Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi K Vision Tidak ada Sinyal

 Bagi sebagian orang yang tidak biasa mengutak atik parabola, mungkin akan kebingungan cara mengatasi kendala pada k vision yang tidak ada sinyal. Tentu saja mereka kebingungan karena tidak mengetahui apa penyebab k vision hilang sinyal tersebut.

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya sebagai teknisi parabola kepada anda agar bisa mengatasi sendiri masalah yang terjadi pada tv parabola k vision anda. Dan masalah tidak ada sinyal ini kerap dialami oleh banyak pengguna tv parabola bukan cuma k vision saja tapi juga tv parabola lainnya.

Jadi jangan khawatir, sebelum anda memanggil jasa teknisi parabola untuk mengatasi masalah pada parabola k vision anda, lebih baik anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri dulu. Tentunya dengan panduan singkat yang akan saya berikan di artikel ini.

Cara mencari penyebab k vision tidak ada sinyal

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa apakah kehilangan sinyal terjadi pada sebagian atau semua channel parabola. Jika hanya satu channel saja yang kehilangan sinyal , kemungkinan kendala terjadi pada stasiun tv bersangkutan. 

Sementara jika semua channel siaran parabola anda hilang, kemungkinan ada kerusakan pada perangkat parabola anda. Kita akan memeriksa tiap komponen pada perangkat parabola satu persatu untuk mencari penyebab sinyal k vision hilang.

Langkah berikutnya, coba anda lihat dulu informasi sinyal parabola pada receiver. Caranya adalah anda menekan tombol info pada remote untuk menampilkan informasi indikator sinyal parabola. Disitu terlihat dua buah indikator level sinyal : indikator intensitas dan indikator kualitas sinyal. Dari kedua indikator ini kita bisa mengidentifikasi penyebab kerusakan pada receiver anda.

Cara mengatasi k vision tidak ada sinyal

Ada dua kondisi yang bisa ditunjukkan indikator sinyal parabola ketika terjadi masalah :

  1. Kedua level indikator sinyal menunjukkan 0 %
  2. Indikator intensitas sinyal muncul namun indikator kualitas sinyal 0 %
Dari kedua petunjuk tersebut kita bisa mulai melakukan analisa kerusakan yang terjadi pada parabola k vision. Kemudian anda bisa memeriksanya secara teliti dan benar.

Kedua level indikator sinyal 0 %

Jika kedua indikator sinyal pada receiver tidak menunjukkan level tertentu atau 0 % maka bisa dipastikan siaran k vision tidak akan bisa diterima. Hal ini terjadi karena receiver parabola anda tidak mendapatkan sinyal sama sekali dari parabola. Sehingga secara otomatis tv parabola anda tidak ada gambar atau gelap dan hanya menampilkan keterangan no signal.

Beberapa penyebab yang bisa membuat parabola tidak ada sinyal sama sekali baik intensitasnya maupun kualitasnya adalah sebagai berikut :

  1. Kabel antena putus.
  2. Konektor antena tidak tersambung dengan benar.
  3. Jika anda menggunakan switch, mungkin terjadi kerusakan pada switch parabola anda.
  4. LNB parabola mengalami kerusakan.
  5. Receiver k vision anda mengalami error / rusak.

Coba anda periksa tiap komponen yang disebutkan diatas. Pastikan kondisinya masih baik dan berfungsi normal. Tidak jarang kerusakan hilang sinyal disebabkan oleh sambungan konektor yang kurang kuat atau terlepas. karena itu perlu dicek kondisinya.

Untuk memastikan kondisi lnb apakah masih berfungsi atau tidak, bisa dilakukan dengan cara mencoba menggantinya dulu dengan lnb yang masih berfungsi dengan  baik. Sementara untuk memeriksa kondisi switch parabola, bisa dilakukan dengan melepas dulu switch parabola dan menyambungnya secara langsung kabel antena tanpa melalui switch.

Indikator kualitas sinyal 0 %

Indikator kualitas sinyal pada parabola menunjukkan daya tangkap dari antena parabola terhadap frekuensi satelit. Semakin besar level kualitas sinyal yang didapatkan, maka semakin besar sinyal yang berhasil diterima oleh antena parabola. Kualitas sinyal yang besar membuat siaran parabola menjadi lebih stabil dan tidak mudah hilang.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kualitas sinyal parabola hilang atau lemah :

  1. Arah dish parabola berubah
  2. Dish parabola tertutup sesuatu.
  3. Frekuensi siaran berubah.
  4. Cuaca hujan / mendung.
  5. Lnb parabola lemah / rusak

Kendala yang terjadi pada parabola k vision berupa kualitas sinyal hilang umumnya disebabkan oleh perangkat parabola yang tidak berfungsi normal atau ada gangguan dari luar seperti cuaca dan lingkungan. Jadi perbaikannya difokuskan pada perangkat antena parabola.

Meski begitu, tidak jarang juga penyebab hilangnya kualitas sinyal karena terjadi perubahan frekuensi siaran parabola. Untuk mengatasi masalah perubahan frekuensi, cara memperbaikinya adalah anda harus memasukkan data frekuensi terbaru k vision. Supaya bisa kembali mengakses tayangan k vision dengan normal.

Untuk penjelasan lengkap tentang masalah gangguan pada kualitas sinyal parabola, anda bisa membaca artikel saya yang menjelaskan cara mengatasi kualitas sinyal 0 %. Disitu sudah dijelaskan secara lebih dalam langkah apa saja yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya.

Sekian artikel saya tentang bagaimana cara mengatasi kendala pada k vision tidak ada sinyal berdasarkan pengalaman saya selama ini. Semoga bisa membantu anda.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi K Vision Tidak ada Sinyal"

  1. Assalamu'alaikum...
    Sy mo nanya: Bagaimana cara mengatasi siaran yg harus di pancing/di tukar dulu dgn siaran lain yg lebih kuat sinyalnya, baru deh dia muncul sinyal & gambarnya??
    Apa itu berarti ada yg rusak/harus di ganti??🤔🤔
    Thanks banyak sebelumnya 🙏

    BalasHapus