Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perencanaan Bisnis Adalah Cara Hindari Resiko Bagi Wirausaha

 


Perencanaan bisnis adalah salah satu upaya untuk menghindari resiko gulung tikar atau kebangkrutan bagi para pelaku usaha. Sebab, perencanaan bisnis ini memegang peranan penting dalam menentukan usaha apa yang akan dirintis.

Jika Anda tidak melakukan perencanaan dengan baik, maka usaha yang tengah dirintis tidak akan bertahan lama. Sebab, Anda sebagai pelaku usaha tidak memiliki perencanaan yang matang untuk jangka panjang.

Sehingga, Anda kesulitan untuk menerapkan strategi bisnis karena ketidakmampuan dalam memanajemen bisnis yang sedang dirintis. Akibatnya, Anda harus mengalami gulung tikar tanpa mendapat keuntungan apapun.

Jadi, perencanaan bisnis ini cukup penting untuk Anda pelajari sebelum merintis suatu usaha tertentu. Selain itu, Anda juga wajib tahu apa saja komponen-komponen dalam menentukan perencanaan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang.

Perencanaan Bisnis Adalah Cara Meminimalisir Resiko Kebangkrutan

Setiap bisnisman tentu tidak ingin usaha yang ia rintis mengalami kebangkrutan atau gulung tikar. Memang, banyak jenis usaha yang hanya dapat bertahan beberapa bulan saja. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya perencanaan bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tentang pentingnya perencanaan bisnis. Selain untuk meminimalisir resiko gulung tikar, maka ini dia beberapa manfaat dengan menerapkan perencanaan bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.      Menghitung Estimasi Laba dan Rugi

Salah satu manfaat dari perencanaan bisnis adalah menghitung estimasi laba dan rugi dari usaha yang sedang dirintis. Sebab, dari perencanaan bisnis yang telah Anda susun ni akan diketahui seberapa besar profit yang didapat dalam kurun waktu 1 bulan.

 

2.      Menentukan Target Bisnis

Salah satu tujuan dari perencanaan bisnis adalah menentukan target usaha. Sebagai bisnisman, Anda wajib menentukan target usaha dalam kurun waktu yang ditentukan. Tanpa adanya target, tentu bisnis yang Anda kelola tidak akan berkembang.

 

Sehingga, dibutuhkan strategi untuk mengembangkan potensi bisnis yang sedang dirintis. Untuk menentukan strategi pengembangan usaha, Anda wajib menentukan target bisnis terlebih dahulu.

 

3.      Melakukan Evaluasi Bisnis

Pentingnya perencanaan bisnis selanjutnya adalah sebagai bahan evaluasi. Setiap bisnisman wajib melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini dibutuhkan untuk menentukan rencana apa yang harus digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam berbisnis.

 

Jadi, Anda harus membangun komunikasi bisnis secara internal maupun eksternal untuk mengetahui kesulitan dalam pengelolaan bisnis yang sedang dirintis.

Komponen yang Wajib Diketahui untuk Menentukan Perencanaan Bisnis

Dalam menentukan perencanaan bisnis, Anda wajib tahu beberapa komponen untuk menyusunnya. Ada berbagai komponen yang harus Anda ketahui agar proses perencanaan bisnis dapat berjalan lancar.

Komponen pertama adalah target pasar yang akan dituju. Memang, salah satu fungsi perencanaan bisnis adalah menentukan pangsa pasar potensial terhadap bisnis yang akan dirintis. Jadi, Anda wajib tahu siapa saja calon konsumen dari produk barang atau jasa yang Anda jual.

Komponen kedua adalah perencanaan promosi. Setiap usaha wajib dipromosikan secara masif. Tujuannya tentu untuk menjaring konsumen potensial yang akan membeli produk barang atau jasa. Anda dapat menentukan strategi promosi sesuai dengan perencanaan bisnis yang telah diatur sebelumnya.

Komponen ketiga, Anda harus menghitung besaran biaya operasional perusahaan. Hal ini wajib diperhitungkan. Sebab, biaya operasional ini menentukan besaran harga produk barang atau jasa yang Anda rintis. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan harga produk barang dan jasa.

Setiap bisnisman wajib melakukan perencanaan bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang. Untuk menentukan perencanaan bisnis, Anda wajib mengetahui komponen untuk menyusunnya. Sebab, perencanaan bisnis adalah faktor yang wajib dikuasai bisnisman untuk menghindari resiko gulung tikar.

1 komentar untuk "Perencanaan Bisnis Adalah Cara Hindari Resiko Bagi Wirausaha"

  1. Anonim15.34

    Fortunately, you don't need to be a hardcore gambler to know the way to|tips on how to} choose a winning slot machine either. Space Wars is a fast-paced video slot with 5 reels, 4 rows, and 40 paylines. When you play Space Wars for real money, you'll be able 1xbet to|you probably can} choose to wager anyplace from zero.4 to twenty per spin.

    BalasHapus