Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal

 Pada artikel ini kita akan membahas tentang kerusakan tv cina yang nampak garis vertikal pada layar. Cukup banyak jenis kerusakan tv yang pernah dibahas diantaranya adalah kerusakan  tv bergaris horizontal. Namun, pada tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman mengatasi gejala kerusakan tv yang hanya menampilkan gambar garis vertikal.

Ciri ciri tv cina yang mengalami kerusakan seperti ini biasanya hanya menampilkan gambar garis vertikal tanpa ada suara yang keluar. Tv cina tidak dilengkapi dengan sistem protek sehingga meskipun ada kerusakan pada sirkuit horizontalnya, tetap saja menghidupkan tv. Meskipun hanya berupa gambar garis terang vertikal saja.

Bagi anda yang sudah berpengalaman menangani kerusakan seperti ini tentu akan mudah untuk memperbaikinya. Namun bagi mereka yang baru dan belum menemui jenis kerusakan dengan tampilan garis vertikal ini tentu akan mengalami kesulitan. Karena artikel ini akan coba menguraikan beberapa penyebab yang menimbulkan gejala kerusakan tv seperti ini.

Tv cina garis vertikal

Mengatasi Tv Cina Garis Vertikal

Soket Yoke Kendor

Pemasangan soket yoke yang kurang baik sehingga tidak melekat dengan kuat pada terminal skun pcb defleksi dapat menyebabkan sambungan yang tidak baik dan bisa menimbulkan panas. Kontak soket yole kendor juga menimbulkan kerak yang bisa menambah kerusakan terminal soket defleksi makin parah.

Cara mengatasi tv cina dengan gejala gambar garis vertikal akibat soket defleksi yang kendor adalah dengan mengecek bagian tersebut. Pastikan soket defleksi menempel kuat dan terhubung sempurna dengan skun pcb. Jika soket sudah longgar usahakan agar bisa rapat kembali. Namun bila soket sudah berkerak atau meleleh terbakar anda bisa menghubungkan langsung kabel defleksi yoke pada / skun terminal output horisontal / vertikal. Namun lebih baik jika anda menggantinya dengan yang baru.

Terminal Defleksi Retak

Seringkali ditemui kualitas solderan yang tidak baik atau kurang matang sehingga membuat daya rekat timah solder pada sambungan / pcb menjadi mudah retak dan terlepas. Apalagi kondisi panas yang ditimbuilkan mesin tv ketika beroperasi tentunya dapat mempercepat terjadinya retak / loggar pada solderan komponen.

Penyebab kerusakan tv cina dengan tampilan layar garis vertikal saja sering juga terjadi akibat mutu solderan pada terminal defleksi horizontal yang kurang baik atau timah kurang tebal. Hasil solderan yang retak pada bagian tersebut juga bisa bertambah parah bahkan hangus karena merupakan jalur tegangan tinggi hasil dari induksi tegangan flyback .

Cara untuk memperbaiki tv cina layar hanya garis vertikal karena solderan kendor / lepas pada skun terminal defleksi adalah dengan melakukan penuyolderan ulang bagian yang retak dan menambah timah solder agar memperkuat daya rekat sehingga solderan tidak mudah retak akibat panas. Selain pada bagian yang retak, sebaiknya perkuat juga semua titik sambungan terminal defleksi untuk mencegah terjadinya kerusakan yang sama.

Kumparan Lilitan Negatif Yoke Putus

Lilitan inti ferit / trafo kecil yang tehubung pada jalur negatif yoke dan berada pada pcb mesin tv china berfungsi untuk menyesuaikan impedansi defleksi yuke. Diameter kawat lilitan yang kecil dapat menyebabkan lilitan menjadi cepat panas ketika dialirkan tegangan tinggi dan menahan beban defleksi yuke.

Penyebab kerusakan lilitan disebabkan panas berlebih dan kondisi solderan yang tipis mengakibatkan
solderan mudah retak dan terlepas. Sama seperti kerusakan yang terjadi pada terminal defleksi. Solderan retak pada lilitan jalur tegangan tinggi biasanya menimbulkan percikan api listrik dan merusak papan pcb .

Kerusakan fatal dapat mengakibatkan pcb hangus dan merusak jalur rangkaian. Jika jalur negatif yoke horisontal putus maka dapat mengakibatkan gambar tv hanya menampilkan garis berdiri ditengah layar tabung crt.

Cara menangani garis vertikal tv cina karena jalur atau lilitan yang telah hangus putus contohnya pada mesin
tv cina wansonic, wcom, asioma dan macro adalah sebagai berikut :

  • Lepaskan lilitan L441 dan resistor R441 1K yang terpasang pararel dengan lilitan.
  • Bersihkan pcb d dari sisa - sisa bekas hangus terbakar. Kikis dengan cutter atau alat lain hingga pcb benar-benar bersih. Jika tidak dibersihkan akan memicu percikan api listrik kembali.
  • Perbaiki kembali jalur pcb yang putus.
  • Pasang kembali lililan L441 dan resistor R441. Ganti komponen lainnya jika ada yang rusak.
  • Jika L441 rusak hangus atau putus lebih baik untuk melakukan lilit ulang. Ganti kawat dengan diameter yang agak lebih besar
  • Jangan menghubungkan langsung atau menjumper L441 jika lilitan putus / hangus karena akan membuat gambar melebar.
  • Mengganti kawat lilitan negatif yuke menggunakan kawat email dengan diameter lebih besar mempunyai kelebihan dimana coil tidak cepat panas dan hangus dan konslet.

Kumparan Yoke Putus

Defleksi yoke tabung tv berfungsi sebagai penarik sinar elektron arah horisontal dan vertikal atau penarik gambar kearah kanan kiri dan atas bawah. Yoke terdiri dari kumparan kawat tembaga dengan inti ferit. Kumparan pada bagian dalam yoke adalah penarik gambar horisontal dan bagian luar yoke adalah penarik gambar vertikal.

Kumparan yoke tv tabung bagian dalam defleksi jika putus bisa menyebabkan tampilan gambar tv hanya berupa garis tegak lurus ditengah layar. Penyebab layar tv hanya berupa garis ini akibat tidak ada penarik sinar elektron kearah samping. Meskipun jarang terjadi, secara umum kerusakan yoke tabung disebabkan karena kawat kumparan hangus atau putus akibat korosi.

Cara memperbaiki tv cina dengan tampilan gambar hanya garis berdiri tegak lurus ditengah layar akibat defleksi yoke putus adalah dengan cara menyambung kembali kumparan yang terputus. Bersihkan kumparan jika terjadi korosi atau hitam karena hangus.

kerusakan yoke tv bocor atau hangus kadang masih bisa diperbaiki, namun jika kerusakan hangus
terbakar sudah parah maka harus diganti dengan yoke yang sesuai. Mengganti yoke tv harus sesuai dengan spesifikasi layar tabung crt. Ketidak cocokan yoke pengganti bisa membuat tampilan gambar terlalu lebar atau kurang lebar.

Demikian pembahasan tentang penyebab tv cina gambar hanya garis berdiri vertikal ditengah dan cara mengatasinya. Sebenarnya penyebab gejala kerusakan seperti ini bukan hanya terjadi pada tv cina saja. Namun juga bisa terjadi pada merk tv lainnya. Dan cara memeriksanya pun sama seperti yang terjadi pada tv cina.

Posting Komentar untuk "Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal"