Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV Parabola Tidak Ada Sinyal

Tips mudah cara mengatasi tv parabola tidak ada sinyal. Di era yang serba digital saat ini, penggunaan tv parabola yang sudah mengusung sistem digital semakin berkembang penggunanya. Banyak masyarakat Indonesia yang telah beralih menggunakan tv parabola untuk mengakses siaran televisi baik lokal maupun nasional.

Tv parabola merupakan media untuk mengakses frekuensi televisi melalui satelit. Sinyal yang dipancarkan melalui media satelit mempunyai daya jangkau yang sangat luas. Bahkan daerah yang berada di pelosok bukit pun pun dapat menerima sinyal satelit dengan mudah.

Ada kalanya, karena faktor tertentu, tv parabola kita mengalami kendala sinyal. Akibatnya kita tidak dapat melihat siaran televisi favorit kita. 

Tenang saja karena di artikel ini admin akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi tv parabola yang tidak ada sinyal.

Penyebab dan cara mengatasi tv parabola tidak ada sinyal

Sebelum menganalisa dan menangani masalah tidak ada sinyal pada tv parabola, kita mesti periksa lebih dulu indikator sinyal yang ada pada receiver parabola yang digunakan.

Terdapat dua macam indikator sinyal :

  • Indikator intensitas sinyal, yang menunjukkan lnb telah berfungsi. Biasanya bar sebelah atas.
  • Indikator kualitas sinyal, yang menunjukkan besar kecilnya sinyal yang ditangkap. Terletak pada bar bawah.

Jika salah satu atau kedua indikator sinyal tersebut tidak menunjukkan grafik sama sekali atau 0%, maka bisa dipastikan  tv parabola anda tidak akan dapat menerima siaran satelit.

Cara mengatasi tv parabola tidak ada sinyal

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan tv parabola tidak ada sinyal.

1. LNB parabola rusak

LNB parabola merupakan komponen pada disk parabola yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit yang dipantulkan oleh disk parabola. Sinyal yang diterima lnb selanjutnya akan diolah dan disalurkan ke receiver atau dekoder parabola.

Jika lnb mengalami kerusakan, maka otomatis tv parabola tidak akan dapat menerima siaran televisi  sama sekali. LNB yang tidak berfungsi biasanya  ditandai dengan indikator sinyal yang tidak muncul semua.

Coba ganti lnb parabola dengan yang baru untuk melihat apakah lnb lama sudah rusak atau tidak.

2. Kabel antena putus

Ada kalanya kabel antena parabola bisa putus akibat usia atau digigit tikus. Akibatnya sinyal dari lnb tidak dapat disalurkan menuju receiver parabola. Sehingga tv parabola mengalami gangguan penangkapan sinyal.

Cek kondisi kabel, terutama serabutnya apakah masih layak atau tidak. Karena umumnya kabel dengan kualitas jelek memiliki serabut kabel yang kurang bagus dan mudah lapuk setelah pemakaian lama.

3. Konektor kabel bermasalah

Kendala tv parabola tidak ada sinyal tidak jarang disebabkan karena konektor antena atau kabel yang tidak terpasang dengan baik. Sehingga menyebabkan sinyal dari lnb tidak sampai ke receiver.

Coba buka dan lihat kondisinya. Pastikan kabel terpasang baik pada konektor. Pasang kembali konektor kabel dan pastikan terpasang dengan benar dan kuat.

4. Arah parabola bergeser

Arah disk parabola yang tidak tepat pun dapat menyebabkan tv parabola kehilangan sinyal. Masalah ini ditandai dengan indikator kualitas sinyal tidak ada, sementara indikator intensitas sinyal pada bagian atas muncul.

Pergeseran arah antena biasanya terjadi akibat angin kencang atau hujan deras, sementara baut penyetel arah antena sudah kendur. Sehingga disk antena berubah arah.

Lakukan pointing ulang arah disk antena parabola, dengan cara menggeser sedikit secara perlahan sampai didapatkan kembali sinyal tv parabola.

5. Antena parabola tertutup

Kadang tanpa disadari, antena parabola kita tertutup oleh daun atau bangunan di sekitarnya. Sehingga sinyal dari satelit di bisa sampai ke antena parabola. Akibatnya tentu saja tv parabola akan mengalami kendala tidak ada sinyal.

Perhatikan lingkungan sekitar tempat pemasangan antena parabola anda. Jika ada daun atau sesuatu yang menutupi arah parabola ke satelit, maka harus disingkirkan.

6. Frekuensi transponder berubah

Frekuensi transponder satelit yang berubah juga dapat menyebabkan tv parabola kehilangan sinyal. Anda perlu memeriksa kembali frekuensi transponder dari siaran tv satelit yang dituju.

Jika ternyata frekuensi transponder siaran parabola yang biasa anda lihat telah berubah, maka anda perlu mengatur ulang settingan frekuensi transponder yang ada di receiver.

7. Pindah satelit

Meskipun jarang, kendala tidak ada sinyal dapat terjadi ketika siaran televisi favorit anda pindah satelit. Misalnya yang pernah terjadi pada siaran Ninmedia.

Dimana Ninmedia sebelumnya bersiaran pada satelit Chinasat 11. Karena ada kendala di satelit tersebut, Ninmedia memindahkan siarannya ke satelit Asiasat 9.

Akibatnya, pelanggan Ninmedia yang masih mengarahkan parabolanya ke satelit Chinasat 11 tidak akan mendapat sinyal dari Ninmedia. Karena itu harus mengubah arah disk parabolanya ke satelit Asiasat 9 agar dapat menerima sinyal dari Ninmedia.

8. Receiver rusak

Jika semua faktor diatas sudah dipastikan diatur dengan benar, namun tv parabola anda tetap saja tidak ada sinyal, maka kemungkinan receiver atau dekoder parabola anda mengalami error atau kerusakan.

Coba ganti dulu dengan receiver yang lain yang masih berfungsi dengan normal. Hal ini untuk memastikan kondisi receiver yang anda gunakan.

Kesimpulan

Tv parabola yang tidak ada sinyal merupakan kendala umum yang biasa ditemui oleh pengguna tv parabola. Biasanya kita bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan teknisi parabola. 

Dengan penjelasan cara mengatasi tv parabola tidak ada sinyal diatas, seharusnya anda sudah bisa menanganinya sendiri. Akan tetapi jika anda mengalami kesulitan untuk memperbaiki kendala pada tv parabola anda, sebaiknya hubungi teknisi parabola. 

1 komentar untuk "Cara Mengatasi TV Parabola Tidak Ada Sinyal"

  1. Kualitas signal gak bisa stabil.padahal kekuatan signal 70 an.. dimana masalahnya

    BalasHapus