Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Hukum Bisnis Syariah yang Wajib Dipelajari Bisnisman

 


Mungkin beberapa pelaku usaha belum tahu betul tentang apa itu hukum bisnis syariah. Di Indonesia, beberapa perusahaan telah menerapkan hukum yang mengatur tentang bisnis berbasis syariah. Sehingga, hukum tersebut hanya berlaku dan mengatur bisnis syariah saja.

Memang, sumber dari hukum yang mengatur bisnis syariah ini bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Namun, beberapa aturan juga merujuk pada kitab undang-undang hukum perdata dan dagang yang berlaku di Indonesia.

Jadi, dalam mengelola bisnis syariah ini juga telah diatur oleh hukum yang mengikat. Jika Anda melanggar hukum dalam pengelolaan bisnis berbasis syariah, maka pemilik juga harus bertanggung jawab. Oleh sebab itu, bisnisman wajib menguasai jenis-jenis hukum yang mengatur bisnis syariah.

Jenis-Jenis Hukum Bisnis Syariah yang Wajib Diketahui oleh Bisnisman

Ada beberapa jenis hukum yang mengatur tentang bisnis-bisnis berbasis syariah. Secara aturan, memang hukum syariah ini tidak jauh berbeda dengan hukum perdata maupun hukum dagang di Indonesia. Akan tetapi, hukum syariah ini bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist.

Maka dari itu, ini dia beberapa jenis hukum yang mengatur tentang beberapa bisnis syariah di Indonesia yang wajib diketahui oleh seorang bisnisman. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1.      Hukum Bisnis Perbankan Syariah

Di Indonesia, bisnis perbankan syariah cukup populer. Pasalnya, ada banyak bank-bank dari BUMN dan swasta mulai menyediakan layanan berbasis syariah. Sehingga, layanan perbankan ini dinilai telah memenuhi sistem syariah sesuai dengan ajaran pada Al-Qur’an dan Hadist.

 

Jadi, layanan bank syariah ini tidak mengandung riba’. Selain menjamin keuangan, Anda juga dapat berinvestasi melalui perbankan syariah. Anda tak perlu khawatir, sebab investasi melalui perbankan syariah ini halal dan tetap berazaz dari hukum islam.

 

2.      Hukum Bisnis Pegadaian Syariah

Selain itu, hukum bisnis syariah ini juga mengatur tentang pegadaian. Namun, hanya pegadaian berbasis syariah yang dapat mengadopsi hukum bisnis dari sumber Al-Qur’an serta Hadist.

Jadi, dalam menentukan nilai gadai suatu barang ini harus sesuai dengan hukum yang telah ditentukan pada Al-Qur’an serta Hadist. Sehingga, penghitungannya tidak melenceng dari syariat islam dan tidak mengandung riba’.

 

3.      Baitul Mal wa Tamwil

Sebagai seorang muslim, tentu Anda tidak akan lupa dengan bersedekah tanpa memandang nominal. Dalam dunia bisnis, Anda juga dapat menerapkan sedekat untuk jenis bisnis Baitul Mal wa Tamwil.

 

Jadi, sebagian hasil keuntungan dari bisnis syariah yang Anda kelola akan disisihkan untuk bersedekah pada fakit miskin.

Keuntungan yang Dirasakan oleh Bisnisman dalam Menerapkan Hukum Bisnis Syariah

Setiap bidang bisnis tentu memiliki aturan hukum yang wajib dipatuhi. Khusus untuk bisnis syariah, maka yang digunakan adalah jenis hukum islam yang bersumber dari Al-Qur’an serta Hadist. Jadi, Anda wajib tahu terhadap hukum bisnis dengan sistem syariah.

Ada beberapa keuntungan dengan menerapkan hukum berbasis bisnis syariah ini. Keuntungan pertama, tidak ada riba’ dalam model bisnis syariah. Sehingga, Anda terhindar dari dosa riba’ dalam mengelola bisnis. Sebab, riba’ adalah salah satu dosa terbesar menurut agama islam.

Keuntungan kedua, Anda dapat menerapkan konsep “berdagang sembari bersedekah”. Konsep ini telah diajarkan dalam agama islam. Jadi, konsep Baitul Mal wa Tamwil ini dapat diaplikasikan agar bisnis syariah ini tidak memperhatikan keuntungan semata.

Namun juga kewajiban sebagai bisnisman untuk menyisihkan keuntungan untuk berbagi dengan fakir miskin. Oleh sebab itu, model bisnis syariah seperti Baitul Mal wa Tamwil ini dapat Anda terapkan dalam merintis suatu usaha.

Dalam merintis usaha, tentu para bisnisman wajib taat terhadap aturan sesuai dengan kitab undang-undang perdata dan dagang. Untuk bisnis berbasis syariah, tentu Anda dapat menerapkan hukum bisnis syariah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist.

1 komentar untuk "Jenis Hukum Bisnis Syariah yang Wajib Dipelajari Bisnisman"

  1. Anonim11.23

    You may gamble in secret or lie about how much you gamble, feeling others will not understand or that you will surprise them with bet365 an enormous win. Although it might really feel like you’re powerless to stop gambling, lots of|there are many} issues you are able to to} do} to beat the problem, restore your relationships and finances, and finally regain control of your life. Faro, at one time the principal gambling recreation within the United States, has turn out to be obsolete. Satellite broadcasting technology has led to the creation of so-called off-track betting amenities, by which bettors watch stay telecasts at locations away from the racetrack. While this global well being disaster continues to evolve, could be} helpful to look to past pandemics to raised understand means to|tips on how to} reply right now. Roger Munting, An financial and social history of gambling in Britain and the USA.

    BalasHapus