Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Agar tv Jernih Tanpa Booster

  Sebenarnya tidak terlalu sulit cara memperbaiki antena tv agar gambarnya jernih. Gambar tv yang jernih sangat dipengaruhi oleh penerimaan sinyal yang dilakukan o;eh antena tv. Kualitas dan instalasi antena yang kurang tepat dapat berakibat pada hasil gambar tv yang ditampilkan tidak bagus.

Berdasarkan penempatannya, antena tv bisa dibagi menjadi dua jenis : antena tv indoor dan antena tv outdoor. Untuk daerah yang jauh dari lokasi pemancar tv, antena jenis indoor sangat tidak disarankan karena daya tangkapnya kurang maksimal.

Jadi penggunaan antena outdoor lebih baik dibandingkan dengan antena indoor karena tidak terhalang oleh ruangan / tembok. Namun jika gambar tv yang ditampilkan kurang bagus meskipun telah menggunakan antena outdoor, maka anda perlu memeriksa kondisi instalasi dan jenis antena yang digunakan.

Tips Memperbaiki Antena Agar Gambar Jernih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumya bahwa antena berpengaruh besar terhadap penerimaan gelombang tv. Karena itu pemilihan jenis antena tv yang digunakan dan cara pemasangannya pun tidak boleh sembarangan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika memasang atau memperbaiki antena tv agar bisa mendapatkan gambar siaran tv yang jernih.

1. Memilih Jenis Antena Yang Berkualitas

Bagi anda yang tinggal di perkotaan dan dekat dengan stasiun pemancar tv, penggunaan antena tidak terlalu bermasalah. Anda tidak terlalu dipusingkan untuk memilih jenis antena yang bagus. Bahkan meskipun memakai antena indor, tv anda sudah bisa menampilkan gambar yang bening. Hal ini karena kekuatan daya pancar stasiun tv yang masih besar.


Namun jika posisi daerah anda jauh dari pusat pemancar tv, maka penggunaan antena tv yang bagus dan berkualitas sangat disarankan. Gunakan jenis antena yagi yang memiliki banyak elemen director agar meningkatkan daya tangkap antena.

2. Tempatkan Antena Pada Tempat Yang Tinggi

Jenis gelombang siaran tv sangat mudah dipantulkan oleh benda padat seperti pohon, dedaunan dan gedung. Karena itu pertimbangkan untuk memasang antena pada tempat yang cuku tinggi agar terhindar dari halangan.

Anda bisa gunakan tiang antena dengan ketinggian yang cukup sehingga tidak ada penghalang  antara antena tv dan pusat pemancar tv. Namun anda harus hati hati terhadap bahaya sambaran petir. Gunakan penangkal petir jika anda memasang antena tv dengan cukup tinggi.

3. Pemakaian Kabel Antena Yang Bagus

Ada banyak jenis kabel antena yang digunakan untuk menyalurkan sinyal dari antena ke televisi. Penyaluran sinyal dari antena harus dipastikan tidak terhambat baik karena kabel putus atau kualitas kabel antena yang buruk.

Pemilihan kabel yang bagus dapat mempengaruhi hasil penerimaan sinyal oleh televisi. Sambungan atau kualitas kabel antena yang jelek dapat meningkatkan nilai hambatan antena sehingga akan banyak sinyal tv yang hilang.

4. Arah Antena

Biasanya jenis antena tv yang digunakan termasuk ke dalam tipe direksional / pengarah. Jenis antena seperti ini mempunyai tingkat penguatan sinyal hanya pada satu arah saja. Jadi agar gambar tv menjadi jernih, coba putar arah antena menuju ke posisi pemancar tv.

5. Menggunakan Booster

Jika semua faktor diatas telah diperbaiki dengan benar namun hasil gambar tv tetap kurang jernih, maka anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan booster antena. Dengan penambahan booster pada antena dapat meningkatkan kekuatan tangkapan sinyal. Sehingga sinyal tv yang lemah dapat diterima dengan baik oleh tv.

Itulah beberapa tips cara memperbaiki antena agar mendapatkan gambar tv yang jernih tanpa semut. Tips diatas adalah berdasarkan pengalaman penulis ketika memasang antena tv di tempat yang jauh dari stasiun pemancar tv.

Posting Komentar untuk "Trik Agar tv Jernih Tanpa Booster"