Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mudah Memperbaiki Tv Polytron U Slim Mati Stanby, Pasti Sukses

Saya pernah mendapatkan  kerusakan TV Polytron U-Slim yang mati standby saja tidak Mau start. Menurut pengguna katanya  tv ini tiba tiba tidak bisa dinyalakan sementara lampu indikatornya masih bisa menyala. Ketika dinyalakan dengan remote, tv Polytron ini tidak merespon sama sekali.

Kerusakan tv Polytron dengan gejala standby  sering sekali menimpa pada tv keluaran baru terutama jeis tv tabung. Misalnya seperti yang terjadi pada tv polytron u slim ini dengan gejala kerusakan berupa  lampu indikator menyala dan saat tombol power pada remot ditekan tv hanya berkedip kedip. 

Saat power ditekan terkadang ada suara ngiiiing dan bunyi crak yang khas pada flyback . Ini berarti bagian horizontal terutama trafo flyback masih bekerja. Perkiraan awal tv polytron u slim ini mengalami kerusakan mati standby karena protek bekerja. Biasanya tv bisa hidup sebentar lalu mati lagi tidak beberapa lama. 

Menurut pemilik tv, sebelum tv ini tidak bisa hidup sama sekali gejala awal yang muncul adalah gambar pada layar tv menyempit tidak full. Kemudian setelah lama dibiarkan tv malah tidak bisa hidup sama sekali ketika diremot.

Memperbaiki tv polytron u slim mati standby


Menganalisa Kerusakan Ploytron mati standby

Melihat gejala tv  polytron u slim ini yang sepertinya menandakan terjadi protek aktif, maka bagian yang perlu dilakukan pemeriksaan adalah sirkuit vertikal dengan ic vertikal sebagai komponen utamanya. Saya coba lakukan solder ulang pada blok rangkaian vertikal terutama kaki kaki ic verikal dan beberapa kaki komponen lainnya yang terlihat sudah retak.

Pengukuran tegangan b+115 volt untuk horisontal masih normal. Lanjut dengan mencoba untuk mengganti elco 1uf 50v yang ada di dekat ic vertikal. Pergantian elco ini biasanya langsung mampu mengatasi kerusakan tv polytron U slim yang stanby karena  protek. Namun ternyata tv belum juga  mau start. Bahkan tidak terlihat tanda tanda flyback nyembur.

Penasaran saya coba ukur semua tegangan yang dikeluarkan oleh regulator tv untuk mengetahui apakah besarnya sesuai atau tidak. Setelah diukur ternyata regulator masih bekerja dengan normal. Ini terlihat dari tegangan yang ada masih dalam kondisi standar dan tidak berdenyut.

Saya belum mencurigai blok rangkaian lain yang bermasalah. Karena biasanya kerusakan khas seperti ini adalah bagian vertikal. jadi saya terus menganalisa rangkaian vertikal untuk mengetahui komponen mana yang menyebabkan kerusakan.

Dan setelah diamati saya curiga sama elco 100uf / 50V yang berada di dekat dioda pump. Kemungkinan besar elko ini yang menjadi biang kerok kerusakan tv Polytron protek ini. Karena menurut pemilik tv sebelum tv ini mati terlihat gambar pada layarnya menyempit. Dan ini biasanya disebabkan oleh elko 100uf yang tidak bekerja maksimal.

Langsung saja saya ganti elko ini dan kemudian tv dihidupkan lagi. Setelah saya tekan tombol power pada remote, tv mau menyala. Jadi ternyata penyebab kerusakan tv Polytron u slim mati standby ini karena elko filter 500uf /50V yang sudah tidak layak pakai. 

Kesimpulan

Itulah pengalaman saya ketiak memperbaik tv Polytron yang mati stadby tidak mau start. Gejala kerusakan seperti ini pada tv Polytron biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan pada rangkaian verikal sehingga mengakibatkan sistem protek bekerja. Karena sistem protek bekerja, maka sistem akan mencegah tv untuk menyala. Jadi sistem mematikan kerja ic program agar jangan sampai start.

Intinya untuk memperbaiki kerusakan pada Polytron yang protek kita harus memeriksa semua komponen yang ada pada bagian vertikal lebih dulu. Karena sirkuit vertikal ini yang pertama kali perlu dicurigai.

Posting Komentar untuk "Trik Mudah Memperbaiki Tv Polytron U Slim Mati Stanby, Pasti Sukses"