagian internal dari proses belajar di satuan pendidikan yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi, minat, dan bakat agar mampu mencapai taraf maksimal dalam upaya pembinaan manusia seutuhnya yang berkarakter positif.


Kecakapan hidup bagi siswa adalah kemampuan pengetahuan yang di perlukan siswa untuk belajar berpikir kritis,kreattif,inovatif dan bisa berkomunikasi dengan baik di abad ke 21 ini. Maka dari itu melalui file buku PDF ini kami berharap agar upaya pembinaan ekstrakurikuler jenjang sekolah menengah pertama bisa lebih mudah di pahami dan di lakukan guna mencapai cita-cita tersebut. Materi di dalam buku ini di buat menggunakan bahasa yang sesuai dengan usia siswa dan di lengkapi dengan banyak gambar ilustrasi sehingga mampu menarik minat baca dan mempermudah siswa di dalam memahaminya. 


Menurut peraturan menteri pendidikan nomor 39 tahun 2008 mengenai pembina kesiswaan, OSIS adalah satu-satunya organisasi siswa resmi di sekolah, jadi semua siswa dan semua kelompok kegiatan pelajar di suatu sekolah pada prinsipnya juga adalah bagian dari OSIS. Meskipun di beberapa sekolah beberapa komunitasnya (kegiatan ekstrakurikuler) menjadi bagian yang berbeda dengan OSIS, seperti Pramuka dan Paskibra.



Berikut Link Download Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak selengkapnya yang bisa kalian baca dan manfaatkan : KLIK DISINI



Demikian yang bisa mimin uraiakan buat kalian mengenai Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak selengkapnya dapat kalian manfaatkan. Terima Kasih.



Posting Komentar untuk " Buku Panduan OSIS Siswa Penggerak (DOWNLOAD)"