Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Arah Parabola K Vision Ku Band Yang Benar

 Saat ini, k vision menjadi provider jasa layanan tv parabola yang cukup populer dikenal oleh masyarakat Indonesia pengguna tv satelit parabola selain nex parabola dan nusantara hd. Selain karena beragam jenis tayangan tv berkualitas yang ditawarkan oleh provider ini, kemudahan dalam mendapatkan perangkat parabola k vision juga menjadi faktor lain yang membuat penyedia layanan tv berbayar ini dilirik oleh banyak pengguna tv satelit.

Sebenarnya tidak diperlukan keahlian khusus agar anda bisa merakit dan memasang parabola mini k vision sendiri. Karena sudah banyak panduan dan tutorialnya yang bisa nada ikuti di internet. 

Arah parabola k vision ku band

Meskipun terlihat mudah, namun tidak jarang masih ada calon pengguna k vision yang tidak tahu arah parabola k vision ku band yang tepat. Akibatnya mereka kesulitan untuk mendapatkan siaran k vision.

Di artikel ini, saya akan berikan penjelasan tentang bagaimana cara mencari posisi parabola mini k vision yang benar. Sehingga anda bisa menerima siaran satelit k vision.

Frekuensi k vision ku band 2021 terbaru

Perlu anda tahu, k vision memiliki dua buah tipe receiver yang berbeda untuk mengakses siarannya. Receiver tipe bromo c2000 dan receiver tipe cartenz k 2000. Receiver cartenz biasa digunakan untuk menerima siaran k vision frekuensi ku band. Sementara receiver bromo untuk menerima siaran c band.

Jadi jika anda ingin menerima siaran k vision menggunakan parabola mini, sebaiknya anda menggunakan receiver jenis cartenz k2000. 

Frekuensi ku band k vision berada di satelit measat 3a yang merupakan satelit milik perusahaan komunikasi negara tetangga. Selain k vision, di satelit measat 3a juga terdapat beberapa frekuensi transponder milik provider layanan tv satelit lainnya seperti transvision dan astro malaysia.

Posisi satelit measat 3a berada di wilayah malaysia, karena itu kita harus menghadapkan parabola ke arah barat agar bisa mendapatkan frekuensi k vision. Garis bujur satelit measat 3a k vision adalah 91.5°E. Posisi ini tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Cara tracking arah parabola measat 3a k vision ku band

Sebelum mulai tracking mengarahkan parabola mini k vision ke arah satelit measat 3a, anda harus mensetting lebih dulu pengaturan frekuensi dan antena receiver anda. Pastikan agar frekuensi transponder sudah diatur dengan benar.

Berikut ini  data frekuensi transponder k vision di satelit measat 3a.

SatelitMeasat 3a
Koordinat bujur91.5°E
Frekuensi Transponder12436
PolaritasH
Simbol Rate31000
Frekuensi LNBUniversal 

Setelah mengatur dengan benar frekuensi transponder dan lnb pada receiver, selanjutnya kita bisa mulia melakukan tracking sinyal satelit untuk menentukan arah parabola yang tepat.

  • Atur konektor lnb pada arah barat serong sedikit ke utara.
  • Pastikan tiang parabola terpasang tegak lurus.
  • Hadapkan secara penuh parabola ke barat.
  • Kemudian angkat dengan perlahan dish parabola untuk mendapatkan sinyal satelit.
  • Sambil menggerakkan dish perlahan menghadap ke atas, lihat pada informasi indikator sinyal.
  • Jika ada setelah dish menghadap ke atas belum ditemukan sinyal satelit, coba kembali lagi mulai dari awal.
  • Putar dish sedikit ke utara kemudian angkat kembali dish dengan sangat perlahan menghadap ke atas.
  • Lakukan cara diatas sampai didapatkan penampakan sinyal parabola dari k vision.
  • Ketika sudah didapatkan kualitas sinyal parabola maksimal, sekitar 75% kencangkan kembali baut pengatur sudut elevasi dish parabola.

Demikian panduan cara mencari arah parabola k vision ku band di satelit measat 3a. Yang perlu diperhatikan agar anda sukses mendapatkan sinyal k vision adalah pengaturan receiver dengan tepat dan pergerakan dish yang benar.

Lakukan pergerakan dish parabola dengan sangat perlahan. Saat awal tracking posisi arah parabola harus benar benar menghadap ke arah barat. Kemudian lakukan pergerakan dish parabola sambil menggeser sedikit demi sedikit arah dish ke utara berbarengan dengan mencari sudut kemiringan dish yang tepat.

3 komentar untuk "Ini Arah Parabola K Vision Ku Band Yang Benar"