Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Hambatan Bisnis Internasional Beserta Solusinya


Sebagai pelaku usaha multinasional, Anda tentu pernah mengalami berbagai hambatan bisnis internasional. Sehingga, hambatan tersebut menyebabkan kerugian dari segi materil. Salah satunya adalah terhambatnya kegiatan ekspor dan impor suatu produk tertentu.

Alhasil, penundan akibat adanya hambatan dalam menjalankan bisnis operasional ini berdampak pada perusahaan. Anda harus membayar biaya sewa tempat untuk menitipkan produk yang akan diimpor.

Akibatnya, produk yang akan diimpor mengalami penurunan kualitas akibat tidak segera dikirim ke Negara tujuan. Selain itu, Anda juga harus menanggung biaya penundaan ekspor barang dari Negara tertentu untuk masuk ke Indonesia.

Apabila Anda mengalami kendala tersebut, maka segera ketahui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi hambatan dalam dunia bisnis internasional. Hal tersebut wajib Anda lakukan guna menekan kerugian akibat gagal ekspor dan impor suatu produk.

Jenis-Jenis Hambatan Bisnis Internasional yang Sering Dialami oleh Pebisnis

Ada beragam jenis hambatan dalam mengelola bisnis internasional. Sebagai pelaku usaha, Anda wajib tahu apa saja hambatan yang akan Anda temui di lapangan. Sehingga, hambatan-hambatan tersebut harus segera diatasi agar tidak mengalami kerugian secara materil.

Sebab, resiko ketika mengalami hambatan dalam dunia bisnis internasional ini cukup luas. Oleh sebab itu, ini dia beberapa hambatan yang mungkin saja dialami oleh pelaku usaha ekspor dan impor. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.      Kebijakan Ekonomi serta Politik Antar Negara

Memang, perdagangan ekspor dan impor ini tergantung dengan kebijakan ekonomi serta suhu politik. Sehingga, Anda tidak dapat melakukan ekspor dan impor produk dari Indonesia ke Negara tujuan jika suhu politik meningkat. Akibatnya, produk akan ditahan sementara di Bea dan Cukai hingga suhu politik mereda.

 

2.      Perbedaan Nilai Mata Uang Suatu Negara

Jenis hambatan bisnis Internasional selanjutnya adalah adanya perbedaan nilai mata uang yang berlaku di Negara tertentu. Umumnya, pembayaran produk ekspor dan impor menggunakan mata uang Dollar AS.

 

Akan tetapi, beberapa Negara memberlakukan pembayaran dengan mata uang yang berbeda. Sehingga, perbedaan nilai mata uang ini menjadi salah satu hambatan dalam mengelola bisnis multinasional.

 

3.      Pengurusan Dokumen yang Terlalu Ribet

Setiap produk yang akan diekspor maupun diimpor wajib memiliki dokumen resmi dari lembaga berwenang. Jadi, Anda harus mengurus dokumen terlebih dahulu. Akan tetapi, pengurusan dokumen yang terkesan terlalu ribet menjadi salah satu hambatan tersendiri.

 

Sehingga, pengurusan yang terlalu bertele-tele dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman atau penerimaan produk dari luar Negeri. Akibatnya, Anda mengalami kerugian atas keterlambatan pengurusan dokumen untuk ekspor dan impor produk.

Langkah Solutif untuk Mengatasi Hambatan Bisnis Internasional

Ketika Anda mengalami hambatan dalam mengelola bisnis multinasional, maka pelaku usaha perlu mempelajari beberapa langkah solutif untuk mengatasi hambatan tersebut. Ada beberapa langkah-langkah solutif dalam mengatasi kendala dalam mengelola bisnis internasional.

Langkah pertama, silahkan menunggu beberapa hari hingga suhu politik antar Negara semakin mereda. Selain itu, Anda juga harus segera menghubungi rekanan bisnis ekspor dan impor bahwa terdapat halangan dalam melakukan pengiriman.

Anda harus segera berkomunikasi dengan otoritas berwenang agar Anda dapat mengirim atau menerima produk dari luar Negeri. Jika tidak, maka produk akan tertahan beberapa hari di gudang Bea dan Cukai.

Langka kedua, Anda dapat mempercayakan pada jasa pengiriman khusus untuk mengirim produk ke suatu Negara tujuan. Jasa pengiriman khusus ini sangat membantu para pelaku usaha yang sering melakukan ekspor produk ke luar Negeri.

Jasa pengiriman khusus ini memiliki akses ke beberapa Negara dengan bebas. Jadi, Anda tetap dapat melakukan ekspor produk ke Negara tujuan. Hanya saja, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menggunakan jasa pengiriman khusus.

Dalam pengelolaan bisnis berbasis internasional, tentu Anda kerap dihadapkan dengan berbagai hambatan. Maka dari itu, untuk meminimalisir kendala tersebut tentu para pelaku usaha wajib tahu apa saja penyebab hambatan bisnis internasional dan langkah solutif untuk mengatasi kendala tersebut.

Posting Komentar untuk "Penyebab Hambatan Bisnis Internasional Beserta Solusinya"