Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tv Tidak Ada Gambarnya Dan Suara, Ini Dia Penyebabnya

Salah satu jenis gejala kerusakan televisi adalah tv tidak ada gambarnya dan suara. Kalau gejalanya seperti ini sih bisa dikatakan tv mati total alias matot. Dimana ketika tv dinyalakan tidak ada respon sama sekali. Sehingga gambarnya dan suara pun tidak ada.

Di artikel ini saya akan berbagi cerita ketika memperbaiki kondisi kerusakan tv yang mati total atau tidak ada gambar dan suara. Tv yang saya perbaiki ini adalah tv cina tabung dan sering sekali saya mendapatkan kerusakan seperti ini.

Menurut pemilik tv, ketika pertama kali dinyalakan tiba tiba tv tidak ada respon sama sekali. Padahal sehari sebelumnya kondisi tv ini masih baik baik saja dan bisa menampilkan gambar seperti biasanya.

Tidak ada gambarnya dan suara

Penyebab Tv tidak Ada Gambarnya Dan Suara

Horizontal tidak bekerja

Saya coba nyalakan tv dengan menghubungkan steker tv / colokan ke listrik kemudian menekan tombol power pakai remote. Tidak ada respon dari tv, bahkan ketika saya tekan tombol program dari panel tv pun tetap tidak ada gejala tv bisa menyala.

Namun saya perhatikan lampu led indikator yang ada di depan tv masih bisa menyala merah. Berarti kemungkinan regulator tv cina ini masih bekerja. Hanya saja saya belum tahu apakah tegangannya normal atau tidak.

Langsung saja saya bongkar casing tv untuk mulai memeriksa kerusakan pada bagian mesinnya. Saya bersihkan dulu semua kotoran dan debu yang banyak menempel di mesin tv agar bisa melihat kondisi jalur dan komponen tv.

Berikutnya saya coba ukur tegangan B+ 115 yang menuju ke arah sirkuit horizontal. Tegangan terukur normal sedikit drop. Coba saya putus dulu jalur B+ agar tidak terhubung ke horizontal, kemudian ukur kembali tegangannya. Ternyata tegangan terukur normal sekitar 110v. Ini sih kemungkinan transistor final horizontalnya yang bermasalah.

Tidak menunggu lama, saya cabut transistor final horizontal dan benar saja, setelah diukur menggunakan multimeter transistor ini sudah sedikit short. Pantas saja tv tidak bisa start karena horizontal tidak mau bekerja.

Langsung saya ganti transistor final yang baru. Namun lebih dulu saya pastikan driver horizontal masih bekerja dengan baik. Ini terlihat dari adanya sinyal ac kecil yang dikeluarkan oleh trafo driver horizontal ketika tv di start. 

Setelah transistor pengganti terpasang, tv coba saya nyalakan kembali dan ternyata berhasil. Tv bisa start dan menampilkan gambar dan suara dengan normal. Jadi kesimpulannya gejala kerusakan yang ditandai dengan tv tidak bisa nyala namun lampu power hidup disebabkan karena transistor horizontal mati.

Regulator tidak bekerja

Pada kasus lain dengan kerusakan yang sama dimana tv tidak ada gambarnya dan suara, pernah saya temui disebabkan oleh kerusakan pada sirkuit regulator tv yang tidak bekerja. Kerusakan seperti ini ditandai dengan lampu led indikator yang tidak menyala.

Jika sobat menemukan kondisi kerusakan tv dengan gejala lampu led indikator tidak menyala dan tv tidak bisa hidup bisa jadi disebabkan oleh regulator yang tidak berfungsi. Kita harus memeriksa sirkuit regulator  untuk mencari penyebab regulator tidak bisa mengeluarkan tegangan.

Penyebab kerusakan yang sering terjadi pada regulator adalah transistor jebol atau short. Jika tv menggunakan ic jenis str kemungkinan ic str tersebut yang mati. Coba periksa pin output dan pin vcc apakah terjadi short atau tidak. Jika ada short berarti bisa dipastikan ic str sudah mati.

Pad tv cina yang menggunakan transistor, penyebabnya bisa karean transistor final atau driver pada regulator yang short atau jebol. Cabut transistor dan coba ukur menggunakan multimeter untuk mengetahui kondisinya.

Itulah cerita pengalaman saya cara memperbaiki tv tidak ada gambarnya dan suara. Semoga artikel cerita saya in bisa membantu mengatasi solusi tv cina yang mati total.


Posting Komentar untuk "Tv Tidak Ada Gambarnya Dan Suara, Ini Dia Penyebabnya"